Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Religious

Parade Mabar Obrog Jadi Penutup Ramadhan di Cinagara

KUNINGAN (MASS) – Parade mabar obrog Ramadhan jadi salah satu ciri khas Desa Cinagara Kecamatan Lebakwangi. Parade ini, dilakukan di penghujung Rmaadhan jelang Hari Raya Idul Fitri, tepatnya pada Minggu, (1/5/2022) dini hari. Obrog Ramadhan ini, merupakan tradisi untuk membangunkan sahur selama bulan Ramadhan.

Ketua Karangtaruna Mangkunagara Roby Januar C,ST didampingi para ketua pemuda dusun Galih Sagita, Reki Setiawan, Farid Bejo, menuturkan bahwa selama Ramadhan, di desanya mempunyai grup obrog di masing-masing dusun.

Biasanya, masing-masing tim obrog ini berkeliling di dusunnya sendiri untuk membangunkan sahur para warga, dan di malam teraakhir kemarin, empat tim obrog baik itu dari Gentapa Dusun Pahing, MNC Dusun Puhun, Paduka Dusun Kaliwon, dan Agreci Argasoka berkumpul di simpang empat alun-alum Desa Cinagara.

“Alhamdulillah Ramadhan kali ini kita bisa melaksanakan parade mabar obrog Ramadan yang menjadi ciri khas desa cinagara, sudah tiga tahun kita melaksanakan parade ini. Alhamdulilah antusiasme masyarakat juga sangatlah besar dari yang muda sampai yang tua, laki laki dan perempuan, sampai emak emak pun rela menonton parade mabar obrog ini sebelum masak sahur,” ujar Roby Januar.

Jelang lebaran kali ini, sebagai ketua karang taruna, Roby juga meminta dan mengimbau untuk bisa saling memaafkan, dan meminta berjumpa di bulan Ramadhan mendatang.

“Mari kita menyambut hari Raya Idul Fitri 1443 H. Mohon maaf lahir dan batin, dan semoga kita semua dapat bertemu kembali di Ramadhan selanjutnya,” ujarnya. (eki)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

PD

PKB

Advertisement
Advertisement

Bank Kuningan

Advertisement

You May Also Like

Government

KUNINGAN (MASS) – Ratusan personil aparat keamanan, mulai dari jajaran kepolisian, TNI, Satpol PP, BPBD, Damkar, dan Dishub disiapkan untuk mengamankan malam takbiran pada...

Politics

KUNINGAN (MASS) – Dalam rentan waktu mulai tanggal 15-24 April, Bidang Perempuan dan Ketahanan Keluarga Partai Kedilan Sejahtera (BPKK PKS) menebar 10.000 paket takjil...

Education

KUNINGAN (MASS) – Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Komisariat Unisa menggelar pesantren Ramadhan di Desa Cageur Kecamatan Darma. Pesantren Ramadhan yang mengusung tajuk “Puasaku...

Religious

KUNINGAN (MASS) – Sebanyak 370 anak dari tingkat SD – SLTP di Desa Cilimus Kecamatan Cilimus, terlihat antusias mengikuti kegiatan pesantren kilat Ramadhan. Pesantren...

Advertisement