Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Government

Soroti Huntara, RS Permata, Waduk Cileuweung hingga Toko Modern

KUNINGAN (MASS) – Hunian Sementara (Huntara) dan juga Hunian Tetap (Huntap) bagi masyarakat Kecamatan Ciniru yang terdampak bencana longsor, jadi sorotan Fraksi PPP. Bukan hanya itu, fraksi ini pun mempertanyakan regulasi izin RS Permata di Windusengkahan.

“Mengenai relokasi masyarakat Ciniru kami berharap pemda terus melakukan koordinasi dengan pempus agar masyarakat yang terkena dampak segera menempati Huntap yang layak ditempati,” pinta Jubir fraksi, Ali Akbar, Rabu (30/9/2020).

Sedangkan berkaitan dengan RS Permata, ia meminta penjelasan dari pemda apakah sudah sesuai dengan regulasi atau tidak. Baik itu dalam proses perijinan pembangunan, maupun kesesuaian dengan wilayah zonasi rumah sakit.

Keberadaan toko modern yang menjamur pun tidak terlepas dari sorotannya. Fraksi tersebut toko modern yang tumuh cepat dimana-mana kurang memerdulikan keberadaan pasar tradisional di sekitarnya.

“Bahkan jam operasional toko modern saat ini yang yang 24 jam. Kami berharap pemda melindungi pasar tradisional karena sebagian besar mereka para pelaku ekonomi masyarakat menengah kebawah. Jangan sampai bebasnya toko modern merugikan masyarakat kecil,” tegasnya.

Termasuk dampak pembangunan Bendungan Kuningan atau Waduk Cileuweung, permasalahan tersebut belum terselesaikan. Terutama kaitan dengan ganti rugi dan relokasi masyarakat yang terdampak.

Fraksi tersebut menyayangkan turunnya rencana pendapatan daerah dan PAD pada RAPBD 2021. Menurut Ali Akbar, hal itu mesti jadi perhatian serius. Ia menyayangkan pula pendapatan dari retribusi daerah yang stagnan.

Semisal dari pelayanan kesehatan RSUD Linggarjati yang hanya Rp44 miliar, tak ada kenaikan. Sama halnya dengan pendapatan dari RSUD 45 yang targetnya sama dengan tahun 2020 yakni sebesar 127 miliar rupiah.

“Mengenai penyelesaian status tanah yang digunakan oleh RSUD Linggarjati yang juga belum terselesaikan, kami mendorong pemda agar segera menyelesaikannya dan anggarannya pun sudah dialokasikan pada RAPBD 2021,” harapnya. (deden)

Advertisement
Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Netizen Mass

KUNINGAN (MASS) – Enam desa di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, akan ditenggelamkan pada bulan Juli mendatang. Pemukiman penduduk di sana tidak akan terlihat lagi....

Headline

KUNINGAN (MASS) – Hari ini Rumah Sakit ke 12 resmi beroperasi di Kabupaten Kuningan. Namanya adalah RS Permata Kuningan yang terletak di Jalan Cut...

Politics

KUNINGAN (MASS) – Pembangunan hunian tetap (huntap) yang kini sedang dilakukan oleh warga Desa Pinara Ciniru yang terdampak kejadian besar dua tahun lalu, kini...

Economics

KUNINGAN (MASS) – Menjamurnya pembangunan toko modern di Kabupaten Kuningan menjadi perhatian khusus diberbagai kalangan. Jika sebelumnya kritikan datang dari anggota DPRD Kuningan, Fraksi...

Advertisement