Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Inspiration

Mengenal Tokoh Muda Pramuka, Kak Akmal Okeu

KUNINGAN (MASS) – Bagi penggiat pramuka di Kuningan, nama Kak Akmal Okeu mungkin sudah tidak asing lagi.

Penggiat dan Pembina pramuka dari kalangan muda ini, memang dikenal karena terbilang ahli dan specialist di teknik kepramukaan, seperti pioneering, simpul, sandi morse, panorama, kompas, peta pita dan teknik lainnya.

Meski popular dengan panggilan Kak Akmal Okeu, nama lengkapnya adalah Akmal Muhammad Ersad S Pd.

Lelaki kelahiran 1987 itu, merupakan anak bungsu dari 3 bersaudara pasangan Udin Komaludin dan Acih Sumiarsih.

Udin Komaludin, merupakan salah satu sesepuh kepramukaan kenamaan di Kuningan yang berasal dari Desa Subang.

Okeu, saat ini tinggal di Perumahan Alam Asri Jalan Lamtoro Blok C15 Desa Gereba Kecamatan Kramatmulya.

Suami dari Reni Angryani ini, baru saja menyelesaikan jenjang pendidikan pelatih di kepramuka-an, Kursus Pelatih Lanjutan (KPL) di Buper kwarda Kiarapayung Jatinangor beberapa waktu lalu.

Sebelum KPL, Okeu terlebih dahulu ikut Kursus Pelatih Dasar (KPD) tahun 2014.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Pada kuninganmass.com, dirinya mengaku sudah diperkenalkan kepramukaan sejak SD. Kala itu, meski masih sekolah dasar, dirinya sudah sering diajak camping.

“Pramuka mengajarkan semua tentang kreatifitas tanpa batas. Bisa kenal dengan orang-orang hebat. Dan menambah saudara,” akunya kenapa akhirnya tertarik ke kepramukaan, beberapa waktu lalu.

Adik dari Adam Muhammad Mikraz dan Muhammad Ismail ini, tercatat sebagai anggota siaga sejak tahun 1995.

Pada 2001, Okeu juga termasuk peserta Jambore Nasional Baturraden Purwokerto, Jawa Tengah.

Okeu, juga tercatat sebagai anggota Penggalang dan Penggalang Garuda di tahun 2002. Dan menjadi aggota Penegak di tahun 2004.

Jalan kepramukaanya dilanjutkan sebagai pembina pramuka mulai 2007. Okeu mulai menjadi pembina pramuka di SMP N 1 Subang.

Setahun berselang, Okeu juga segera mengikuti jenjang dasar formal menjadi pembina pramuka dengan Kursus Mahir Dasar (KMD) 2008.

Setahun berikutnya, Okeu juga mengikuti Kursus Mahir Lanjutan (KML) 2009.

Karirnya di kepramukaan terbilang sangat baik dengan menghantarkan peserta didiknya hingga Lt 3 (Kwarcab) dan Lt 4 Kwarda Jawa Barat, masing-masing tiga kali.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Kak Okeu juga menghantarkan anak didiknya sampai Jambore Nasional pada tahun 2016 lalu.

Bukan hanya membina satu pangkalan, Okeu, sempat membina anggota penggalang pramuka di beberapa pangkalan seperti di SMPN 2 Kuningan selama 6 tahun, lalu di SMPN 2 Ciawigebang 2 tahun.

Tapi, terhitung sejak tahun 2007 hingga saat ini, Okeu adalah Pembina Pramuka di SMP N 1 Subang.

Ayah dari Athafariz Radeya Ersad ini mengaku, tidak ada yang lebih mengesankan saat membina kegiatan pramuka.

Selain berhasil menghantar kan adik-adik pramukanya, mendapat prestasi tinggi di Pramuka. Seperti yang sudah disebutkan tadi, lomba tingkat 3 dan 4 (Lt 3 & Lt 4).

“Terimakasih sudah mengenalkan Pramuka kepada saya. Karena pramuka mengajarkan segalanya. Pramuka adalah miniatur kehidupan. Jadi gak ada salah nya ikut Pramuka, yang gak suka pramuka biasanya belum kenal Pramuka yang sesungguhnya,” pesannya.

Selain melatih pramuka, Okeu juga menyediakan peralatan dan perlengkapan Pramuka Perlengkapannya, akan diantar se-wilayah Kuningan dengan cara memesan via 085220914132 melalui WhatsApp. (eki)

Advertisement. Scroll to continue reading.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

PD

PKB

Advertisement
Advertisement

Bank Kuningan

Advertisement

You May Also Like

Business

CILIMUS (MASS) – Pada Jumat (6/5/2022) malam kemarin, Coffee and Resto Saung Tengah Sawah di Desa Linggaindah Kecamayan Cilimus, resmi di-launching secara resmi. Kedai...

Incident

KUNINGAN (MASS) – Kecelakaan laka lantas di Jalan Baru Lingkar Timur yang melibatkan dua kendaraan, tidak memakan korban jiwa. Hal itu dipastikan Kapolres Kuningan...

Religious

KUNINGAN (MASS) – Keluarga Alumni Pondok Pesantren Al-Mutawally (KAPPA), menggelar halal bi halal dengan tema “Membangun Ukhuwah Makhluqiyah, Memperkuat Soliditas, Mengasah Solidaritas Alumni” pada...

Religious

MALEBER (MASS) – Sebanyak 285 anak yatim dan dhuafa, mendapatkan santunan dari Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Hikmatul Islam Desa/Kecamatan Meleber, Sabtu (23/4/2022) kemarin. DKM,...

Advertisement