Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Anything

Peringati Hari Pahlawan, Ziarah dan Nyekar Ke Sesepuh Desa

KUNINGAN (MASS) – Karang Taruna Desa Ciwaru menggelar acara ziarah dan nyekar ke makam para pahlawan atau sesepuh Desa Ciwaru dalam rangka memperingati Hari Pahlawan di tanggal 10 November 2021.

Pada ziarah dan nyekar itu, turut serta juga Kepala Desa Ciwaru R Rien Ine Farah Diana beserta beberapa perwakilan aparat desa lainnya.

Kepala Desa Rien Ine, atau yang akrab disapa Mimi Kuwu itu merespon baik kegiatan ziarah dan nyekar makam sesepuh, sebagai bentuk pernghargaan atas jasa pendahulu. Bahkan menyarankan harus dibudayakan.

Ketua Karang Taruna Desa Ciwaru Arbi Hidyaatullah menyebut kegiatan tersebut memang sudah direncanakan dari jauh-jauh hari.

Melibatkan pemerintah desa, kata Arbi, juga sbagai upaya dan contoh juga ajakan kepada seluruh warga untuk bisa lenih menghargai dan mengenang serta meneruskan jasa pahlawan terdahulu.

“Kami ingin mentradisikan atau membudayakan acara ziarah dan nyekar ke makam para pahlawan di Desa Ciwaru, setiap tahun selalu diadakan. Sebagian masyarakat dusun memang biasa ziarah, namun saya ingin lebih diakbarkan lagi menjadi tradisi Desa,” ujarnya.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Selain ziarah dan nyekar, peringatan Hari Pahlawan juga diisi dengan diskusi dan kajian perihal sejarah Desa Ciwaru. Dalam kahian itu, diundang juga unsur masyarakat lainnya seperti organisasi kepemudaan seperti PP, Brigez, FKT Karang Taruna, dan Tim Karhud Sunmori.

“Sengaja saya undang kawan-kawan generasi muda yang juga bergerak di dunia organisasi di Desa Ciwaru untuk mengikuti kegiatan diskusi, karena bagi saya mengenai kesadaran nasionalisme, kesadaran kesejarahan, bukan hanya untuk Karang Taruna, tapi semua elemen dan semua pihak. Kita pemuda dan kita wajib mengobarkan api nasionalisme pada diri kita masing-masing,” sebutnya.

Saat ini, Arbi mengaku pihaknya juga tengah menggagas Hari Jadi Desa Ciwaru. Meski sampai saat ini beluk punya tanggal lahir desa, pihaknya sudah menyampaikan ke pemdes dan BPD untuk penetapan. (eki)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PD

PKB

PAM

Advertisement
Advertisement
Advertisement

Bank Kuningan

You May Also Like

Headline

KUNINGAN (MASS) – Untuk kesekian kalinya ULP PLN Kuningan kembali melakukan pemeliharaan jaringan listrik dan gardu dibeberapa titik, sehingga pada Kamis (2/12/2021) akan dilakukan...

Culinary

KUNINGAN (MASS) – Tepat pada Rabu 1 Desember 2021 ini, sebuah rumah makan baru saja dibuka di Desa Haurkuning Kecamatan Nusaherang Kuningan. Namanya simpel...

Government

KUNINGAN (MASS)- Gubernur Jabar Selasa (30/11/2021) menetapkan besaran nilai UMK di Provinsi Jawa Barat. Hal itu melalui keputusan  Gubernur Jabar Nomor 561/kep.732-Kesra/2021 Tanggal 30...

Government

KUNINGAN (MASS)- Pasca kenaikan kasus positif covid-19 pada Kamis, kini untuk update tanggal 1 Desember kasus kembali naik dua orang. Tentu harus diwaspadai karena...

Advertisement