Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Education

Tingkat Melanjutkan Rendah, Karangkancana Hadirkan PKBM

KUNINGAN (MASS)- Bupati Kuningan H Acep Purnama SH MH meresmikan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Taruna Kencana di Kantor PKBM Taruna Kencana Sabtu (8/8/2020).

Acara ini dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kuningan yang diwakili oleh Kepala Bidang PAUD dan Pendidikan Masyarakat Elon Carlan, Camat Karangkancana Ade Wibawa, Unsur Muspika Karangkancana, Kepala Desa, Kepala UPTD,UPT, Para pimpinan Organisasi Sosial Kemasyarakatan dan Keagamaan.

PKBM merupakan salah satu solusi untuk permasalahan yang ada di Karangkancana. Pada tahun 2019 tercatat dari 300 anak SD yang melanjutkan ke tingkat SMP/SLTP.

Hanya 150 anak yang melanjutkan ke SMP/MTS di wilayah Karangkancana. 150 anak lainnya diharapkan dapat melanjutkan ke SMP/MTS di luar Karangkancana.

Oleh sebab itu, dengan adanya PKBM ini merupakan salah satu solusi dari masalah tersebut. Selain itu, PKBM Taruna Kencana dapat meningkatkan IPM Kecamatan Karangkancana, khususnya di bidang pendidikan.

Menurut Ketua PKBM Taruna Kencana Aldi Nurcahya, MPd  ditinjau dari ekonomi maupun pendidikan yang layak, kebutuhan SDM yang memiliki pengetahuan dan keterampilan di era revolusi industry 4.0 ini semakin mendesak.

Untuk itu, pusat kegiatan belajar masyarakat merupakan wadah proses pembelajaran bagi masyarakat terpadu sehingga bagi yang belum memiliki keterampilan dapat mengembangkan diri.

Dengan mengusung visi mewujudkan warga belajar yang berwawasan, berkarakter, modern, dan produktif, berbagai kegiatan dilakukan di PKBM Taruna Kencana, diantaranya Program paket A, B, dan C, kursus bahasa, kursus computer, kursus menjahit, bimbingan belajar, desa vokasi, dan keacaraan fungsional.

PKBM Taruna Kencana memberikan pelayanan gratis. Bagi siswa yang kurang mampu akan diajukan Indonesia Pintar.

Diterangkan,  PKBM Taruna Kencana pun bekerjasama dengan industri yang ada di Kabupaten Kuningan yang memudahkan siswa dalam melakukan bimbingan konseling terkait dengan dunia kerja/industri.

“Kepercayaan masyarakat pada PKBM sangat tinggi. Hingga saat ini, tercatat sebanyak 143 warga belajar di PKBM Taruna Kencana, dengan rincian Paket B sebanyak 32 orang, dan Paket C sebanyak 111 orang.

Menurut Bupati Kuningan, Kegiatan PKBM disambut dengan baik oleh masyarakat dan merupakan sebuah langkah yang cukup strategis dengan tujuan mulia.

Kegiatan ini menjadi salah satu visi dan misi pemerintah  Kuningan dimana salah satunya yaitu mewujudkan management pelayanan pendidikan yang adil dan merata, kualitas berkelanjutan dalam menciptakan nilai-nilai manusia sajati.

“Semangat karang taruna membentuk PKBM Taruna Kencana ini jangan dijadikan sebagai ajang pesaing bagi pendidikan yang lain.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Semua wajib untuk menerima pelayanan di bidang pendidikan, dengan pendidikan akan tercapai inovasi-inovasi yang baik.

“Kita harus mengetahu kualitas pendidikan tidak hanya di daerah kita, namun mengetahui sejauh mana standar kualitas pendidikan di tempat lainnya,” sebutnya. (agus)

Advertisement
Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Education

KUNINGAN (MASS) – Dalam rangkaian program Hibah Kemenristekdikti Tahun 2018, terdapat dua orang dosen STKIP Muhammadiyah Kuningan yang lolos seleksi Program Kemitraan Masyarakat (PKM)....

Advertisement