Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Religious

Akhir Ramadhan Diisi Pesantren Kilat

CIGUGUR (MASS) – Menutup bulan Ramadhan ini, Ikatan Pemuda-Pemudi Dusun Cirabak (IPPC) Desa Babakanmulya Kecamatan Cigugur menggelar pesantren kilat yang dimulai sejak tanggal 25 sampai 30 April 2022 di masjid desa.

Kegiatan pesantren kilat ini, digelar untuk mengisi sisa waktu bulan ramadhan sekaligus untuk menyambut idul fitri. Dalam acara pembukaannya, kegiatan ini disupport banyak pihak. Mulai dari dihadiri perangkay desa, DKM Masjid Al Ikhlas, serta Camat Kecamatan Cigugur.

Camat Cigugur, Yono Hermansyah SIP, dalam sambutannya turut mengapresiasi kegiatan yang diadakan oleh Pemuda Dusun Cirabak ini. Karena bulan ramadhan ini seyogya nya memang dimanfaatkan untuk berbuat kebaikan.

Advertisement. Scroll to continue reading.

“Saya senang ketika pemuda yang berasal dari pedesaan juga turut aktif dalam meramaikan bulan ramadhan ini. Karena bulan yang penuh dengan keberkahan ini tentu harus dimanfaatkan untuk berbuat kebaikan” ujarnya.

Dirinya juga berharap agar pemuda desa ini terus bergerak, berinovasi untuk memajukan bangsa ini.

“Pemuda desa juga tidak boleh kalah dengan pemuda-pemuda yang tinggal di kota, yang kuliah di kota. Mari kita tunjukkan bahwa pemuda desa juga bisa berkontribusi untuk ikut memajukan bangsa ini,” ujar Camat.

Adapun, kegiatan sendiri diisi dengan berbagai hal. Hari pertama ada kegiatan sosialisasi serta pembagian kelompok untuk pesantren kilat. Hari kedua, kegiatan tersebut diisi dengan tadarrus murojaah, hafalan surat Al Qur’an/hadist dan pemberian materi mengenai puasa.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Hari berikutnya diisi dengan melanjutkan tadarrus murojaah, hafalan surat-surat pendek, pemberian materi mengenai rukun islam untuk usia PAUD/TK, serta materi mengenai Shalat untuk anak SD.

Hari ke-empat di isi dengan kegiatan yang sedikit berbeda, karena diisi dengan pembuatan poster untuk ucapan idul fitri, menonton video tentang kisah nabi/rasul, namun diisi juga dengan tadarrus dan pemberian materi lainnya.

Hari ke-lima juga tidak kalah seru karena ditambah dengan kegiatan materi tentang asmaul husna dan tentang malaikat.

Suasana hari terakhir semakin spesial, karena diisi dengan tambahan pawai penyambutan idul fitri tahun 2022 dengan mengelilingi kampung.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Kegiatan yang diselenggarakan mendapat antusias dari warga setempat. Apalagi, kegiatan ini merupakan hal yang baik untuk memupuk semangat keislaman, terutama anak-anak yang masih dalam pengawasan orang tuanya. (eki)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Headline

KUNINGAN (MASS) – Lautan manusia berjubel di sepanjang Jalan Protokol Siliwangi mulai dari halaman Pendopo (Pemda Kuningan) sampai ke Taman Kota Kuningan. Ya, warga...

Village

KUNINGAN (MASS) – Kemeriahan suka cita, nampak terlihat dari banyak warga Desa Kadatuan Kecamatan Garawangi, yang berjubel mengikuti pawai dari balai desa ke lapangan...

Religious

KUNINGAN (MASS) – Barongsai, pertunjukan dengan kostum naga, atau juga disebut Burok (dalam bahasa lokal), terlihat dalam perayaan penyambutan tahun baru Islam yang digelar...

Government

KUNINGAN (MASS) – Gema takbir, tahlil dan tahmid menggema di Masjid Syiarul Islam tadi pagi, Seni (2/5/2022). Ribuan manusia, warga Kuningan, mungkin yang menetap...

Advertisement