Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Education

Santri Al Basyar Mekarwangi Tebar Benih Ikan

KUNINGAN (Mass) – Sebagai wujud menjaga kearifan lokal, para santri Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Al Basyar Mekarwangi Lebakwangi Kuningan menebar benih ikan di areal Waduk Darma Kuningan. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka agenda akhir tahun ajaran sekolah, sekaligus diisi dengan beragam kegiatan lainnya.

“Agenda pelepasan bibit ikan ke Waduk Darma ini, sebagai salah satu cara untuk mengenalkan anak tentang kearifan lokal. Adanya kegiatan ini, diharapkan para santri akan lebih memahami tentang pentingnya menjaga kelestarian lingkungan dan ekosistem di Kabupaten Kuningan,” ucap Kepala Sekolah Iwan Setiawan SPd kepada awak media usai menebar benih ikan di Waduk Darma, Kamis (18/5).

Tak hanya itu, para santri juga dikenalkan dengan pendidikan menabung sejak dini. Para santri SDIT Al Basyar Mekarwangi diajak mengunjungi Bank Muamalat Cabang Kuningan, untuk mengenal dekat dengan perbankan syariah.

“Para santri belajar tata cara menabung yang dimulai dengan pengisian formulir tabungan, hingga melakukan transaksi dengan teller bank. Disamping itu, para santri juga diberi pengarahan bahwa menyimpan uang akan jauh lebih aman apabila disimpan di bank,” terangnya.

Lebih jauh, pihaknya menyampaikan bahwa, sekolah yang beralamat di Dusun Manis Desa Mekarwangi Kecamatan Lebakwangi itu bawah naungan yayasan yang diketuai H Iip Abdul Latif SAP MH. Sekolah ini berdiri pada tahun 2016 lalu, dan sudah terdaftar di tingkat UPTD kecamatan sampai ke tingkat pusat (Dapodik).

“Walaupun baru, SDIT kita sudah mendapatkan ijin operasional dari pemerintah Kabupaten Kuningan. Sehingga, pembelajaran di SDIT Al Basyar dilaksanakan pada hari Senin–Jum’at mulai pukul 07.00 WIB hingga 14.30 WIB untuk Kelas I sampai Kelas III,” jelasnya.

Sedangkan bagi santri Kelas IV hingga Kelas VI lanjutnya, dilaksanakan pada pukul 07.00 WIB hingga 15.30 WIB. SDIT Al Basyar mempunyai target hafalan Al Qur’an sampai kelas VI sebanyak tiga Juz, sekaligus didukung dengan metode UMMI dan juga ustadz yang cukup mumpuni.

“Alhamdulillah dengan target lulusan SDIT Al Basyar sebanyak tiga juz, kami disini memiliki seorang Hafidz Qur’an yang Insya Alloh akan menularkan ilmu beliau kepada santri disini. Kami disini juga masih menerima pendaftaran siswa baru tahun pelajaran 2017/2018 sampai akhir bulan Mei nanti,” pungkasnya. (andri)

Advertisement
Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Anything

KUNINGAN (MASS) – Salah satu destinasi wisata yang menjadi andalan PDAU adalah Waduk Darma. Saat  memang tengah terus diperindah. Bahkan untuk revitalisasi tahap II...

Economics

KUNINGAN (MASS) – Perusahan Daerah Aneka Usaha yang bertranformasi ke Perumda Aneka Usaha mulai menunjukan geliatnya. Hal ini sering dengan adanya nahkodad baru yakni...

Tourism

KUNINGAN (MASS) – Bulan Agustus merupakan hari spesial karena merupakan HUT RI. Karena spesial maka banyak pihak memanfaatkan momen itu untuk berbagai promo. Hal...

Tourism

KUNINGAN (MASS) – Berkunjung ke tempat wisata tidak melakukan selfie rasanya ada yang hambar, maka tidak aneh pengelola objek wisata berlomba membuat spot foto...

Advertisement