Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Government

Tega, Sudah Meninggal Karena Covid-19, Keluarga Dipinta Uang

KUNINGAN (MASS)- Kasus yang meninggal karena covid-19 di Kabupaten Kuningan terus meningkat. Pada bulan Juni ada 121 orang. Sedangkan hingga tangal 3 Juli sudah ada 35 orang.

Tentu ditinggal keluarga karena covid-19 sangat menyakitkan terlebih pada saat prosesi pemakaman tidak leluasa seperti sebelum  ada  pandemi.

Dibalik kasus meninggalnya warga karena covid-19, banyak cerita menyesakan bagi keluaraga korban. Salah satunya adalah harus mengeluarkan biaya.

“Ponakan saya keluarganya ada yang meninggal. Pasca beres pemakaman diharuskan membayar Rp2,8 juta,” ujar Maman, salah seorang warga, Sabtu (3/7/2021).

Biaya yang dipinta itu, mencakup biaya ambulan, peti jenazah, penguburan dan lainnya, karena tidak mau ribut akhirnya dibayar.

“Saya minta penjelasan dari pemerintah, bayar atau tidak? Kami tengah berduka terus harus bayar. Asa tega pisan,” ujarnya lagi.

Nasib yang sama juha dialami Yosep. Ayah dua anak ini mengaku, kerabatnya ada yang meninggal. Pasca penguburan diminta uang Rp2,5 juta.

“Ngomongnya buat ambulans Rp2 juta dan sisa untuk biaya penggalian kuburan dan pemakaman,” ujar Yosep.

Terpisah, Kalak BPBD Kuningan Indra Bayu,  mengatakan, untuk yang  didistribusikan dari mulai peti, kantong mayat, APD, masker adalah  gratis. Pihak rumah sakit tinggal mengajukan.

“Sekali lagi gratis untuk yang disebutkan diatas. Kalau ada hal seperti itu mohon dilaporkan,” jelasnya.

Diterangkan, pada bulan lalu pihaknya mengeluarkan 100. Yang mengajukan permintaan bukan hanya RS tapi juga desa.

Sementara, Kadis Kesehatan dr Susi Lusiyanti MM mengatakan, kalau untuk peti dan kantong mayat gratis. Kalau ada yang melakukan pungutan laporkan.  

“Kalau ada yang melaporkan mangga kita cek lapangan biar berimbang,” jelasnya. (agus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

You May Also Like

Anything

KUNINGAN (MASS) – Rasa kemanusiaan untuk korban gempa Cianjur, ditunjukkan oleh banyak pihak. Termasuk paguyuban travel asal Kuningan, Team Silung. Pada Minggu (27/11/2022) kemarin...

Netizen Mass

KUNINGAN (MASS) – Bulan November kita kenal sebagai bulan Pahlawan atau Kepahlawanan. Karena, ada yang tidak boleh hilang dari memori kolektif bangsa ini, sebuah...

Government

KUNINGAN (MASS) – Dibukanya 1.041 formasi P3K (Pegawai Pemerintahan dengan Perjanjian Kerja) Kabupaten Kuningan, ternyata masih dikeluhkan honorer. Pasalnya, beberapa formasi yang dibuka ternyata...

Religious

KUNINGAN (MASS) – Pada peringatan Hari Santri Nasional tahun 2022 ini, digelar upacara di banyak tempat. Termasuk yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten Kuningan, Sabtu...

Advertisement