Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Headline

Sekda Dipanggil Dewan, Mestinya Ada Sensus Kemiskinan Non BPS

KUNINGAN (MASS) – Sejak lama legislatif telah menyarankan agar eksekutif melakukan sensus atau survey menyangkut kemiskinan di Kuningan. Sensus tersebut bersifat independen dan terpisah dari tugas keseharian BPS (Badan Pusat Statistik).

Usulan tersebut disampaikan Wakil Ketua DPRD Kuningan, H Ujang Kosasih MSi kala memanggil pejabat pemda, Selasa (2/2/2021). “Saya menyarankan itu, dan sebetulnya telah diusulkan dari dulu,” kata Ujang usai rapat yang digelar di ruang kerja ketua dewan itu.

Lebih jauh ia menerangkan, sensus yang harus dilakukan pemda diharapkan lebih komprehensif dengan paramaternya sendiri. Dengan begitu, hasilnya dapat dijadikan rujukan utama dalam memutuskan kebijakan dari berbagai persoalan yang terjadi di masyarakat.

“Bukan hanya soal kemiskinan, bisa sekalian disurvey berbagai hal lainnya seperti masalah pengangguran dan problem penting masyarakat. Yang mana nanti bisa dijadikan acuan utama,” jelas ketua DPC PKB Kuningan tersebut.

Pandangannya ini didengar langsung oleh Sekda Dr H Dian Rachmat Yanuar MSi beserta para kepala SKPD terkait seperti Bappeda, Dinsos, BPKAD dan Dinkoperindag. Hadir dalam rapat itu ketiga pimpinan dewan selain Ujang, diantaranya Nuzul Rachdy SE, H Dede Ismail SIP dan Hj Kokom Komariyah.

Disamping menyampaikan usulan tersebut, Ujang berterimakasih kepada pemda yang berdasarkan penjelasannya sedang dan akan terus melakukan kajian secara serius terkait dengan data eksisting kemiskinan. Kemudian di mapping sesuai dengan kondisinya  dan menyiapkan rencana kerja dan rencana aksinya yang lebih tepat.

Berbagai masukan pun disampaikan, terutama menyangkut bagaimana meminimalisasi kemiskinan melalui ikhtiar pembukaan lapangan tenaga kerja. Kemudian sinergi rencana program kegiatan antara eksekutif dan legislatif.

Advertisement. Scroll to continue reading.

“Tadi banyak masukan yang kami sampaikan, dan semoga mampu diimplementasikan, bukan hanya sekadar rapatnya saja,” pungkas Ujang. (deden)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Bank Kuningan

You May Also Like

Politics

KUNINGAN (MASS) – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) akan menyongsong salah satu hajat besarnya minggu depan, Musyawarah Cabang (Muscab). Hal itu diutarakan Ketua DPC PKB...

Netizen Mass

KUNINGAN (MASS) – Sengaja saya buka narasi soal Kabupaten Kuningan ini dengan judul dari Kabupaten Seremonial sampai Kabupaten Termiskin karena berangkat dari sinilah kegelisahan...

Economics

KUNINGAN (MASS) – Terkait isu Kuningan Termiskin se Jabar dari sisi Indeks Kedalaman Kemiskinan, salah seorang wakil rakyat asal PBB, Julkarnaen, angkat bicara. Namun...

Economics

KUNINGAN (MASS) – Keseriusan Pemkab Kuningan dalam menyikapi “sentilan” Gubernur Jabar Ridwan Kamil terkait Indeks Kedalaman Kemiskinan, ditunjukkan. Dalam beberapa hari ini para pejabatnya...

Advertisement