Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Village

Unik, Ada Kampung Sedekah, Tujuaannya Ringankan Beban Masyarakat

KUNINGAN (MASS) – Bersedekah satu kampung untuk meringankan beban masyarakat, menjadi kegiatan unik yang dilaksanakan oleh warga Desa Kertayasa, Kecamatan Sindangagung, Kabupaten Kuningan, Kamis, (8/4/2021).

“Dari tiga dusun yang ada di Kertayasa, sudah berjalan di dua dusun (Manis dan Kaliwon), secara rutin warga Kampung bersedekah, menyisihkan sebagian harta mereka dan ditaruh di sebuah kencleng (celengan),” kata Kepala Desa Kertayasa, Arief Amarudin.

Sedakah massal sukarela ini bertujuan untuk membiayai berbagai kegiatan yang ada di kampungnya masing-masing.

Diantaranya bantuan sosial, perbaikan sarana umum, pengadaan peralatan dan berbagai kebutuhan masyarakat lainnya.

Lebih lanjut , dana yang terkumpul juga digunakan untuk kepentingan masyarakat.

Seperti biaya kematian mulai kain kafan dan pemakaman, santunan anak yatim, membantu biaya anggota masyarakat yang sakit dan perbaikan sarana umum.

Kepala Dusun Kaliwon (Kampung Pakarden) Desa Kertayasa, Tatang Rustaman mengatakan, pengurus kampung membagikan kencleng secara cuma cuma kepada masyarakat.

Advertisement. Scroll to continue reading.

“Kencleng itu akan dikumpulkan setiap bulan kemudian diserahkan ke salah satu perwakilan warga atau bendahara kampung dan dilaporkan setiap acara kaliwonan,” kata Rurah Tatang.

Bersedekah sendiri-sendiri adalah hal yang sudah biasa. Namun, bersedekah dilakukan secara massal atau se-kampung mungkin lain ceritanya.

“Tidak ditentukan berapa banyak harta yang harus disisihkan. Namanya juga sedekah, sifatnya suka rela,” katanya.

Hobi bersedekah yang membuat kampung ini disebut sebagai Kampung Sedekah. Kali ini, untuk menuju kampung ini, bisa menggunakan angkutan umum dari terminal Kertawangunan dilanjutkan dengan menggunakan ojek online sejauh 2 kilometer.(agus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Culinary

KUNINGAN (MASS) – Satu lagi tempat reccomend banget buat kalian buka bersama, atau sekedar ngopi beres tarweh. Namanya Fanatiq Place yang ada di Desa...

Netizenmass

KUNINGAN (MASS) – Menjadi seorang perempuan bukanlah pilihan, melainkan kodrat atau takdir yang telah di tetapkan dan di tentukan olah Allah SWT. Perempuan diciptakan...

Education

KUNINGAN (MASS) – Pernyataan Sikap Himpunan Mahasiswa Islam Komisariat FKIP Uniku, STIKKU, dan Abdul Malik Fajar Cabang Kuningan Tentang : Kepemimpinan HMI Kuningan Yang...

Government

KUNINGAN (MASS) – Untuk melaksanakan Operasi Keselamatan Lodaya 2021, Polres Kuningan melakukan apel gelar pasukan di halaman Mapolres Kuningan, Senin (12/04/21). Kegiatan apel dipimpin...

Advertisement