Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Education

Ada Banjir di Kuningan, Ormawa Salurkan Bantuan Sembako

KUNINGAN (MASS) – Organisasi mahasiswa (Ormawa) Universitas Kuningan (Uniku) hari Selasa (5/01/2021)  menyalurkan bantuan sembako ke Desa Andamui Kecamatan Ciwaru  yang sedang mengalami bencana banjir.

Untuk itu, Ormawa dan Uniku bergerak melakukan kegiatan peduli untuk membantu warga di Desa Andamui yang sedang membutuhkan bantuan akibat bencana banjir.


Teguh Nendra yang merupakan mahasiswa Fakultas Kehutanan (Fahutan) Uniku, selaku koordinator kegiatan sosial mengatakan,  pendistrubusian sembako peduli banjir ini dipelopori oleh perwakilan mahasiswa Uniku dari tiap Fakultas dan tentunya adanya support dari lembaga Uniku juga.

“Tanpa adanya support penuh dari rekan-rekan mahasiswa Uniku dan lembaga, tentunya acara ini tidak akan terlaksana dengan begitu baik, ujarnya.

Bantuan yang  diberikan tidaklah begitu banyak, akan tetapi niat dan kepedulian mahasiswa Uniku terhadap keadaan sosial tentu lebih besar dibandingkan dengan bantuan yang diberikan.

Teguh sapaan akrabnya yang baru saja terpilih menjadi Wakil Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Uniku periode satu tahun kedepan itu, menyampaikan,  kegiatan Ini adalah tanggung jawab sebagai mahasiswa.

Tanggung jawab mahasiswa bukan hanya belajar, melakukan penelitian, tetapi masalah sosial, masalah kemasyarakatan adalah tanggung jawab bersama sebagai mahasiswa yang harus peduli dengan keadaan sosial yang ada disekitar.

“Ini sudah tercetuskan di dalam tri dharma perguruan tinggi yaitu pengabdian sosial kepada masyarakat. Ini adalah momentum kita, ini adalah era kita untuk turun langsung ke masyakarat untuk lebih dekat dengan masyarakat,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, dirinya menyampaikan permohonan maaf bagi masyarakat Desa Andamui dari  mahasiswa Uniku yang tidak bisa responsif dalam penanganan bencana banjir dikarenakan Uniku baru beres melaksanakan demokrasi atau pergantian kepemimpinan organisasi BEM,dan yang lainnya.

“Kepengurusan yang belum terbentuk, pelantikan yang belum dilaksanakan yang menjadi salah satu indikator telatnya kami bergerak. Tetapi, mudah-mudahan apa yang menjadi niat baik kami, tidak sedikitpun mengurangi makna daripada pemberian bantuan sosial yang kami berikan,” ungkapnya.

Teguh yang juga Ketua GenBI Uniku itu, berharap, dengan adanya kegiatan sosial dari mahasiswa Uniku, sedikit dapat meringankan beban masyarakat Desa Andamui dan bisa bermanfaat.

Kemudian yang kedua dapat meningkatkan jiwa kepeduliaan dan kepekaan sosial mahasiswa di seluruh Indonesia, terutama mahasiswa Uniku.

“Ketiga, kita bisa saling gotong royong, membantu sesama yang sedang mengalami musibah, baik saudara,teman dan orang lain kita harus saling membantu,” sebutnya.

Sebagai mahasiswa harus bisa lebih menumbuhkan jiwa kepedulian sosial, yang peduli terhadap masyarakat, karena kita adalah bagian dari mereka.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Kepedulian tersebut tidak hanya diwjudkan dengan demo turun ke jalan saja, melainkan pemikiran-pemikiran mahasiswa, memberikan bantuan moril dan materil kepada masyarakat itu juga yang harus diwujudkan dan ditumbuhkan dalam hati nurani mahasiswa.

Sedangkan, perwakilan dari BAAK Uniku Wisnu Ahmad Maulana, mengatakan, sangat mengapresiasi kegiatan sosial yang dilakukan oleh rekan-rekan mahasiswa Uniku.

Meskipun kemarin baru selesai melaksanakan pesta demkorasi baik tingkat lembaga Uniku maupun di tingkat mahasiswa, akan tetapi semangat mahasiswa Uniku sangat baik dan patut diacungi jempol.

Kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan kepeduliaan sosial kepada masyarakat warga Kuningan.

“Disamping kegiatan sosial ini dilaksanakan untuk membantu masyarakat, disisi lain ini adalah ajang silaturahmi lembaga, mahasiswa Uniku dengan masyarakat Desa Andamui. Untuk kedepannya, semoga silaturahmi ini jangan sampai terputus,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Desa Andamui Warman Adisaputra, menyampaikan, ucapan terimakasih atas bantuan dan kepedulian mahasiswa Uniku dan civitas akademikanya.

“Terimakasih atas kepeduliannya dan saya berharap akan adanya kerjasama dalam kegiatan yang lainnya,” ujar.(agus)

Advertisement
Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Advertisement