Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Government

Wujudkan Kedaulatan Pangan, TNI Siap Bantu Petani

KUNINGAN (Mass) – Komitmen pemerintah pusat untuk mewujudkan swasembada pangan negara direspon baik oleh TNI-AD. Bahkan, Dandim 0615 Kuningan Letkol Inf Arief Hidayat SIp siap menerjunkan anggotanya, khususnya para Babinsa di setiap wilayah untuk membantu petani dalam meningkatkan kualitas produksi pertaniannya.

“Guna mewujudkan kedaulatan pangan negara, TNI diperintahkan untuk turun dalam ketahanan pangan membantu petani dan rekan-rekan pelaku tani, dan dinas pertanian sebagai memiliki tupoksi untuk memajukan pertanian, dalam rangka mempercepat terwujudnya swasembada pangan. TNI itu tidak mengambil alih, namun bersifat membantu peran dan fungsi tugas instansi pemerintahan di bidang pertanian,” ucap Dandim Arief saat memberikan arahannya pada rapat Pemantapan Oprasionalisasi Sergap Petani dan Luas Tambah Tanam wilayah Kuningan di Makodim setempat, Selasa (7/3).

Hadi dalam kesempatan itu Wakil Bupati Kuningan Dede Sembada, Ketua DPRD Kuningan Rana Suparman SSos, Kadis Pertanian Ir Triastami, Ketua Pengadilan Negeri PN Elly Istianawati SH MH, Kasub Bulog Cirebon Taufiq Budi Santoso, Polres serta para Babinsa Kodim 0615 Kuningan. Bagi Dandim Arief, peran pertama TNI yaitu bagaimana caranya bisa mewujudkan penambahan luas tanam pertanian.

“Jadi kita diberi target nih, kalau produksi ingin meningkat ya luas tanam dulu bertambah. Nah itu, kerja TNI ya memacu agar para petani bisa terus menanam padi, sekaligus bisa mendorong agar luas tanam para petani bisa bertambah,” katanya.

Selain itu kata Dandim Arief, TNI juga harus mampu melaksanakan program Sergap (Serap Gabah) petani, agar hasil pertanian petani bisa terserap langsung oleh Bulog. Sebab, Bulog memiliki fungsi sebagai penyedia cadangan pangan nasional.

“Nah, hal itu juga untuk membantu para petani agar hasilnya itu tidak dibeli oleh tengkulak, karena biasanya harga belinya murah sekali. Bagaimana, TNI juga membantu petani untuk memutus mata rantai para tengkulak, sebab harga gabah yang dibeli tengkulak dari para petani sangat rendah,” ungkapnya.

Sementara Wakil Bupati Kuningan Dede Sembada mengatakan, kegiatan ini merupakan upaya khusus yang dilakukan TNI, dalam rangka membantu program pemerintah pusat mewujudkan swasembada pangan, sehingga tercapai kedaulatan pangan.

“Upaya meningkatkan produksi dan produktivitas tanaman pangan perlu terus-menerus dilakukan, ditengah berbagai tantangan yang ada tujuanya agar tercapai swasembada pangan, serta meningkatkan kesejahteraan petani yang ujungnya dapat membantu meningkatkan ketahanan pangan nasional,” terangnya.

Menurutnya, dalam rangka mempercepat pencapaian swasembada pangan nasional khususnya padi, jagung dan kedelai, pemerintah mengadakan kerjasama dengan TNI sudah tertuang dalam kesepakatan bersama, antara Menteri Pertanian dengan Kepala Staf Angkatan Darat.

“Saya selaku mewakili pemerintah Kuningan sangat apresiasi kepada jajaran TNI, yang telah menyukseskan program pemerintah dalam swasembada pangan khususnya di Kuningan,” pungkasnya. (andri)

Advertisement
Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

You May Also Like

Village

KUNiNGAN (MASS) – Tahun 2023 nanti, bakal banyak prajurit TNI yang turun ke Desa Sukaraja Kecamatan Ciawigebang. Para anggota TNI itu, rencananya bakal menggelar...

Headline

KUNINGAN (MASS) – Menjelang Hari Pahlawan yang akan jatuh pada 10 November 2022 nanti, Kodim 0615/Kuningan menggelar Bedah Rumah. Tahun ini, yang diperbaiki adalah...

Anything

KUNINGAN (MASS) – Pada Selasa (20/9/2022) kemarin, anggota Kodim 0615/Kuningan mengikuti kegiatan Latihan Menembak Senjata Ringan (Latbakjatri) TW III TA 2022. Latihan tembak itu,...

Anything

KUNINGAN (MASS) – Sebuah video menampilkan 3 anggota TNI di sekitar Gunung Ciremai menyebar. Dalam video berdurasi 1 menit 11 detik itu, terdengar suara...

Advertisement