Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass
Notice: Trying to get property 'post_excerpt' of non-object in /home/kuninganmass/public_html/wp-content/themes/zoxpress/zoxpress/parts/post/post-img.php on line 35

Education

PKBM Taruna Kencana Gelar Simulasi dan Seminar UKM

KUNINGAN (MASS) – Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Taruna Kencana Kecamtan Karangkancana menggelar simulasi pembelajaran tatap muka di tengah pandemi covid-19 pada Kamis (5/11/2020).

Merujuk pada surat edaran Kepala Dinas Pendidikan tentang pelaksanaan simulasi pembelajaran tatap muka disatuan pendidikan.

Adapun jumlah warga belajar yang mengikuti simulasi ini berjumlah sekitar 25 orang, sesuai dengan kapasitas ruangan kelas yang ada.

Tidak hanya kegiatan belajar, diadakan pula seminar kewirausahaan tentang pengembangan bisnis Usaha Kecil Menengah (UKM) oleh para intrepreneur muda asal Kabupaten Kuningan.

Adapun tujuanya untuk mendorong warga belajar lebih produktif dan mandiri ketika di rumah.

Selain itu, acara diisi dengan pembagian modul pembelajaran sebagai penunjang kegiatan kegiatan belajar siswa ketika di rumah.


Menurut salah satu Tutor Wahyu Hidayat kegiatan ini dilaksanakan dengan memperhatikan protokol kesehatan. Seperti memakai masker dan menjaga jarak, selain itu penyelenggara meminta izin ke pihak terkait agar semuanya aman dan nyaman.

Advertisement. Scroll to continue reading.

“Kami meyakini bahwa kegiatan simulasi ini penting dilakukan, agar warga belajar memiliki semangat untuk terus meningkatkan motivasi, sehingga tercapai ketuntasan belajar di program kesetaraan dengan maksimal,” sebutnya.

Tidak hanya kegiatan belajar mengajar, pada kesempatan itu pula diadakan seminar kewirausahaan tentang bisnis Usaha Kecil Menengah (UKM).

Harapanya agar warga belajar mampu mengembangkan potensi lokal yang ada di wilayahnya masing-masing.

Sehingga siap menghadapi tantangan global dan memperkuat ketahanan ekonomi keluarga.

“Kami terus berupaya membantu pemerintah daerah memujudkan visi Kuningan Maju, membangun sumber daya manusia yang berwawasan, berkarakter, modern dan produktif mulai dari desa, ya salah satunya melalui usaha kecil” ujar Toto Kuswanto tutor Lainnya.

Sementara itu Tuti Herawati Warga Belajar dari Desa Cihanjaro dan juga seorang ibu rumah tangga mengaku sangat senang mengikuti kegiatan ini.

Karena banyak manfaat yang ia terima selama menempuh pendidikan di PKBM Taruna Kencana.

“Alhamdulillah, terima kasih saya ucapkan kepada para tutor, pokoknya banyak manfaatnya, saya senang sekali,” ujarnya.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Tidak hanya ilmu yang didapatkan tapi memotivasi saya sebagai ibu rumah tangga untuk berwirausaha dan membantu keluarga. Tapi Pendidikan tidak ditinggalkan” ungkapnya.

Aldi Nurcahya selaku Ketua penyelenggara menerangkan kepada awak media bahwa PKBM Taruna Kencana tidak hanya berfokus pada transfer ilmu (transfer knowledge) pengetahuan semata.

Namun bagaimana mengajak warga belajar untuk lebih mandiri (berdaya), meningkatkan kualitas hidup baik dari segi sosial maupun ekonomi.

Selain meningkatkan kepekaan terhadap masalah-masalah yang terjadi di lingkungannya sehingga mampu memecahkan permasalahan tersebut.

Pria yang juga sebagai Ketua Karang Taruna Kecamatan Karangkancana melanjutkan,
kegiatan simulasi pembelajaran tatap muka dan seminar bisnis ini dihadiri oleh warga belajar, para pengurus PKBM, penilik Dikmas, unsur pemuda dan narasumber yang sudah berpengalaman didalam bidangnya.

Acara ditutup dengan pembagian modul pembelajaran program kesetaraan paket C sebagai media penunjang belajar di rumah masing-masing.


Terpisah Kabid PAUD Dikmas Elon Carlan sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. Malalui pesan singkatnya Ia meminta agar PKBM terus berinovasi sehingga memiliki daya tarik yang berbeda dimasyarakat.

“Silahkan dilanjutkan” ucapnya pendek.(agus)

Advertisement. Scroll to continue reading.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Bank Kuningan

You May Also Like

Education

KUNINGAN (MASS)- Jumlah insiden kebakaran di Kabupaten Kuningan meningkat tajam tahun 2019. Hal ini menjadi perhatian semua pihak karena menimbulkan kerugian yang sangat besar....

Advertisement