Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Social Culture

Uang Bansos Wajib Dibelikan Ini dan Timbangannya Harus Pas! Memahami Bansos (4)

KUNINGAN (MASS) – Beras, telur, kacang dan apel, seolah jadi komoditas wajib yang berada di isi kantong sembako bansos. Ketika dibandingkan dengan harga yang berlaku saat itu, tidak sedikit warga yang menaksir, barang yang diterima mereka tidak mencapai Rp600 ribu. Apakah itu hanya perasaan warga saja?

Biar tidak terlalu negatif thinking, alangkah lebih baik jika warga, termasuk KPM (Keluarga Penerima Manfaat), tahu betul komoditas yang harus dibeli. Itupun kalau membeli sendiri di warung kecil, tanpa ada pihak-pihak yang mengondisikan pembelanjaan. Acuannya Kepdirjen Penanganan Fakir Miskin tentang Juknis bantuan program sembako.

Menurut regulasi tersebut, bahan pangan yang telah ditentukan harus memiliki kandungan karbohidrat, protein hewani, protein nabati, dan/atau vitamin dan mineral. Jenis bahan pangan yang memiliki kandungan karbohidrat paling sedikit meliputi beras, jagung pipilan, sagu dan/atau bahan pangan kandungan karbohidrat lain sesuai kearifan lokal.

Berikutnya protein hewani paling sedikit meliputi telur, daging sapi, daging ayam, ikan, dan/atau bahan hewani lain sesuai kearifan lokal. Untuk protein nabati, paling sedikit meliputi kacang-kacangan, tempe, tahu, dan/atau bahan nabati lain sesuai kearifan lokal.

Sedangkan kandungan vitamin dan mineral, paling sedikit meliputi sayuran, dan/atau buah-buahan. Bahannya harus segar dan bukan produk olahan serta diutamakan berasal dari bahan pangan produksi daerah setempat.

Bagaimana jika ditemukan ketidaksesuaian? Di regulasi disebutkan bahwa masyarakat biasa dapat melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan program tersebut. (deden/bersambung)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Advertisement

PD

PKB

Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Headline

KUNINGAN (MASS) – Masalah klasik yang seolah terus diklasikkan. Orang yang benar-benar susah justru tidak mendapatkan jatah bansos. Sebaliknya orang yang punya motor dua...

Social Culture

KUNINGAN (MASS) – Dulu sewaktu masih pakai ATM Bank BNI, tidak sedikit dari KPM (Keluarga Penerima Manfaat) bansos menitipkan kartu ATMnya kepada agen/e-warung. Sekarang...

Social Culture

KUNINGAN (MASS) – Banyaknya masalah dalam penyaluran bansos sudah barang tentu membuat orang penasaran kepada siapa mereka harus mengadu. Ke anggota dewan, ke bupati,...

Headline

KUNINGAN (MASS) – Mencuatnya isu oknum anggota dewan terlibat pengadaan komoditas sembako bansos membuat sejumlah petinggi parpol angkat bicara. Dari banyak partai yang ada...

Advertisement