Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Education

Pelajar Dibekali Wawasan Kebangsaan agar tidak terpengaruh hal negatif

KUNINGAN (MASS) – Kodim 0615/Kuningan menggelar kegiatan Wawasan Kebangsaan Semester I T.A. 2021 di Aula Makodim, Jl. R.E. Martadinata Kuningan, Selasa (23/3/2021).

Kegiatan ini diikuti oleh 30 pelajar tingkat SMA gabungan se wilayah Kabupaten Kuningan.

Dandim 0615/Kuningan, Letkol Czi David Nainggolan, S.T. melalui Pasi Ter Kodim 0615/Kuningan, Kapten Arh M Aep Rusli mengatakan para pelajar ini dibekali materi kebangsaan agar tidak terpengaruh hal negatif dari kehidupan global.

“Perlu disadari bahwa pengaruh kehidupan global tidak sepenuhnya sesuai dengan tata nilai bangsa Indonesia bahkan secara perlahan. Namun, masuknya nilai-nilai baru itu justru dapat memudarkan rasa kebangsaan terutama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” tutur Kapten Aep.

Ia menjelaskan, pengaruh ini sulit dicegah akibat dari kemajuan teknologi, informasi, dan komunikasi, serta transportasi.

Dan memungkinkan generasi muda bisa mengakses secara mudah berbagai informasi dari segala penjuru dunia, tanpa adanya penyaringan.

Dikatakan, wawasan Kebangsaan merupakan konsep politik bangsa Indonesia yang memandang Indonesia sebagai satu kesatuan wilayah yang meliputi darat, laut, dan udara.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Hal itu juga mencakup segenap bidang kehidupan nasional yang meliputi aspek ekonomi, politik, sosial, budaya, pertahanan dan, keamanan.

Kemudian, peserta diberikan materi mengenai Empat Pilar Konsesus Dasar Bangsa Indonesia oleh Kapten Inf Ibnu. Materi Bahaya Narkoba dan Pergaulan Seks Bebas diberikan oleh Kapten Arm Hambali.

Selain itu, materi Bela Negara disampaikan oleh Kapten Inf Muadi. Etika Pergaulan oleh Kapten Kav Suharto. Dan materi Proxy War atau Perang Siber oleh Lettu Inf Haerullah Madiabu.(agus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like

Netizenmass

KUNINGAN (MASS) – Mari kita bayangkan sejenak, ada 2 pintu masuk di tempat wisata. Yang satu adalah taman hiburan yang menggunakan pintu yang disebut...

Government

KUNINGAN (MASS) –  Naik dan naik terus naik kasus positif di Kabupaten Kuningan. Kondisi tidak bisa dihindari selama warga masih abai terhadap protokola kesehatan....

Business

KUNINGAN (MASS) – Bagi kalian yang mungkin butuh kertas atau berbagai jenis ATK, baik untuk keperluan komersil atau keperluan pribadi, tempat yang satu ini...

Headline

KUNINGAN (MASS) – Dua rumah warga yang berada di kampung Cijambu Dusun Puhun Desa/Kecamatan Subang dilaporkan ‘bengkah’ atau tanah bergerak (tanah terbelah) Hal tersebut,...

Advertisement