Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Government

TMMD, Implementasi Sistem Kemananan Bangsa

KUNINGAN (Mass) – Dinilai sukses melaksanakan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 98 di Desa Sindang Lebakwangi Kuningan, Kodim 0615 Kuningan mengadakan syukuran sederhana di Makodim setempat kemarin, (19/5). Bahkan, TMMD dinilai sebagai implementasi dari sistem keamanan rakyat Indonesia.

“Inti dari kekuatan semesta itu adalah letaknya di kemanunggalan TNI dan rakyat, makanya dibuat TMMD, ada Koramil dan ada Kodim, dan mungkin di luar negeri tidak ada. Itulah implementasi dari sistem keamanan rakyat Indonesia,” ucap Dandim 0615 Kuningan Letkol Arief Hidayat SIP saat memberikan sambutannya pada acara komunikasi sosial bersama aparatur pemerintah daerah.

Kegiatan yang bertajuk Melalui Komunikasi Sosial dengan Aparat Pemerintah Kita Pelihara Sinergitas Guna Membangun Masyarakat Indonesia yang Berkharakter dengan Berlandaskan Wawasan Kebangsaan Dalam Rangka Mewujudkan Persatuan dan Kesatuan Bangsa, dihadiri pula perwakilan dari Polres Kuningan, sejumlah pimpinan SKPD, Polsek jajaran, serta tamu undangan lainnya. Dalam acara itu pula, diberikan penghargaan terhadap prajurit yang berhasil menggagalkan sindikat Narkoba sebanyak tujuh anggota TNI.

“Alhamdulillah berkat partisipasi, bantuan dan kerjasama semua pihak yang tidak bisa disebutkan satu-persatu baik dari dinas, BUMN, perbankan, dan elemen masyarakat untuk membantu kelancaran pelaksanaan TMMD,” ucapnya.

Dikatakan, TMMD dilaksanakan karena tidak terlepas dari sistem pertahanan yang dianut oleh bangsa Indonesia. UUD menyebutkan bahwa, sistem pertahanan NKRI itu sistem keamanan semesta atau Permesta, artinya seluruh warga negara itu terlibat didalamnya.

“Jadi, seluruh komponen warga negara wajib membela dan mempertahankan bangsa dan negara Indonesia. Sistem ini dipakai di Indonesia karena latar belakang sejarah/historis dan keadaan geografis yang ada di Indonesia, dengan inti kekuatan Permesta itu sendiri adalah kemanunggalan TNI dengan rakyat,” ungkapnya.

Tujuan dari TMMD itu sendiri lanjutnya, yakni untuk semakin mempererat kemanunggalan antara rakyat dengan TNI, Polri dan pemerintah daerah serta memupuk tali silaturahmi dan sinergitas, dalam membangun masyarakat dengan kharakter dan wawasan akan cinta dan bangga terhadap bangsa dan negara. (andri)

Advertisement
Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

You May Also Like

Village

KUNiNGAN (MASS) – Tahun 2023 nanti, bakal banyak prajurit TNI yang turun ke Desa Sukaraja Kecamatan Ciawigebang. Para anggota TNI itu, rencananya bakal menggelar...

Headline

KUNINGAN (MASS) – Menjelang Hari Pahlawan yang akan jatuh pada 10 November 2022 nanti, Kodim 0615/Kuningan menggelar Bedah Rumah. Tahun ini, yang diperbaiki adalah...

Headline

KUNINGAN (MASS) – Seorang lelaki ditemukan meninggal dunia di pinggir Jalan Langlangbuana (arah blok Pasar Kepuh) Kuningan, Rabu (28/9/2022) pagi sekitar pukul 06.00 WIB....

Anything

KUNINGAN (MASS) – Pada Selasa (20/9/2022) kemarin, anggota Kodim 0615/Kuningan mengikuti kegiatan Latihan Menembak Senjata Ringan (Latbakjatri) TW III TA 2022. Latihan tembak itu,...

Advertisement