Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Religious

Sedang Puasa, Hindari Hal-Hal Makruh Ini!

KUNINGAN (MASS) – Selain hal-hal yang dapat membatalkan, saat berpuasa sebaiknya dijauhi juga hal-hal yang terbilang makruh.

Hal makruh ini, tentu tidak sampai membatalkan puasa atau mengurangi keabsahan puasa, hanya saja akan lebih baik jika tidak dilakukan.

Beberapa hal yang ternyata makruh jika dilakukan bulan puasa, diterangakan Pimpinan Ponpes Miftahul Mubarak Purwasari K Asep Abdul Aziz SH saat diwawancarai beberapa waktu lalu.

“Mandi di siang hari misalnya, itu bisa saja makruh kalo niat kita untuk menyegarkan diri,” sebutnya dalam wawancara.

Selain mandi, bahkan memakai minyak wangi berlebihan pun bisa berkategori makruh. Disebut juga oleh da’i muda tersebut, beberapa hal yang khilafiyyah hukumnya ketika dilakukan saat berpuasa. Khilafiyyah, artinya para ulama berbeda pendapat.

“Memasukan benda ke selain jaop juga, seperti vaksin, itu khilafiyyah. Tapi kebutusan batshul masail NU kemarin, vaksin itu nggak batal,” ujarnya sembari menjelaskan bahwa penyuntikan vaksin, bukanlah di anggota tubuh yang aslinya berlubang, Jaop.

Dirinya juga menjawab saat ditanyai perihal tetes mata, itu khilafiyyah. Selanjutnya, saat ditanyai perihal mandu junub, ternyata boleh.

Mandi junub, mensyaratkan mengaliri air secara menyeluruh ke seluruh tubuh, dan tidak perlu berlebihan saat melewati anggota tubuh yang memiliki lubang.

“Kalo merokok dan kentut di air, itu batal. Karena memasukan benda, ainiyyahnya asap, jadi kalo sengaja ya batal,” imbuhnya. (eki)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Village

CIMAHI (MASS) – Babinsa Cikeusal Koramil 1507/Luragung, Serda Dasim Hasanudin melaksanakan gotong royong dengan warga. Gotong royong untuk membangun rumah Ibu Enah di RT...

Government

KUNINGAN (MASS) –  Untuk update Senin (17/5/2021) kasus positif covid-19 naik, tapi kenaikannya tidak begitu banyak yakni delapan orang.                                                                          Sementara jumlah sembuhnya  bertambah  dua...

Anything

KUNINGAN (MASS) – Dalam Rangka Menghadapi Musda DPD KNPI Kuningan XV kami selaku SC telah membuka pendaftaran calon Ketua DPD KNPI Kuningan yang baru.Adapun...

Government

Kuningan – Meskipun seluruh pegawai telah melaksanakan vaksinasi anti covid 19 sebulan lalu, namun BNN tetap melakukan antisipasi dengan tes swab antigen. Kegiatan ini...

Advertisement