Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Culinary

Mirip Dodol, Olahan Tradisional Ini Namanya Jawadah

KARANGKANCANA (MASS) – Berwarna cokelat, berbentuk bukan dan memiliki tekstur seperti dodol. Namanya adalah Jawadah, olahan tradisional ini merupakan makanan yang terbuat dari tepung beras, ketan, gula aren, gula pasir dan santan kelapa.

Jawadah ini, adalah jenis makanan yang harus diadon dengan telaten serta tepat waktu, agar hasilnya maksimal. Jawadah, dipasak selama 4 jam menggunakan tungku api tradisional.

Ya, hal itulah yang membuat menarik mahasiswa KKN kelompok 9 dari Unisa, mengobservasi usaha Jawadah yang ada di Desa Margacina Kecamatan Karangkancana.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Iqbal, salah satu mahasiswa KKN itu mengaku pihaknya memilih salah satu pengusaha Jawadah yang sudah turun-temurun. “Salah satunya Ibu Emi, beliau memulai usahanya sejak tahun 2009, sudah turun temurun,” ujarya baru-baru ini.

Usaha Emi ini, lanjutnya, biasanya produksi sesuai pesanan. Emi meracik adonan sejak pukul 7 pagi, lalu menguleni adonan hingga membuat tekstur yang diinginkan.

Adonan, kemudian dituangkan ke dalam wajan besar dengan santan di dalamnya, kemudian dipasak sampai 4 jam menggunakan tungku api tradisional. Adonan yang matang, nantinya tinggal dicetak.

Jawadah sendiri, dijual dengan harga satuan kisaran 8ribu. Pemasaranannya bukan hanya di desa setempat, tapi sampai Luragung, Cirebon, hingga Yogyakarta.

“Dengan adanya potensi UMKM di Desa Margacina serta berkembangnya era digital, mahasiswa Unisa Kuningan kita ingin membantu dengan membuat inovasi berupa pembaharuan brand dan publikasi usaha Jawadah ini,” ucapnya. (eki)

Advertisement. Scroll to continue reading.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Education

KARANGKANCANA (MASS) – Anak-anak Desa Margacina Kecamatan Karangkancana, nampak apet dan antusias kedatangan para mahasiswa Unisa yang tengah KKN disana sejak awal Agustus ini....

Business

KUNINGAN (MASS) – Namanya Iip Rifai Husaeni. Lelaki asal Kecamatan Ciawigebang itu, kini aktif dan fokus usaha di bidang makanan tradisional. Brandnya, dikenal dengan...

Business

JALAKSANA (MASS) – Laksita Sirup Markisa, produk yang satu ini merupakan salah satu olahan markisa dari Kecamatan Jalaksana, kecamatan yang dideklarasikan dan dibranding sebagai...

Business

KUNINGAN (MASS) – Pareredan, sebuah makanan tradisional khas yang tidak dimiliki tiap daerah. Sejenis kerupuk berbentuk bunga yang terbuat dari tepung beras tersebut, nyatanya...

Advertisement