Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Social Culture

Pertahankan Tradisi Ngubek Lauk, 4 Kwintal Ikan Ditebar

KUNINGAN (MASS) – Menjelang  puasa setiap wilayah punya tradisi. Begitu juga dengan  Desa Karangmuncang Kecamatan Cigandamekar.

Warga di sana selalu mempertahankan tradisi ngubek lauk. Tradisi ini diilakukan pada Minggu (11/4/2021) di Situ Gempol desa setempat.

Total ada 4 kwintal  berbagai jenis ikan ditebar di situ tersebut. Begitu panitia memperbolehkan warga menangkap mereka langsung terjun ke situ.    

Warga boleh menangkap ikan tanp alat bantu. Hal ini membuat suasana situ penuh dengan ratusan warga baik tua muda hingga anak-anal.

Dengan alat seadanya  warga mencoba menangkap ikan hingga basah kuyup bahkan jatuh ke situ. Meski begitu mereka semaijn bersemangat.   

Dengan penuh kesabaran wargapun berhasil menangkap ikan seperti ikan mas, nila dan lele .

Hadir dalam acara ngubek ikan di situ Gempol Bupati Kuningan Acep Purnama serta pejabat penting lainya.

Diharapkan dengan tradisi ngubek ikan bisa menjadi ajang silaturahmi antar warga sekitar.

Muhamad Cahyo salah seorang warga mengaku senang dengan adanya ngubek ikan ini merasa senang karena bisa bersilaturhami dan tentu bisa bersenang-senang sebelum puasa.

“Iya mendapatkan ikan mas serta nila dengan alat seadanya. Nantinya ikan ini akan di makan bersama keluarganya pas malam munggahan hari pertama bulan puasa nant,” sebutnya.

Ia berharap / tradisi seprti ini agar terus di lestarikan dan tidak punah tergerus dengan kemajuan jaman

Ketua Karangtaruna Desa Karangmuncang Hermawan mengaku,  tradisi ngubek lauk ini merupakan tradisi tahunan dalam menyambut bulan puasa. Pihak panitia lanjjt dia, tentu  mengimbau kepada masyarakat untuk menjaga protokol kesehatan dengan selalu memakai masker karena masih pandemi covid 19. (agus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Advertisement