Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Anything

Selain Gelar Sanlat, Peraba Bakal Kaji Sejarah Desa

SINDANGAGUNG (MASS) -Bulan suci Ramadhan merupakan bulan penuh berkah. Tak heran berbagai kegiatan positif pun banyak diselenggarakan diberbagai daerah. Salah satunya Pesantren Kilat (Sanlat). Rupanya selain di sekolah formal, kini pesantren kilat banyak diselenggarakan disetiap desa.

Salah satunya Sanlat di Desa Kertaungaran Dusun Puhun Kampung Balangkunang Kecamatan Sindangagung yang diselenggarakan oleh Peraba (Persatuan Pemuda Balangkunang).

Pantauan kuninganmass.com Kamis (7/6/2018), Sanlat tersebut dimulai sejak 16 Ramadhan dan diikuti sebanyak 130 peserta yang terdiri dari pelajar TK sampai ke jenjang kelas 1 SMA.

Ketua Pelaksana Uci Sanusi mengatakan bulan suci ramadhan merupakan bulan seribu berkah. Segala amalan baik pahalanya dilipatgandakan. Oleh karenanya, selain menambah pahala para pemuda setempat sengaja menyelenggarakan sanlat ini karena memang sangat bermanfaat untuk masyarakat.

“Tentunya kegiatan pesantren kilat ini sangatlah penting untuk dilaksanakan dibulan suci ramadhan ini, ditambah pergaulan diera sekarang yang patut diwaspadai, oleh karenanya kita isi dengan kegiatan yang positif,” ujarnya.

Selain hal itu, rupanya para panitia disini juga mengemas sanlat ini dengan berbagai hal. Salah satunya dengan diberikannya arahan serta bimbingan oleh para tokoh/sesepuh masyarakat. Dan rencananya sore Jum’at besok, panitia akan mengadakan ziaroh ke makam sesepuh disertai kajian Desa.

“Hal ini agar generasi muda selaku penerus sekaligus pelurus bangsa, baik peserta sanlat maupun kami para pemuda sama-sama terdidik. Kami akan kaji sejarah desa dengan silaturahim ke sesepuh dan juga ziarah ke makam para pendahulu,” ungkap Asep Ahmad Syarif, koordinator mentor. (argi)

Advertisement. Scroll to continue reading.

Advertisement
Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Anything

KUNINGAN (MASS) – Persatuan Istri Tentara (Persit) Kartika Chandra Kirana Cabang XXVI Kodim 0615/Kuningan berziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Haurduni Kabupaten Kuningan, Kamis...

Education

KUNINGAN (MASS) – Ziarah dipilih para pengurus PC PMII Kabupaten Kuningan sebagai cara peringatan Hari Pahlawan pada Selasa (10/11/2020) lalu. Para pengurus PC PMII,...

Religious

SINDANGAGUNG (MASS) – Dalam menutup rangkaian peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1442 H, warga Desa Kertaungaran Kecamatan Sindangagung menggelar sunatan massal, Jumat (30/10/2020). Sunatan...

Incident

SINDANGAGUNG (MASS) – Seorang pria tak dikenal dengan pakaian lusuh ditemukan tergeletak di Jalan makam Desa Kertaungaran Kecamatan Sindangagung. Sekitar pukul 12.20 WIB Senin...

Advertisement