Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Government

Tahun Ini Ditargetkan 65 Ribu Bidang Tanah Sudah Bersertipikat

KUNINGAN,- Masyarakat Desa Sindangsuka, Kecamatan Luragung turut bahagia karena kepemilikan tanahnya sudah bersertifikat.

Hari ini sebanyak 700 sertifikat melalui Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) secara simbolis diserahkan Bupati Kuningan H Acep Purnama, SH MH.

Penyarahan yang dilakukan oleh buaptu dan didampingi Kepala Pertanahan (ATR/BPN) Surahman ST MH kepada masyarakat di balai desa setempat itu berlangsung, Kamis (18/11/2021).

Bupati menyampaikan, ini merupakan upaya pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan menyukseskan program PTSL.

“Dengan adanya Sertifikat ini sekaligus sebagai kepemilikan aset tanah yang sah dan bernilai,” ujarnya.

Sebab, manfaat PTSL, kata bupati, bagi pemerintah sebagai perencanaan ruang wilayah berbasis bidang tanah. Sedangkan untuk masyarakat dapat memberikan jaminan kepastian hukum dan perlindungan hak atas tanah agar terhindar dari konflik kepemilikan lahan.

Advertisement. Scroll to continue reading.

“Jaga dengan baik sertifikat ini, gunakan dengan baik untuk sesuatu yang bermanfaat,” ucapnya.

Bupati bersama masyarakat menyampaikan terima kasih kepada Presiden RI Jokowi yang telah mencetuskan program PTSL ini.

Bupati juga mengucapkan terimakasih kepada masyarakat desa Sindangsuka, bahwa suksesnya pemberian sertifikat PTSL ini karena adanya dukungan masyarakat dan pemerintahan desa setempat.

Ini menunjukkan bahwa Pemerintah bekerja dengan nyata, dan alat bukti kepemilikan tanah dibuktikan dengan Sertifikat bukan SPPT yang tiap tahun di bayarkan, masyarakat harus paham dan mengerti akan hal ini.

“Dalam menyukseskan program PTSL ini tetap kita harus selalu bersinergi, agar target untuk program PTSL ini tercapai. Tentu hal ini dituntut peran aktif Camat, Lurah, Kepala Desa serta partisipasi aktif masyarakat sehingga kantor Pertanahan Kabupaten Kuningan lebih cepat, mudah dan lengkap dalam mengumpulkan data tanah yang menjadi objek PTSL,” ujarnya.

Sementara, Kepala Kantor Wilayah ATR/BPN Kuningan Surahman, ST,., MH. menyampaikan PTSL merupakan program strategis Kementerian ATR/BPN yang langsung diarahkan kepada masyarakat.

Khusus di Kabupaten Kuningan, targetnya di tahun 2021 ini sebanyak 65 ribu bidang tanah dan akan dipastikan akan bertambah di tahun depan menjadi 75 ribu bidang tanah.

Advertisement. Scroll to continue reading.

“Dengan adanya sertifikat ini adanya kepastian hukum terhadap lahan atau gedung yang mereka tempati,” ujar Surahman.

Dijelaskan Surahman, khusus warga, dengan adanya program PTSL, maka mereka dapat lebih tenang menggarap lahan mereka. Sebab mereka tidak perlu khawatir lahan mereka diklaim orang lain.

Karena sertifikat tersebut merupakan alat bukti sah kepemilikan lahan atau bangunan. “Adanya sertifikat menjadikan mereka tidak khawatir lagi, lahannya diklaim orang lain,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama juga, Kepala Desa Sindangsuka, mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Kuningan dan Kantor Pertanahan Kabupaten Kuningan yang telah memberikan kepercayaan menunjuk Desa Sindangsuka sebagai salah satu lokasi PTSL.

Ia berharap, seluruh warga yang mempunyai bidang tanah di desanya bisa memiliki sertifikat.

“Alhamdulillah, Program PTSL di Desa Sindangsuka bisa berjalan dengan baik dan lancar di Desa kami. Semoga masa yang akan datang seluruh bidang tanah di Desa Sindangsuka bisa memiliki sertifikat,” ujarnya.(agus)

Advertisement. Scroll to continue reading.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bank Kuningan

Berita Terbaru

PD

PKB

Advertisement

PAM

Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Religious

KUNINGAN (MASS) – 🗓Senin, 14 Jumadil Akhir 1443 H / 17 Januari 2022 M 🍂🌻 Hikmah Hari Ini🌻🍂 📚Orang Bijak Bertutur: ‏ثلاثُ ضُيوف يأتون...

Lifestyle

KUNINGAN (MASS) – Kontes ajang menyanyi Kuningan Superstar (KSS) kini masuk babak baru. Setelah kemarin pada Minggu (16/3/2022) diaelenggaeakan Battle Time dari 40 peserta,...

Headline

KUNINGAN (MASS)- Lengah sedikit maling langsung beraksi. Hal ini setidaknya terjadi di Desa Cileuleuy Kecamatan Cigugur, pada Minggu (16/1/2022) malam atau bada magrib, dimana...

Government

KUNINGAN (MASS)-  Selain menetapkan program unggulan, hasil raker Korpri di Kabubaten Subang menghasilkan uang sumbangan Rp25 juta. Uang itu untuk pembangunan musala Al-Furqan Korpi...

Advertisement