Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Village

Suka Lalapan ? Coba Reundeu dan Poh-pohan

CILEBAK (MASS) – Masakan Sunda memang dikenal dengan sambal dan lalapannya. Pasalnya, di beberapa tempat mengkonsumsi tanaman segar tanpa dimasak terlebih dahulu adalah hal yang tidak lumrah.

Berbeda dengan kebiasaan di tanah sunda. Jenis lalaban sendiri sangat banyak dan beragam. Muai dari daun-daun, hingga buah sayur yang biasanya dipadukan dengan sambal.

Daun-daun seperti daun singkong, daun papaya, serta buah seperti timun dan terong adalah hal yang paling lumrah. Tapi, ada jenis lalapan yang tidak tumbuh di sembarang tempat. Bahkan, orang yang terbiasa mengkonsumi lapan juga tidak semua tahu.

Namanya adalah Reundeu, jenis lalapan berupa daun ini banyak terdapat di daerah dengan suhu rendah dan pegunungan, salah satunya seperti Desa Legokherang Kecamatan Cilebak.

Di Legokherang sendiri, selain memiliki jenis lalapan Reundeu, ada juga lalapan yang tak kalah jarannya, namanya adalah poh-pohan. Jenis lalapan yang satu ini juga termasuk dedaunan.

Keduanya sama-sama hidup di jenis tanah dan suhu yang sama. Bahkan, di Kuningan selatan, kedua jenis lalapan ini sangat identik dengan Legok.

Salah satu warga setempat, Sarlan menyebut kedua jenis lalapan tersebut banyak tumbuh di daerahnya. Bahkan di pekarangan rumahnya pun, banyak tumbuh kedua daun tersebut.

Advertisement. Scroll to continue reading.

“Tapi ya emang harus dibersihin dari rumput yang lain, jadi tumbuhnya bagus,” ujarnya pada kuninganmass.com Senin (17/3/2020) siang.

Menurutnya, penikmat lalapan kedua daun tersebut memang tidak sebanyak lalapan lainnya. Namun, karena dua jenis daun tersebut tidak hidup di sembarang tempat, dari Legok banyak yang menjualnya ke luar daerah. Apalagi, selain menjadi lalapan, kadang daun tersebut juga dijadikan bahan pembuatan bala-bala.

“Poh-pohan enakna sareng sambel kemiri, reundeu mah sareng sambel tarasi,” ujarnya dalam Bahasa Sunda. (eki)

Advertisement
Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Government

KUNINGAN (MASS) – Amblasnya jalan di Dusun Puhun, Desa Mandapa Jaya, Kecamatan Cilebak karena bencana membuat warga dan Babinsa gotong royong. Dipimpib Babinsa Koramil...

Headline

KUNINGAN (MASS) – Nyawa Sarkiman (25) warga Dusun kliwon Desa Legokherang Kecamatan Cilebak nyaris melayang andai Babinsa Koramil Subang  Sertu Rohmat tidak mengamankannya dari...

Headline

KUNINGAN (MASS) – Kamis pagi sekitar jam 10.00 WIB ditemukan mayat berjenis kelamin perempuan di sungai Cimonte Dusun Cikaso Desa Jalatrang Kecamatan Cilebak. Mayat...

Government

KUNINGAN (MASS)- TMMD ke-104 untuk  wilayah Kuningan dilaksanakan di Desa Legokherang Kecamatan Cilebak.  Dalam Lomba Karya Jurnalistik kategori Wartawan Media Elektronik ternyata berita tentang...

Advertisement