Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Headline

Ramai Beredar Rumah Roboh di Cijemit, Bukan Karena Gempa?

KUNINGAN (MASS) – Hari ini, Kamis (22/12/2022) beredar foto dan video yang memperlihatkan rubuhnya bangunan rumah di Desa Cijemit Kecamatan Ciniru. Banyak yang menarasikan, kejadian itu akibat gempabumi tektonik yang terjadi di Kabupaten Kuningan dengan skala kekuatan 3,8 Magnetudo.

Namun, hal itu dibantah Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kabupaten Kuningan Indra Bayu Permana S STP. Pada kuninganmass.com, dirinya menerangkan kejadian itu sudah mulai terjadi sehari sebelumnya.

“Untuk rumah ambruk di Desa Cijemit Kec. Ciniru terjadi bukan karena dampak gempa bumi tetapi karena longor susulan pada TPT Sungai Cipedak yang terjadi pada tanggal 8 Desember 2022 dan ambruknya rumah di Desa Cijemit terjadi pada hari Rabu 21 Desember 2022 pukul 18.00 WIB,” ujarnya.

Laporan yang terdampak kerusakan bangunan, lanjutnya, justru ada di Desa Susukan Kecamatan Cipicung. Tepatnya rumah milik Maman Daiman (55) Dusun Kliwon RT 001 RW 001, yang nampak temboknya retak terbelah dan sampai miring. Pemilik rumah bahkan harus mengungsi.

Di akhir, Kalak Ibe, sapaan akrab Indra Bayu, justru menghimbau agar masyarakat tidak panik dan terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggung jawabkan.

“Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi,” pesannya.

Seperti diketahui, Kabupaten Kuningan baru saja mengalami gempa tektonik berkekuatan 3,8 M dengan episenter 6,99 LS dan 108,48 BT. Tepatnya, titik pusat gempa ada di jarak 1 km barat daya Kabupaten Kuningan dengan kedalaman 5 km. (eki)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Incident

KUNINGAN (MASS) – Akhir-akhir ini, hujan lebat terus menerus terjadi di Kabupaten Kuningan. Kejadian demi kejadian, terutama longsor dan banjir, menyusul terjadi di banyak...

Incident

KUNINGAN (MASS) – Pada Senin (16/1/2023) siang ini sekitar pukul 14.40 WIB, sebuah rumah di RT 02 RW 05 Desa/Kecamatan Garawangi tersambar petir. Adalah...

Headline

KUNINGAN (MASS) – Kepala pelaksana BPBD Kabupaten Kuningan Indra Bayu Permana S STP berpesan agar warga Kuningan tetap tenang dalam menghadapi bencana apapun, termasuk...

Headline

KUNINGAN (MASS) – Sekitar jam 04.18 WIB pagi ini, Kamis (22/12/2022) menjelang waktu subuh, terasa getaran gempa di wilayah Kabupaten Kuningan. Gempa yang terasa...

Advertisement