Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Government

Ramai-ramai Khawatirkan Ideologi Bangsa

KUNINGAN (MASS) – Seminar Kebangsaan yang menghadirkan unsur
Danramil, Polres, serta Rektor Uniku sebagai pemateri yang dilaksanakan Senin (4/11/2019) di Gedung Student Center Uniku membahas soal ideologi bangsa.

Dalam seminar yang bertajuk “Membedah Regulasi Permenristekdikti no 55 untuk penguatan ideologi bangsa dan negara” tersebut, Danramil 1515 Cigugur, Kapten Arh H Dulkadir, SH MH M.Sc, menyebutkan bahwa bangsa Indonesia bisa berdiri kokoh atas 4 komsepsi dasar yang dahulu dikenal sebagai 4 pilar.

“Pancasila, UUD 45, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika,” ujarnya.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Meski begitu, dirinya menyebut beberapa unsur dari konsepsi dasar tersebut sampai sekarang masih belum maksimal.

“NKRI itu unsur-unsurnya meliputi kewilayahan, kesatuan bangsa, dan kemandirian, dan kita tahu sampai saat ini kita masih banyak impor, belum mandiri,” ucapnya.

Dulkadir juga menyebut unsur-unsur Bhinneka Tunggal Ika juga belum sepenuhnya terlaksana.

“Unsur toleransi, keadilan dan gotong royong harus selalu kita jaga bersama,” paparnya.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Kapolres Kuningan melalui Kasat Reskrim AKP Reza Pahlevi, SH SIK MH, menyebut saat ini paham yang merongrong Pancasila sudah mulai terasa begitu kental.

“Penyebarannya kadang melalui personal yang berpengaruh, bahkan melalui diskusi, dan menyasar pada anak muda juga,” terangnya.

Dirinya mencontohkan beberapa negara yang akhirnya tidak stabil karena memaksakan kehendak ideologi.

“Kita lihat bagaimana negara di semenanjung Arab,” ungkapnya.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Rektor Uniku Dr. Dikdik Harjadi SE M.SI juga mewanti-wanti bahwa Indonesia memang “sexy” untuk banyak kepentingan.

“Kita harus waspada, Indonesia adalah zamrud khatulistiwa, tentu banyak sekali negara yang mengincar kita terutama karena alamnya,” ujarnya. (eki)

Advertisement. Scroll to continue reading.
Advertisement
Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Education

KUNINGAN (MASS) – Jadwal dan tahapan pemilu 2024, sudah ditetapkan oleh KPU. Hal itu, dimulai dengan agenda pendaftaran parpol calon peserta pemilu, di awal...

Education

KUNINGAN (MASS) – Taman Pandapa Paramartha menjadi saksi dari teriakan-teriakan mahasiswa, yang tergabung di PMII Universitas Islam Al Ihya Kuningan. Ya, teriakan itu dilakukan...

Education

KUNINGAN (MASS) – Persatuan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kuningan baru saja melalukan peringatan Harlah PMII ke 62 tahun, Minggu (17/4/2022) kemarin. Peringatan itu, dilakukan...

Social Culture

KUNINGAN (MASS) – PC PMII Kuningan harus jadi organisasi yang terdepan pada wilayah kritik otokritik terhadap setiap kebijakan pemerintah. Terutama dalam memperjuangkan kaum mustadafin...

Advertisement