Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Netizen Mass

Masalah Ekonomi Modern

KUNINGAN (MASS) – Terbatasnya bahan baku untuk melakukan suatu proses produksi. Keterbatasan sumber daya itu disebabkan karena adanya kebutuhan manusia yang semakin beragam dan cenderung sulit dikendalikan. Dengan semakin rumitnya kebutuhan dalam masyarakat, maka bisa menimbulkan masalah ekonomi dan ketergantungan sosial.

Permasalahan ekonomi di era modern semakin kompleks dan meningkat. Salah satu faktor yang memengaruhinya adalah perkembangan teknologi.

Merujuk pada isu-isu ekonomi yang relevan dalam konteks zaman sekarang. mencakup berbagai aspek seperti ketidaksetaraan pendapatan, pengangguran, inflasi, pertumbuhan ekonomi, lingkungan, dan teknologi. Di dalam era globalisasi dan teknologi informasi, masalah ekonomi modern juga sering kali memiliki dampak yang kompleks.

Semua usaha tersebut pada dasarnya bermuara pada usaha manusia. masalah ekonomi dihadapi oleh negara maju maupun negara berkembang. Negara maju berusaha mempertahankan kemajuan ekonomi yang dicapai dan meningkatkan mutu konsumsi agar masyarakat semakin sejahtera.

Sementara, negara berkembang berusaha mengatasi masalah ekonomi seperti bagaimana meningkatkan pendapatan, meningkatkan kesejahteraan penduduk yang masih miskin, mengatasi pengangguran, dan sebagainya.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Sejarah munculnya ekonomi modern juga menjadi suatu Perkembangan ekonomi modern dimulai sejak Revolusi Industri pada abad ke-18 di Inggris. Perkembangan teknologi, seperti mesin uap dan peralatan lainnya, memicu pertumbuhan ekonomi yang pesat. Seiring waktu, ekonomi modern berkembang dan mempengaruhi dunia secara global. Peningkatan teknologi menjadi salah satu faktor kunci dalam munculnya ekonomi modern. Inovasi-inovasi teknologi mempercepat produksi, meningkatkan efisiensi, dan membuka peluang baru dalam perdagangan internasional.

Pada lingkup negara, masalah ekonomi dihadapi oleh negara maju maupun negara berkembang. Negara maju berusaha mempertahankan kemajuan ekonomi yang dicapai dan meningkatkan mutu konsumsi agar masyarakat semakin sejahtera. Sementara, negara berkembang berusaha mengatasi masalah ekonomi seperti bagaimana meningkatkan pendapatan per kapita, meningkatkan kesejahteraan penduduk yang masih terjerat kemiskinan, mengatasi pengangguran, dan sebagainya. Semua usaha tersebut pada dasarnya bermuara pada usaha manusia dalam memenuhi kebutuhan manusia yang tidak terbatas, sedangkan barang dan jasa yang dibutuhkan jumlahnya terbatas.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa masalah ekonomi muncul ketika kebutuhan manusia tidak terbatas, sedangkan ketersediaan sumber daya yang diperlukan sifatnya terbatas.

Teori pertumbuhan ekonomi modern menjelaskan bagaimana suatu perekonomian dapat tumbuh secara berkelanjutan.Dengan itu pertumbuhan ekonomi memiliki beberapa faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi yaitu sebagai berikut:

  1. Investasi dalam sumber daya manusia: Meningkatkan kualitas pendidikan, pelatihan, dan keterampilan tenaga kerja dapat mendorong pertumbuhan ekonomi.
  2. Peningkatan modal: Investasi dalam pembangunan infrastruktur dan peralatan produksi yang modern dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi.
  3. Inovasi teknologi: Pengembangan dan penerapan teknologi baru dapat memicu pertumbuhan ekonomi dengan cara meningkatkan efisiensi dan menciptakan peluang baru.
  4. Peningkatan efisiensi: Memperoleh cara yang lebih efisien dalam menggunakan sumber daya akan membantu meningkatkan produktivitas dan mengurangi biaya produksi.

