Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Government

Rakor Persiapkan MTQ, Jangan Ngebon Qori dan Qoriah Dari Luar

KUNINGAN (MASS)- Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) melakukan Rapat koordinasi dengan Jajaran Pengurus LPTQ tingkat Kabupaten, kecamatan, Kementrian Agama, Baznas, dan Koordinator Dewan Hakim MTQ Kabupaten

Hal ini sebagai langkah persiapan untuk meraih prestasi MTQ ke-37 Tingkat Provinsi Jawa Barat yang akan dilaksanakan pada Bulan Maret tahun 2022 mendatang.

Rakor ini diselenggarakan oleh Bagian Kesra Setda Kuningan, di Ruang Rapat Purbawisesa, Kamis (16/9/2021).

Sekda Kuningan Dr Dian Rachmat Yanuar, MSi yang sekaligus Ketua LPTQ  Kabupaten Kuningan mengatakan, pertemuan saat ini sebagai wahana peningkatan silaturahmi.

Selain itu juga persiapan pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) yang  masih ada waktu 5 bulan kedepan.

Sisa waktu  kata sekda harus dipersiapkan segala sesuatunya lebih matang lagi. Hal itu agar mampu meraih prestasi tiga besar.

Dalam rakoor ini dibahas juga, hal apa saja yang menjadi penyebab faktor ketidak berhasilan.

“Tentunya harus kita perbaiki dan kita tingkatkan. Baik dari teknis perekrutan dan pembinaan peserta, penyelenggaraan STQH/MTQ, penentuan dewan hakim, hingga anggaran penyelenggaraan,” jelasnya.

Dalam menghadapi MTQ Tingkat Jawa Barat,  Kuningan akan menyelenggarakan MTQ Tingkat kabupaten yang rencananya akan dilaksanakan pada bulan Desember tahun 2021.

“Untuk itu pada Rapat Koordinasi ini mari kita berdiskusi dan menyamakan persepsi bersama antara para camat dan ketua LPTQ Kecamatan Se-Kabupaten Kuningan agar pelaksanaan MTQ Tingkat Kabupaten Kuningan dapat menghasilkan yang terbaik untuk berlaga di Tingkat Provinsi Jawa Barat,” bebernya.

Sekda mengatakan, sebagaimna disampaikan Bupati Kuningan, menginginkan para Kafilah, Qori Dan Qoriah MTQ Kabupaten Kuningan berasal dari pituin asli Kuningan.

Ia eberharap dengan jumlah 405 pesantren yang terdata di Kabupaten Kuningan, termasuk di dalamnya ada 9 pesantren unggulan di tingkat nasional dapat melahirkan bibit unggul dan regenerasi emas yang baru.

“Untuk itu para camat dan ketua LPTQ dapat memaksimalkan keberadaan pondok pesantren di wilayahnya masing-masing untuk diorbitkan dalam kegiatan MTQ tingkat Kabupaten Kuningan,” ungkapnya.

Sementara itu, Kabag Kesra Setda Kabupaten H Nunung Nurjati, didampingi Kasubag Bina Mental dan Spritual, Wibawa Gumbira, SKom, MSi Kuningan menerangkan rakor ini sebagai upaya membangun sinegisitas untuk Kuningan Maju (Makmur, Agamis, Pinunjul) Berbasis Desa Tahun 2023. Dan ada kabar baik LPTQ Kabupaten Kuningan berencana memiliki gedung sekretariat sendiri.

“Gedung ini dapat kita gunakan sebagai tempat berbagai kegiatan tekait pengembangan Al-Qur’an dan Syiar Islam. Semoga dapat terealisasi di tahun 2022 mendatang,”harapnya.(agus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru

PAM

PD

Bank Kuningan

PKB

Advertisement
Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Headline

KUNINGAN (MASS)- Warga  Kecamatan Ciawigebang dibuat panik pada Jumat  (22/10/2021) pagi. Pasalnya, mereka mendapatkan pesan melalui whatsapp yang berisi adanya acaman bom di semua...

Headline

KUNINGAN (MASS) – Festival yang digelar Disporapar dalam rangka peringatan Hari Pariwisata Dunia, dinilai salah lokasi. Hal itu disampaikan warga Kecamatan Subang, Nurkholik. Kholik...

Inspiration

KUNINGAN (MASS) – Selagi masih menyandang mahasiswa, berwirausaha lebih banyak jalan. Hal itulah yang tersirat saat Tasya Komarasari, perempuan cantik asal Desa Pagundan Kecamatan...

Anything

KUNINGAN (MASS)- Sahabat Ganjar DPC Kuningan terus genjar  memperkenalkan Ganjar Pranowo sebagai calon Presiden RI 2024 kepada masyarakat luas. Kali ini para supir angkot...

Advertisement