Aksi Nyata Wartawan di Lokasi Bencana Banjir

KUNINGAN (Mass) – Bermodalkan hasil rereongan anggota beserta keinginan kuat akan kepedulian sosial, jajaran pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Kuningan menyumbang ratusan buku tulis beserta alat-alat tulis ke SDN Dukuh Badag Cibingbin Kuningan. Sekolah itu merupakan satu diantara sekolah lain yang terdampak banjir bandang beberapa waktu lalu.

Bagi PWI sendiri, bantuan itu sangat penting untuk menunjang kegiatan belajar mengajar. Sebab, sarana belajar seperti buku-buku termasuk kitab suci Al-Qur’an banyak yang terendam air ketikan banjir menghantam sebagian wilayah Cibingbin.

Secara simbolis, bantuan diserahkan langsung Ketua PWI Kabupaten Kuningan Iyan Irwandi SIp kepada Kepala SDN 1 Dukuh Badag Entin Sumiati, disaksikan Kaur Pemerintahan Desa Dukuh Badag Slamet Handiyansah dan guru-guru setempat.

“Memang benar, tugas wartawan salah satunya peliputan berita. Tetapi tidak ada salahnya, kita membiasakan memiliki jiwa sosial sehingga kita bersama-sama terjun langsung ke SDN 1 Dukuh Badag,” kata Iyan kepada awak media, Minggu (5/2).

Pihaknya mengaku, sejak musibah menimpa warga Cibingbin para wartawan khususnya PWI Kuningan terlalu fokus terhadap tugas kejurnalistikan. Sehingga, setelah ada survey sebelumnya oleh tim PWI Kuningan, dengan sesegera mungkin memberikan bantuan berupa buku dan alat tulis kepada sekolah terdampak tersebut.

“Kita memang disibukan untuk peliputan di lokasi bencana, termasuk kondisi warga pasca bencana, penanganan pemerintah dan bantuan-bantuan dari berbagai pihak. Namun disisi lain, ternyata sejumlah gedung sekolah juga ikut terendam dan akibatnya buku-buku paket penunjang kegiatan pendidikan di sekolah, kitab suci Al-Qur’an dan barang-barang lainnya, menjadi basah bahkan rusak,” ungkapnya.

Padahal bagi Iyan sendiri, pendidikan sangat penting terhadap pembentukan kharakter kader-kader generasi muda yang berkualitas. Untuk itu, ketika mendapat laporan dari beberapa anggota yang sudah mengecek langsung kondisi sekolah yang terendam, maka PWI langsung merapatkan permasalahan tersebut guna dicarikan solusinya.

“Akhirnya kami sepakat, dengan menyisihkan sebagian kecil rejeki, PWI Kuningan sumbang ratusan buku dan alat tulisnya,” katanya.

Masih di tempat yang sama, Kepala SDN 1 Dukuh Badag Cibingbin Kuningan Entin Sumiati menyampaikan, rasa terimakasihnya atas kepedulian rekan-rekan wartawan dibawah naungan PWI Kuningan, yang telah sudi bersinggah di sekolahnya. Sekaligus, memberikan bantuan buku dan alat-alat tulis yang memang sangat diperlukan pasca bencana banjir beberapa waktu lalu. (andri)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com