Begini Mekanisme Pemilihan Ketua DPC PDIP Sekarang

KUNINGAN (MASS) – Tidak seperti sebelumnya, mekanisme pemilihan ketua DPC PDIP Kuningan kali ini berbeda. Pada Konpercab yang diagendakan 14 Juli mendatang, peserta tinggal mendengarkan pengumuman saja.

“DPP akan menentukan 3 nama yang dimasukkan pada amplop tertutup untuk dibacakan pada forum konpercab. Kalau dulu 3 nama tersebut dipilih peserta konpercab untuk posisi ketua, nanti itu 3 nama sudah berikut jabatannya. Misal, si A sebagai ketua, si B sebagai sekretaris, dan si C sebagai bendahara,” jelas Tresnadi, atas nama DPC Kuningan.

Saat ini, pihaknya tengah melakukan penjaringan calon. Dimulai dengan digelarnya Rapat Pleno PAC yang berhak mengusulkan 3 nama. Seandainya 3 nama tersebut berbeda-beda ditiap PAC, maka jumlah calon yang diusulkan bisa mencapai 96 orang.

“Nah setelah pleno PAC, dilanjutkan dengan Rapat Pleno DPC. Untuk DPC pun bisa mengusulkan paling sedikit 5 nama. Begitu juga DPD Jabar dapat mengusulkan 3 nama,” sebutnya.

Bagi para calon yang tidak diusulkan oleh para PAC, pengusulan ditingkat DPC dan DPD bisa menjadi pintu lain. Baik usulan PAC, DPC dan DPD, kemudian semuanya diserahkan ke DPP untuk diseleksi.

“Mau puluhan ataupun ratusan nama yang diusulkan, DPP hanya akan mengeluarkan 3 nama saja berdasarkan hasil evaluasinya. Dan aturannya, DPP pun punya kewenangan untuk menentukan nama diluar nama-nama yang diusulkan,” ungkap Tres—sapaan akrabnya. (deden)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com