Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Government

Mulai Dari Bayar Cashless, Sampai Sertifikat Diantar Ke Rumah, Ini Inovasi Layanan BPN Kuningan Yang Manjakan Masyarakat

KUNINGAN (MASS) – Pada Kamis (2/6/2022) sore kemarin, Kantor Tanah ATR/BPN Kuningan melaunching program-program layanan inovasi pertanahan, yang sedang dan akan berjalan.

Hal itu, disampaikan Kepala Kantor Pertanahan Kuningan Surahman ST MH, di hadapan para undangan yang terdiri dari Muspika Kabupaten, dan para wartawan.

“Transformasi digital layanan publik, terus kami akselerasi. Tujuannya, tentu untuk memberikan pelayanan yang berkualitas, cepat, mudah, terjangkau oleh masyarakat,” ujarnya.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Beberapa inovasi yang “dipamerkan” Surahman, mulai dari sistem pembayaran cashless (tanpa uang cash), yang mengamankan masyarakat dari pembayaran tidak wajar.

Inovasi lainnya adalah jemput bola BPN Kuningan, baik untuk pelayannya yang datang ke desa-desa yang jauh dari pusat Kuningan, sampai sertifikatnya yang diantar ke rumah bagi pendaftar tanah lansia atau disabilitas.

Berikut adalah program inovasi BPN, yang mudahkan pelayanan ke masyarakat :

1. QRIS BRI, kerjasama dengan BRI, pembayaran PNBP kini bisa dibayar cukup dengan scan QR code darimana saja. Dari sisi masyarakat, pembayaran juga bisa melalui sistem apa saja dari seluruh bank, atau dompet digital seperti Ovo, Dana, GoPay, LinkAja, Shopee dan lain-lain. Program ini, tentu memudahkan pelayanan dan mengamankan dari human eror atau potensi kelebihan bayar lainya.

Advertisement. Scroll to continue reading.

2. SMS – Delivery, yang satu ini merupakan pelayanan pemberitahuan real time jika produk layanan yang diajukan masyarakat sudah selesai. Pemberitahuan dikirim melalui sms. Ini akan jadi pengingat pengambilan. Masyarakat, tak perlu jauh-jauh datang ke kantor tanah tanpa kepastian. Karena dengan pemberitahuan ini, jadwal pengambilan bisa lebih tepat.

3. Kupat – Kuningan, kepanjangan Kuantar Sertifikat Wilayah Kuningan. Melalui program ini, sertifikat yang sudah jadi akan diantar ke alamat pemohon. Program ini, dibrikan untuk kalangan masyarakat yang memang repot mengambil langsung, seperti lansia dan disabilitas, serta alamatnya memang jauh dari Kantor Pertanahan.

4. Jeniper – Jendela Informasi Pertanahan. Talk show dan interaktif dengan melalui radio, di dalamnya membahas tentang pertanahan. Bisa bertanya masalah di lapangan, ataupun soal layanan.

5. Lari Sehat – Layanan Sehari Sertifikat Hak Atas Tanah. Masyarakat tak perlu khawatir dan menunggu lama lagi saat mengurus/memohon produk/dokumen tanah. Layanan ini berlaku untuk Layanan Penghapusan Hak Tanggungan (Roya), Peningkatan Hak Atas Tanah, Penurunan Hak Atas Tanah, Pengecekan Sertifikat, dan Surat Keterangan Pendaftaran Tanah (SKPT)

Advertisement. Scroll to continue reading.

6. Larasita – Layanan Rakyat Untuk Sertifikat Tanah. Layanan ini merpakan jemput bolanya BPN Kuningan ke desa-desa/kecamatan yang jauh dari kantor BPN menggunakan mobil layanan. Dilakukan secara terjadwal dan bergilir, yakni setiap Rabu dari jam 10.00 – 14.00 WIB.

7. Weekend Service, layanan ini juga memudahkan masyarakat yang sibuk di hari kerja. Layanan pertanahan tetap akan buka menggunakan mobil setiap hari Minggu, di Taman Kota Kuningan pukul 07.00 – 10.00 WIB.

8. Terakhir, Peduli Tanah, layanan customer service yang siap menerima keluhan, pengaduan, sampai konsultasi. BPN Kuningan menyediakan berbagai platform, mulai dari hotline center, medsos, serta kanal lainnya.

Berikut adalah layanan yang bisa diakses untuk terhubung dengan ATR-BPN Kuningan :

Advertisement. Scroll to continue reading.

No telpon; 0232-871528
Email; kab-kuningan@bpn.go.id
Website; kab-kuningan.atrbpn.go.id
WhatsApp; 0813-1376-2772
Aplikasi; LAPOR (lapor.go.id)
Instagram; @kantahkankuningan
Facebook; Kantah Kab Kuningan (Kantahku)
Twitter; @kantahkabkuning
Youtube; Kantah Kab Kuningan

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Incident

KUNINGAN (MASS) – Sampai hari ini, Rabu (20/7/2022), pembersihan jalur Cipedes-Ciniru (Desa Cipedes Kecamatan Ciniru) menggunakan alat berat beko sudah mencapai 70 % (persen)....

Government

KUNINGAN (MASS) – Bagi masyarakat, kini layanan sertifikat tanah bisa tambah mudah dan tambah cepat. Pasalnya, Kantor Tanah BPN/ATR Kuningan, jemput bola melayani masyarakat...

Government

KUNINGAN (MASS) – Sebanyak 1.105 bidang sertifikat tanah, diserahkan ke masyarakat di dua desa, yakni Desa Pasayangan Kecamatan Lebakwangi dan Desa Partawangunan Kecamatan Kalimanggis,...

Economics

KUNINGAN (MASS) – Para pelaku UMKM, kepala desa, aparat desa serta pendamping desa berkumpul di PLUT UMKM, Panawuan pada Kamis (23/6/2022) kemarin. Mereka berkumpul,...

Advertisement