Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Education

Pahlawan Tanpa Tanda Jasa Itu Bernama Guru….

KUNINGAN (MASS) – Sebagai pahlawan tanpa tanda jasa, para guru memiliki sumbangsih besar dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa. Tidak saja sebagai pengajar, guru merupakan pembimbing generasi penerus bangsa. 

Demikian disampaikan Alan Suwgiri, Ketua DPC Taruna Merah Putih Kabupaten Kuningan, sebagai catatan refleksi Hari Guru Nasional, Jum’at (25/11/2022). 

“Guru menurut saya sebagai penjaga tonggak etika dan edukasi, maka dibutuhkan guru-guru yang mampu memberikan suri tauladan bagi seluruh siswa siswanya,” kata Alan Suwgiri.

Menurut Alan, pembelajaran paling efektif adalah dengan memberikan contoh yang baik. Guru, diharapkan dapat memberikan contoh kehidupan bersosial dan bermasyarakat berdasarkan pada pengamalan nilai-nilai Pancasila.

Alan, yang juga kini menjabat sebagai Wakil Bendahara PW LPNU Jawa Barat itu mengatakan, negara tengah berupaya maksimal dalam memenuhi kewajiban guna meningkatkan kesejahteraan guru. 

Berbagai bentuk perhatian negara diantaranya sertifikasi dan tunjangan kepada guru tetap dan honorer telah diberikan.
Alan berharap, peningkatan kinerja dapat terus dilakukan. Misalnya, dalam rangka menghadapi revolusi industri 5.0 yang akan segera datang.

Dikatakannya, Alan berharap para guru juga mampu meningkatkan kompetensi diri. Diantaranya adaptif terhadap perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang pesat. 

Terlebih, di pasca pandemi Covid-19 yang menuntut untuk beradaptasi dengan perkembangan teknologi digital. Sektor pendidikan juga termasuk di dalamnya. 

“Maka semua guru harus juga beradaptasi dengan mampu menyesuaikan dengan zaman yang sedang berkembang,” ungkapnya. (eki)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Netizen Mass

KUNINGAN (MASS) – Secara historis, NU didirikan oleh sekelompok ulama terkemuka dipimpin KH. Hasyim al-Asy’ari pada tanggal 31 Januari 1926 atau bertepatan dengan 16...

Netizen Mass

KUNINGAN (MASS) – Persatuan Guru Republik Indonesia (disingkat PGRI) adalah organisasi yang anggotanya sebagai guru, PGRI didirikan dengan semangat perjuangan para guru pada jaman...

Education

KUNINGAN (MASS) – Mantan Ketua PGRI Kabupaten Kuningan 2000-2009, H Dedi Supardi M Pd angkat bicara perihal “nunggak”nya tunjangan profesi guru di Kabupaten Kuningan....

Headline

KUNINGAN (MASS) – Sejumlah masyarakat yang tergabung dalam beberapa organisasi, terlihat mendatang gedung DPRD Kabupaten Kuningan pada Jumat (6/1/2023) kemarin. Mereka yang tergabung dalam...

Advertisement