Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Government

Ratusan Peserta Ikuti Pelatihan Perkoperasian, Digital Marketing, Kewirausahaan, dan Peningkatan Kualitas Makanan dan Minuman

KUNINGAN (MASS)- Sebanyak 120 koperasi yang ada di Kabupaten Kuningan, Senin (25/10/2021) mengikuti  Pelatihan Perkoperasian, Digital Marketing, Kewirausahaan, dan Peningkatan Kualitas Makanan dan Minuman.

Acara yang digelar di Grage Sangkan Hotel Spa ini merupakan agenda  Bidang Koperasi Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Kuningan

Bupati Kuningan H Acep Purnama membuka acara ini. Tampak hadir Kadis Koperasi dan usaha kecil Provinsi Jawa Barat Drs Kusmana Hartadji MM.

Sementara itu Kadis Kopdagperin U Kusmana SSos MSi  yang didampingi  Kabid Koperasi Sri Ucu Sukmawati, SE MAK mengaakan, total pesert adalah sebanyak 120 yang merupakan koperasi baru dan anggota koperasi yang potensial karena mempunyai usaha yang dilakuka

Diterangkan, perubahan regulasi tahun 2020 dan 2021 akan membantu dalam mendata kembali dan membuktikan koperasi yang benar-benar berjalan di tengah perkembangan zaman.

Selain itu, terdata kembali jumlah koperasi yang potensial dengan adanya keharusan koperasi memiliki NIB dan izin usaha berbasis resiko dalam setiap unit usaha. 

“Pelatihan yang dilaksanakan ini merupakan upaya  peningkatan SDM pengurus koperasi, Digital Marketing, Kewirausahaan dan peningkatan kualitas makanan dan minuman,” sebutnya.

Pelatihan dilakukan dengan metode vocasional, sehingga lebih banyak aplikasi dari pada ceramah dengan Narasumber berasal dari Kemenkop RI Siti Darmawasista ST  MSi  fungsional pengawas Koperasi Ahli Madya, Deputi Bidang Pengawasan, Kementrian Koperasi dan UKM RI.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Selanjunya,   Drs Kusmana Hartadji MM. Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Barat,  Ahmad Rosyad dan Dery  Nuranis Wahidin selaku Widyaiswara UPTD P3W Dinas KUK Jawa Barat.

Ada juga Rofiqoh Khoerunnisa sebagai Praktisi Digital serta Umi Rami dari Dapumina sebagai Praktisi Tata Boga dari Bandung.

“Melalui pelatihan ini diharapkan dapat menambah wawasan, pengetahuan serta meningkatkan kualitas produk anggota koperasi kedepannya sehingga unit-unit usaha yang dijalankan anggota koperasi dapat berjalan dengan baik dan naik kelas,” jelasnya. 

Dengan terbitnya regulasi baru undang-undang cipta kerja nomor 11 tahun 2020 dan peraturan pemerintah nomor 7 tahun 2021 tentang kemudahan, perlindungan, pemberdayaan koperasi, usaha mikro, kecil menengah (K-UMKM).

Maka koperasi dan UMKM  pada saat sekarang menjadi potensial, karena regulasi dimaksud mempermudah proses perizinan hingga akses pembiayaan.

Sehingga UMKM dapat bersaing di pemasaran dan memiliki jangkauan yang lebih luas baik perdagangan dalam negeri maupun ekspor. 

Semenatara itu, Bupati Acep menyarankan kepada koperasi agar menempuh proses badan hukum. Bagi koperasi yang sudah siap agar menempuh proses badan hukum karena hal ini akan memberi motivasi kepada kelompok dalam menjalankan manajemen koperasi, agar lebih baik dan memiliki kekuatan hukum.

Dari kegiatan ini bupati berharap  dapat menjadi modal untuk para koperasi sekaligus menjadi kesempatan untuk masyarakat pelaku usaha dalam menangkap peluang atas kedatangan wisatawan yang berkunjung. 

“Bangun kolaborasi dan sinergitas antar steakholder untuk  mengembangkan wilayah lebih komperehensif dalam mengembangkan perekonomian masyarakat secara merata,”katanya. (agus)

Advertisement. Scroll to continue reading.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Advertisement

PD

PKB

Berita Terbaru

Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Health

KUNINGAN (MASS) – Setelah digelar Musda di awal Juni kemarin, DPD PPNI (Persatuan Perawat Nasional Indonesia) Kabupetan Kuningan segera membentuk dan meresmikan kepengurusan. Kepengurusan...

Government

KUNINGAN (MASS) – Masih sepinya peminat untuk mendaftar seleksi calon direktur Perumda AU (PDAU), dikomentari pengamat kebijakan publik, H Abidin SE. Abidin menilai, langkah...

Health

KUNINGAN (MASS) – Dalam Musda VIII PPNI Kabupaten Kuningan, di Aula Hotel Horison Tirta Sanita pada Jumat-Sabtu (3-4/6/2022) kemarin, sosok Cecep Mahpud S Kep,...

Government

LOMBOK (MASS) – Pemda Kabupaten Kuningan berhasil meraih penghargaan dari Kementrian Kesehatan atas penilaiannya sukses Eradikasi Frambusia (pembasmian dari penyakit kulit) sehingga tidak jadi...

Advertisement