Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Religious

Tampilkan Pencak Silat di Mapag Bulan Suro, Cara Warga Cijoho Sambut Tahun Baru Islam

KUNINGAN (MASS) – Kemeriahan menyambut tahun baru islam, diekspresikan dengan berbeda oleh banyak kalangan masyarakat. Salah satunya di Lingkungan Manis RW 02 Kelurahan Cijoho, pada Jumat (29/7/2022) malam.

Mereka, berkumpul dan mementaskan pertunjukan tradisi dan budaya yang dikemas dalam kegiatan “Mapag Bulan Suro”. Sebuah tradisi yang sudah turun-temurun selama puluhan tahun.

Nampak, anak-anak, remaja hingga dewasa, laki-laki dan perempuan antusias mementaskan pencak silat. Begitupula dengan yang menonton, sama antusiasnya.

Selain pementasan pencak silat, Mapag Bulan Suro ini juga dilakukan dengan menggelar tradisi Mubur Suro (Ngabubur manis campuran gula merah dan beras, red). Biasanya dilakukan dengan makna bersyukur atas keberkahan yang diberikan selama ini.

Ketua panitia Oom Somi’i SE, mengatakan bahwa semua kemeriahan tersebut dilakukan dalam rangka bahagia, menyambut tahun baru Islam.

Suro atau Sura, adalah nama bulan dalam kalender Jawa, kalau dalam Islam itu kan namanya Muharram. Jadi Mapag Bulan Suro itu artinya menyambut bulan Muharram,” terangnya.

Nampak hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Bupati M Ridho Suganda M Si, Camat Didin Bahrudin M Si, Forkopimda Kecamatan Kuningan, Lurah Eman Sulaeman S Sos, tokoh agama, tokoh masyarakat serta sejumlah pimpinan silat dan warga.

Edo, sapaan Wabup, dalam kesempatan itu mengaku apresiatif pada kegiatan warga yang beragama sekaligus berbudaya. Karena memegang teguh akidah, tapi juga merawat kebudayaan dan tradisi nenek moyang.

“Ini adalah tradisi yang harus dilestarikan. Karena dalam acara ini, selain diisi dengan tahlilan dan pengajian, juga diisi dengan pentas seni yang merupakan aslinya bangsa kita,” ucap Wabup. (eki)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

You May Also Like

Sport

KUNINGAN (MASS) – Ratusan “pendekar” pencak silat, atlet, dari berbagai kota berlaga di GOR Ewangga Kuningan. Mereka, bertanding dalam Festival Pasanggiri Pencak Silat Jawara...

Education

KUNINGAN (MASS) – Kemeriahan penyambutan tahun baru islam, tepatnya bulan Muharram 1444 H, tidak hanya dirasakan oleh kalangan dewasa saja. Anak-anak pun, antusias memeriahkannya....

Religious

MALEBER (MASS) – Tasalsul, membaca Alquran secara estafet selama 24 jam, dan pawai obor jadi cara warga Desa Kutaraja Kecamatan Maleber, menyambut tahun baru...

Religious

KUNINGAN (MASS) – Barongsai, pertunjukan dengan kostum naga, atau juga disebut Burok (dalam bahasa lokal), terlihat dalam perayaan penyambutan tahun baru Islam yang digelar...

Advertisement