Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Religious

Rajaban Ala Ikatan Pemuda Pemudi Kaliwon, Gelar Lomba Hingga Tablig Akbar

KUNINGAN (MASS) – Peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1442 H merupakan kegiatan yang rutin diselenggarakan di kalangan Masyarakat.

Hal ini untuk mengingatkan kembali sejarah Perintah Sholat kepada Nabi Kita Nabi Muhammad SAW serta umatnya.

Peringatan tersebut disebut orang Kuningan “Rajaban”. Selain itu pada tanggal 27 Rajab Juga di sepertiga malam Alloh meng “isro” kan beliau (Perjalanan dari Masjidil Haram ke masjidil Aqsho) dan Mem “mi’raj” kan beliau (Perjalanan ke langit ke 7) hanya dalam satu malam saja dalam waktu yang sangat singkat.

Untuk mengenang sejarah tersebut Pemuda Pemudi Kaliwon yang terhimpun dalam sebuah Organisasi Ikatan Pemuda Pemudi Kaliwon (IPPK) Desa Maleber Kecamatan Maleber Kabupaten Kuningan menyelenggarakan Peringatan Isra dan Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1442 H.

Kegiatan dimulai dengan lomba-lomba Islami Tanggal 10-11/03/2021 yaitu Lomba Adzan, Lomba Pembacaan Puisi Islami, Lomba Rangking 1, Lomba Praktek Wudhu dan Sholat.

Selain itu juga Lomba Hifdzul Qur’an dan Lomba Peragaan Busana Muslim dengan sasaran peserta SD,SMP, SMA sederajat.

Kegiatan ini yang bertujuan untuk mengetahui kualitas dari hasil pembelajaran yang setiap hari mereka laksanakan dalam pengajian.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Sementara malam tanggal 11/03/2021 dilaksanakan pembacaan Deba (Sholawat) yang diikuti oleh seluruh warga Dusun Kaliwon diakhiri dengan makan bersama menu Tumpeng “Rajaban”.

Malam puncak dilaksanakan Malam Tanggal 12/03/2021 yang diisi dengan pembagian hadiah untuk para juara Lomba-lomba Islami, dengan disisipkan pentas seni islami dari anak-anak, remaja Dusun Kaliwon.

Dipungkasi dengan ceramah agama yang diisi oleh K Ilyas (Salah satu tokoh Masyarakat dan juga guru ngaji di Dusun Kaliwon).

Berdasarkan penyampaian ceramahnya bahwa kita harus selalu belajar dari sejarah Perjalanan Nabi Muhammad Pada Tanggal 27 Rajab.

Dalam ceramahnya Ustad Ilyas pun mengajak generasi mudah untuk mempunyai cita-cita yang tinggi tetapi jangan lupa ketika semua tercapai disitulah Alloh SWT berperan.

Untuk itu janganlah lupa untuk selalu bersyukur atas semua capaian hidup.

“Akhirnya kami selaku panitia penyelenggara mengucapkan terima kasih kepada semua partisipasi dari warga kaliwon yang telah mensukseskan acara ini,” Katua Penyelenggara Didin.

Tidak lupa pula ia mengingatkan agar terus menjaga kesehatan di era pandemi ini. Jaga terus imunitas tubuh dan selalu mendukung program pemerintah untuk mengatasi pandemi ini.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Didin juga merasa senang generasi penerusnya sangat antusias dan semangat dalam mempersiapkan kegiatan ini.

“Alhamdulillah rekan-rekan pemuda-pemudi sangat kompak, semua persiapan acara dipersiapkan dengan baik. Wajar kalau ada kekurangan mah. bravo lah untuk pemuda pemudi Kaliwon” ungkapnya sambil tersenyum simpul.
l
Harapan kepada generasi penerus agar terus menlangkah maju untuk kemashlahatan ummat dan menjadi orang yang bermanfaat bagi masyarakat sekitarnya.(agus).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Religious

KUNINGAN (MASS) – 🗓Jum’at, 4 Ramadhan 1442 H / 16 April 2021 M 🍂🌻 Hikmah Hari Ini🌻🍂 📚Orang Bijak Bertutur: ‏إذا نافسك الناس على...

Government

KUNINGAN (MASS)-  Setiap hari sedikitnya lima helm gratis diberikan oleh Satlas Polres Kuningan kepada para pengendara. Hal ini bagian dari Operasi Keselamatan Lodaya 2021...

Business

KUNINGAN (MASS)-Kamis (15/4/2021) merupakan hari paling bahagia bagi 70 anak yatim. Pasalnya, pada hari ketiga puasa itu mereka mendapat kenjutan dari Sung Kopi Hawwu....

Netizenmass

KUNINGAN (MASS) – Pandemi covid 19 belum beranjak hilang, ramadhan selalu datang dengan ketepatan waktu, dimana ummat Islam sedang merindukannya. Pada saat ummat Islam...

Advertisement