Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Education

50 Remaja Masjid Ikuti Workshop Literasi Digital

KUNINGAN (MASS) –  Sebanyak 50 remaja masjid di Kabupaten  Kuningan mengikuti Workshop Literasi Digital, Ramatloka Kabupaten Kuningan.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Kedutaan Amerika Serikat dan Dewan Masjid Indonesia (DMI).

Giat yang digelar secara online dan ofline itu, diselenggarakan selama dua hari yakni Sabtu-Minggu (18-19/2021).

Workshop Literasi Digital, Ramatloka Kabupaten Kuningan, menghadirkan beberapa pemateri antara lain Deni Yudiawan pengamat internet, Hazmirullah Pemred Pikiran Rakyat,  Icha Sinaga pegiat literasi digital, dan Yudha P. Sunandar Alumni IPLV.

Selain itu   Keynote Speech Nick Geisinger Wakil Atase Pers Kedutaan Besar Amerika Serikat, Jakarta, dan Uu Ruzhanul Ulum Wakil Gubernur Jawa Barat.

Kepala Projek Ramatloka, Icha Sinaga  mengatakan, workshop literasi digital tujuannya  untuk memberikan  bekal ilmu kepada para remaja masjid khususnya di Kabupaten Kuningan.

Diharapkan mereka mendapat ilmu mulai memanfaatkan internet  yang baik  sampai dengan membuat konten internet yang bermanfaat untuk lingkungan.

“Harapnnya setelah mengikuti workshop ini, teman-teman remaja masjid di Kabupaten Kuningan  bisa mendapat manfaat, bisa membuat jejaring program yang positif diantara alumni Ramatloka Kuningan,” kata Icha.

Menurut dia, kedepan para remaja masjid yang mengikuti literasi digital, punya peluang untuk mengikuti program lannya.

Misalnnya program beasiswa, atau program lainnya yang diselenggarakan oleh Kedutaan Amerika Serikat. Bahkan, bukan hal tidak mungkin bisa berkunjung ke Amerika Serikat.

Kordinator lokal Ramatloka Kabupaten Kuningan, Achmad Nuryana, menyambut baik atas kepercayaan dalam menyelenggarakan Workshop Literasi Digital bagi para remaja masjid di Kabupaten Kuningan itu.

“Bagi kami ini merupakan kehormatan sekaligus  kebanggaan, mendapat kepercayaan menyelenggarakan workshop berskala internasional. Mudah-mudahan kegiatan seperti ini berlanjut pada masa yang akan datang,” ujar Achmad.

Sementara itu, Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum  mengatakan, atas nama pemerintah Provinsi Jawa Barat mengapresiasi atas terselenggaranya Workshop Digitalisasi bagi para remaja masjid di Kuningan.

Menurutnya, masjid adalah satu sarana untuk mencapai sukses akherat. Kesuksesan dalam menuju tujuan satu yang dinamakan struktur, payung hukum. Remaja masjid sudah memiliki lpayung hukum.

Artinya  remaja masjid sudah cukup mampu untuk memenuhi kriteria kesuksesan tersebut. 

“Kami  mengucapkan terima kasih dengan digelarnya  kegiatan ini. Workshop Digitalisasi ini telah memberikan nuansa baru,  semangat baru bagi  remaja masjid yang ada di Jawa Barat,” ujar Uu.

Sementara itu, Hazmirullah dalam materi Etika Berkomunikasi  menyampaikan beberapa poin penting terkait berkomunikasi melalui  jejaring internet, terutama mengenai  pentingnya menyaring informasi di media sosial.

Dalam konteks etika berkomunikasi,  kata Hazmirullah, semua akun milik pribadi pengguna akun. Namun, tetap harus menjaga dengan baik.

Soalnya,  kemungkinan dalam aplikasi-aplikasi yang dimiliki  pengguna ada data pribadi yang tidak untuk  diketahui publik.
 
“Perlakuan pemilik akun media sosial, disarankan untuk menggunakannya secara bijak,  seperti merawat barang berharga yang harus dipelihara dan dirawat dengan baik,” ujarnya.(agus)

Advertisement. Scroll to continue reading.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru

PAM

PD

Bank Kuningan

PKB

Advertisement
Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Headline

KUNINGAN (MASS)- Warga  Kecamatan Ciawigebang dibuat panik pada Jumat  (22/10/2021) pagi. Pasalnya, mereka mendapatkan pesan melalui whatsapp yang berisi adanya acaman bom di semua...

Headline

KUNINGAN (MASS) – Festival yang digelar Disporapar dalam rangka peringatan Hari Pariwisata Dunia, dinilai salah lokasi. Hal itu disampaikan warga Kecamatan Subang, Nurkholik. Kholik...

Inspiration

KUNINGAN (MASS) – Selagi masih menyandang mahasiswa, berwirausaha lebih banyak jalan. Hal itulah yang tersirat saat Tasya Komarasari, perempuan cantik asal Desa Pagundan Kecamatan...

Anything

KUNINGAN (MASS)- Sahabat Ganjar DPC Kuningan terus genjar  memperkenalkan Ganjar Pranowo sebagai calon Presiden RI 2024 kepada masyarakat luas. Kali ini para supir angkot...

Advertisement