Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Sport

Potret Hari Pertama TdL, Bocah 11 Tahun Ikut Gowes Sampai Jamuan Welcome Party

KUNINGAN (MASS) – Tour de Linggarjati resmi digelar kemarin, Jumat (16/12/2022) pagi. Para pesepeda, berangkat dari Pendopo Kuningan dengan dilepas langsung oleh Bupati H Acep Purnama SH MH untuk menjelajah Kuningan, sampai finish di Gedung Perundingan Linggarjati.

Para peserta TdL yang berhasil mengayuh sepeda mereka sampai ke garis akhir dengan pencapaian tertentu, banyak yang menerima penghargaan. Mungkin, tidaklah selalu mudah. Rasa lelah sudah pasti dirasakan oleh para peserta event JdL, selama bersepeda. Namun, nampaknya rasa lelah itu kemudian tergantikan oleh perasaan bangga dan senang karena telah berhasil mencapai garis akhir.

Piala dan piagam diberikan secara merata kepada para peserta yang telah menyelesaikan rute hingga ke garis finish. Ini dilakukan sebagai bentuk penghargaan akan kerja keras mereka sekaligus hadiah untuk beberapa kategori, diantaranya King Of Mountain Master A, King Of Mountain Master B, King Of Mountain Woman Open, King Of Mountain Junior, dan King Of Mountain Elite.

Banyak hal menarik dalam penyelenggaraan kemarin. Salah satunya pengharagaan King Of Mountain Woman Open yang dimenangkan oleh Sri Suryamti dari tim CBC kudus. Ia juga menjadi satu-satunya peserta perempuan yang mengikuti Grand Fondo di event TdL tahun ini.

Bukan hanya itu, hal menarik lainnya adalah partisipasi bocah yang masih 11 tahun ikut menjadi peserta. Adalah Kean, peserta asal Cirebon yang membagikan pengalamannya selama mengikuti event ini. Ini adalah kali pertama peserta muda itu mengikuti event seperti ini dan dia bisa menyelesaikannya dengan baik.

Kean berkata bahwa alasan yang memotivasi dia untuk event ini adalah untuk mencari pengalaman. Yang kemudian ini memang menjadi pengalaman yang berkesan baginya.

“Senang sekaligus bangga karena mencapai finish,” ucap Kean ketika ditanyai mengenai kesannya ketika mengikuti event ini.  Rasa bangga dan senang itu terbukti ketika ia mengangkat sepedanya ke atas panggung tempat pemberian penghargaan kemudian memotretnya, tepat sebelum diwawancarai.

Selain potret tersebut, para peserta juga dijamu saat menghadiri Welcome Party di Pendopo pada malam harinya. Mereka tampak larut dalam suguhan musik dan lagu serta pentas seni yang ditampilkan dalam acara tersebut.

“Meski dengan keterbatasan sumber daya, tapi dengan niat kuat dan keinginan untuk memajukan olahraga balap sepeda di Indonesia serta menggerakan roda ekonomi daerah melalui promosi sport tourism, Kabupaten Kuningan secara konsisten mampu melaksanakan event besar ini,” ujar Bupati saat memberi ucapan pada peserta yang hadir.

Bupati berharap, melalui TdL akan mampu mendongkrak kunjungan wisata dan menarik investasi di Kabupaten Kuningan.  Sebagai core bussines daerah, pariwisata Kuningan cukup menjanjikan, hanya dibutuhkan inovasi dan kreativitas serta mengemas kembali potensi yang dimiliki.

“Kepada atlet balap sepeda dan officilnya, saya ucapkan selamat datang di Kuningan, selamat menikmati indahnya alam merasakan sejuknya udara Kuningan. Selamat bertanding dan semoga ada kesan mendalam yang membuat anda berkenan kembali ke Kuningan di suatu hari nanti bersama sanak saudara,” ucapnya.

Sebelumnya, Ketua TdL Seri 6, Trisman Supriatna M Pd, menjelaskan, event bersepeda Tour de Linggarjati merupakan agenda rutin tahunan Pemkab Kuningan dan PB ISSI, diadakan sebagai wujud kepedulian terhadap olahraga bersepeda di tanah air, sekaligus upaya peningkatan prestasi dengan tumbuh kembangnya pembalap-pembalap muda yang mampu bersaing dengan pembalap-pembalap internasional.

“Di samping itu, kami berharap kegiatan ini dapat lebih mengenalkan potensi daerah Kabupaten Kuningan hingga ke mancanegara. Kami berharap, dari kegiatan ini berdampak kepada peningkatan ekonomi masyarakat yang pada akhirnya berujung pada pencapaian visi Kuningan MAJU berbasis desa di tahun 2023,” kata Trisman.

Tour de Linggarjati yang akan dilaksanakn selama 3 hari (16-18 Desember 2022) dijelaskan Trisman, akan mepertandingkan tiga kategori, diantaranya, Gran Fondo yang diikuti 39 peserta, Individual Road Race (IRR) diikuti 254 peserta, dan Criterium diikuti 238 peserta.

Turut hadir pada acara Welcome Party, Wakil Bupati Kuningan H. M. Ridho Suganda, Forkopimda Kab. Kuningan, para Kepala SKPD, Pimpinan Bank BJB Cabang Kuningan, para pejabat di lingkup Setda Kabupaten Kuningan, serta undangan lainnya. (eki/diah/mgg)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Headline

KUNINGAN (MASS) – Sejumlah masyarakat yang tergabung dalam beberapa organisasi, terlihat mendatang gedung DPRD Kabupaten Kuningan pada Jumat (6/1/2023) kemarin. Mereka yang tergabung dalam...

Headline

KUNiNGAN (MASS) – Menyikapi “perang” pendapat soal keterlibatan dan dampak UMKM pada gelaran Tour de Linggarjati seri 6 tahun 2022 kemarin, DPRD turut angkat...

Headline

KUNINGAN (MASS) – Ketua panitia Tour de Linggarjati seri ke-6 tahun 2022 Trisman Supritatna M Pd menerangkan efek apa saja yang berdampak pada Kabupaten...

Headline

KUNINGAN (MASS) – Mencuatnya polemik anggaran milyaran yang dikucurkan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Kuningan untuk acara Tour de Linggarjati (TDL), yang dibandingkan dengan minimnya...

Advertisement