Milangkala Kuningan Ke 522, Karang Taruna Mekarjaya Linggajaya Gelar Donor Darah

CIWARU (MASS) – Karang Taruna Mekarjaya Desa Linggajaya Kecamatan Ciwaru menggelar aksi donor darah bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Kuningan. Kerjasama dijalin pula dengan UPTD Puskesmas Ciwaru untuk Pemeriksaan Skrining PTM (Penyakit Tidak Menular).

Kegiatan tersebut bertempat di Aula Gedung Serbaguna Desa Linggajaya Kecamatan Ciwaru, Sabtu (5/9/2020).

Sebelum mendonorkan darahnya, para peserta donor darah diharuskan mengisi formulir yang disediakan oleh PMI untuk diketahui riwayat penyakitnya.

Sedangkan dari Petugas UPTD Puskesmas Ciwaru melakukan pemeriksaan PTM yang meliputi pemeriksaan Tekanan Darah, Tinggi/berat badan, lingkar perut, cek kolesterol, kadar glukosa.

Ketua Karang Taruna Mekarjaya Desa Linggajaya, Wadi Lesmana SPd mengatakan, bakti sosial donor darah yang dilakukan merupakan kegiatan yang diselenggarakan dalam rangka Milangkala atau turut memperingati Hari Jadi Kuningan ke 522.

Dia juga mengatakan, donor darah yang dilakukan merupakan bentuk kegiatan sosial Karang Taruna.

“Kami mengajak seluruh Warga Masyarakat Desa Linggajaya untuk mendonorkan darahnya. Dengan mendonorkan darah, kita dapat membantu masyarakat yang membutuhkan,” tutur Wadi.

Ia berharap aksi sosial tersebut bisa memberikan dampak positif dan dapat berlangsung secara rutin.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada PMI, UPTD Puskesmas Ciwaru dan Pemerintah Desa serta seluruh Lapisan Masyarakat Desa Linggajaya atas dukungan dan partisipasi pada kegiatan donor darah kali ini. Semoga setetes darah kita yang sudah didonorkan bisa berarti untuk mereka yang membutuhkan,” ujarnya.

Sementara itu, Amin selaku petugas PMI Kuningan sangat antusias dengan kegiatan yang dilaksanakan oleh Karang Taruna karena saat ini PMI masih sangat membutuhkan stock darah. Amin menyebutkan dalam satu hari, PMI mengeluarkan stok darah sekitar 50 kantong lebih.

“Alhamdulillah pada hari ini kami dari PMI bisa bekerjasama dengan Karang Taruna Desa Linggajaya pada aksi sosial berupa donor darah,” ucapnya.

Meskipun dimasa Pandemi Covid 19 antusias dan partisipasi warga dalam kegiatan donor darah kali ini cukup tinggi. Dari 53 orang yang mendaftar donor, setelah dilakukan pemeriksaan awal yang memenuhi syarat untuk diambil darahnya berjumlah 31 orang.

Dengan tetap melaksanakan anjuran protokol kesehatan kegiatan bisa berjalan dengan lancar. (deden)