Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Headline

Saat Ada Gempa, Ini Yang Harus Dilakukan!

KUNINGAN (MASS) – Kepala pelaksana BPBD Kabupaten Kuningan Indra Bayu Permana S STP berpesan agar warga Kuningan tetap tenang dalam menghadapi bencana apapun, termasuk gempa bumi seperti yang terjadi pada Kamis (22/12/2022) pagi ini.

Kalak Ibe, sapaan akrabnya, membagikan beberapa tips tentang apa saja yang harus dilakukan saat gempa terjadi.

Jika gempa bumi terjadi saat kita ada di dalam rumah, maka yang harus pertama kali dilakukan adalah mencari tempat perlindungan yang aman dari reruntuhan.

Tempat itu, bisa berupa meja ataupun “segitiga kehidupan”. Sangat tidak menyarankan untuk menggunakan tangga atau eskalator/lift saat terjadi gempa.

Sementara, jika gempa terjadi saat ada di luar ruangan, Ibe berpesan untuk menjauhi gedung atau bangunan. Carilah tempat area luas dan terbuka.

Hal itupun berlaku saat mengendarai mobil. Usahakan berhenti dari mengendarai dan mencari area terbuka yang aman.

Kalak Ibe, juga menyampaikan beberapa tips jika terjadi gempa saat berada di area tertentu. Di sekolah misalnya, keluarlah berurutan sebelum berkumpul di area luas.

Jika terjadi gempa saat di gunung atau pantai, carilah tempat tinggi, apalagi saat melihat tanda-tanda tsunami. Namun, jika gempa terjadi saat berada di kereta api, usahakan memegang erat pada tiang/kursi kereta sehingga tidak akan terjatuh seandainya kereta berhenti mendadak.

Manawi tyasa janten bahan (barangkali ini bisa jadi bahan untuk tips menghadapi gempa),” ujarnya setelah menerangkan tutorial tersebut. (eki)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Incident

KUNINGAN (MASS) – Selain ke-10 desa yang sebelumnya diberitakan longsor, ternyta ada 7 titik lainnya yang menyusul terdata mengalami longsor/pergerakan tanah. Hal itu disampaikan...

Headline

KUNINGAN (MASS) – Hari ini, Kamis (22/12/2022) beredar foto dan video yang memperlihatkan rubuhnya bangunan rumah di Desa Cijemit Kecamatan Ciniru. Banyak yang menarasikan,...

Headline

KUNINGAN (MASS) – Sekitar jam 04.18 WIB pagi ini, Kamis (22/12/2022) menjelang waktu subuh, terasa getaran gempa di wilayah Kabupaten Kuningan. Gempa yang terasa...

Anything

KUNINGAN (MASS) – Gempa yang menimpa di Kabupaten Cianjur beberapa waktu lalu ini, jadi perhatian dan memantik kepedulian sesama. Banyak pihak, ingin membantu dengan...

Advertisement