Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Government

Tes SKD dan SKB Beres, Peserta CPNS Tinggal Menunggu Hasil

KUNINGAN (MASS)- Proses panjang tes CPNS 2019 sudah selesaikan dilakukan oleh para peserta. Terakhir mereka mengikuti tes SKB alias  Seleksi Kompentensi Bidang di Kantor Kanreg III BKN Bandung pada Senin hingga Selasa (21-22/9/2020).

“Alhamdulillah semua sudah beres, sekarang tinggal menunggu hasil dari BKN,” ujar Sekretaris BKPSDM Erni Marpuah Jamilah, SS, Selasa (23/9/2020).

Erni yang juga sekretaris tim yang mewakili Kepala BKPSDM Drs H  Nurahim MSi mengaku, pada tes SKB peserta yang berhak dinyatakan lolos adalah 425 orang. Awalnya 449 orang namun 24 peserta memilih tes diluar Kanreg.

Erni yang didampingi Kabid Pengadaan, Pemberhentian, Pembinaan dan Penilaian Kinerja Aparatur Hartanto, SH MSi  dan Kasubid Pengadaan dan Pemberhentian.  Tohidin SIP MSi menjelaskan, bobot nilai SKB adalah 60%.  Sedangkan bobot nilai SKD 40%.

“Nilai SKB paling besar adalah 500 dan untuk peserta formasi guru yang mengikuti SKB dan memiliki Sertifikat Pendidik secara otomatis mendapatkan nilai SKB 500, sehingga memiliki peluang besar untuk lulus menjadi CPNS,” tandasnya.

Ia menerangkan,  Kuningan mendapatn 184 formasi yang terdiri dari Tenaga Guru 113 (3.147 peserta), Tenaga Kesehatan 68 (1.059), dan Tenaga Teknis tiga orang (214). Sedangkan total jumlah peserta sebanyak 4.420.

Berdasarkan Pengumuman Bupati sebelumnya bahwa Peserta Seleksi yang lulus seleksi administrasi dan akan mengikuti Ujian SKD sejumlah 4423 dan menjadi 4420, karena 3 orang Tenaga Kesehatan dengan Kategori P1/TL memilih untuk tidak mengikuti Ujian SKD dan akan diperhitungkan Nilai SKD hasil Seleksi CPNS Tahun 2018.

Lebih lanjut dikatakan, ujian SKD di helat di Convension Hall Kampus II Universitas Muhammadiyah Cirebon (UMC), Jalan Fatahillah Kelurahan Watubelah Kecaatan Sumber Kabupaten Cirebon.

Dari tes yang dilaksanakan tangga 25- 27 Februari 2020 itu  peserta yang lulus SKD dan berhak mengikuti SKB sebanyak 449 orang yang terdiri dari  Tenaga Teknis sembilan orang, Tenaga Guru 319 dan Tenaga Kesehatan 121.

“Tes CPNS tahun 2019 pada dilakukan pada masa pendemi sehingga prosesnya protokol kesehatan  lebih ketat. Bahkan mereka harus mengikuti tes rapid,” ujarnya lagi.

Sebagai bukti,  peserta dianjurkan untuk melakukan isolasi mandiri mulai 14 hari sebelum pelaksanaan seleksi. Lalu,peserta tidak diperkenankan mampir ke tempat lain selain ke tempat seleksi.

Kemudian, wajib menggunakan masker, faceshield dan sarung tangan latex. Tetap memperhatikan jaga jarak minimal 1 meter dengan orang lain dan banyak lagi.

Dikatakan,  ujian SKB menggunakan Sistem Computer Assisted Test (CAT) BKN, yaitu metode seleksi dengan alat bantu komputer untuk mendapatkan standar minimal kompetensi dasar yang digunakan dalam seleksi CPNS untuk mewujudkan profesionalisme PNS.

Sistem CAT lanjut Erni, digunakan sejak tahun 2013 untuk SKD dan SKB, dimana pengguna harus log in menggunakan pin register dan pin sesi yang memiliki prinsip cepat, akuntabel dan transparan serta hasilnya dapat dilihat secara real time.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Sehingga, dengan Sistem CAT penyelenggaraan Ujian SKB Pengadaan CPNS di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Kuningan Formasi Tahun 2019 akan berjalan secara objektif, transparan, akuntabel dan bebas KKN. (agus)

Advertisement
Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Advertisement