Akibat dari adanya masalah ekonomi modern juga mencakup beberapa aspek diantaranya:

  1. Ketimpangan : Suatu masalah pokok yang sering terjadi pada masa modern ini,beberapa manusia hidup dengan penghasilan besar sedangkan sebagian juga masih ada yang hidup dengan serba terbatas.
  2. Pengangguran : Suatu hal yang signifikan di dalam ekonomi modern ini.Tingkat pengangguran di era ini mengakibatkan penurunan produksi serta berdampak negatif bagi kehidupan pribadi dan masyarakat.
  3. Ketahanan Energi : Manusia ketergantungan pada sumber daya energi yang sering kali terbatas seperti minyak,gas yang sekarang masih menjadi masalah ekonomi modern.Keterbatasan dalam hal ini dapat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi.

Solusi atas masalah ekonomi modern ini juga tentu harus benar benar dengan caranya yaitu tentang apa yang di produksi,bagaimana cara memproduksi,dan untuk siapa di produksi.

  1. Apa yang di produksi? Sebelum memasarkan produsen harus tau jelas produk apa yang akan di produksi sesuai keinginan dan kebutuhan masyarakat agar tepat sasaran dan cepat terjual.
  2. Bagaimana cara memproduksi? Jadi,setelah produsen menentukan barang apa saja yang akan di produksi selanjutnya mereka akan memikirkan bagaimana caranya memproduksi barang barang secara efektif.
  3. Untuk siapa diproduksi? Sebab ini produsen harus lebih tau untuk siapa barang itu dijual dan juga tau bagaimana karakteristik konsumen.

Menurut Arthur Cecil Pigou merupakan seorang ekonomi Inggris yang lahir pada tanggal 18 November 1877. Ia merupakan seorang guru dan pembina School of Economics di University of Cambridge. Dia melatih dan mempengaruhi banyak ekonom Cambridge yang kemudian mengambil peranan penting dalam perkembangan ekonomi dunia.

Ia mengatakan bahwa eksternalitas negatif atau biaya yang dikenakan harus diimbangi dengan pajak. Sementara itu, eksternalitas positif harus diimbangi dengan subsidi. Pada awal tahun 1960-an, analisisnya mendapatkan kritik dari Ronald Coase yang mengatakan bahwa pajak dan subsidi tidak diperlukan jika mitra dalam transaksi dapat melakukan tawar menawar atas transaksi tersebut. Salah satu aspek yang luput dari karya Pigou adalah analisisnya mengenai serangkaian fenomena pasar tenaga kerja. Hal inilah yang kemudian dipelajari oleh para ekonom setelahnya termasuk masalah perundingan bersama, kekakuan upah, pasar tenaga kerja internal, pasar tenaga kerja tersegmentasi dan modal manusia.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Menurut pandangan saya mengenai masalah ekonomi modern ini adalah bahwa ekonomi saat ini dihadapkan pada berbagai tantangan yang kompleks. Globalisasi, teknologi, ketidaksetaraan pendapatan, dan isu lingkungan semuanya memengaruhi dinamika ekonomi. Penting untuk mencari solusi yang seimbang, mempromosikan inklusi sosial, dan berkelanjutan untuk menciptakan masyarakat yang lebih adil dan stabil. Dalam konteks ini, peran pemerintah, sektor swasta, dan masyarakat sipil sangat penting dalam membentuk masa depan ekonomi yang lebih baik.

Kesimpulannya, masalah ekonomi modern yakni  dapat beragam tergantung pada konteks dan sudut pandangnya. Globalisasi ekonomi memiliki dampak yang signifikan terhadap perekonomian dunia, dengan meningkatnya perdagangan internasional dan interkoneksi antar negara.Dan ketimpangan ekonomi merupakan masalah serius, di mana sebagian kecil populasi memiliki sebagian besar kekayaan, sementara sebagian besar penduduk menghadapi kesulitan ekonomi.

Dan saran saya tentang masalah ekonomi modern yang dapat mengatasi beberapa masalah ekonomi modern yaitu:

  1. Kebijakan redistribusi: Pemerintah dapat mengadopsi kebijakan yang mengurangi ketidaksetaraan ekonomi, seperti pajak progresif, bantuan sosial, dan kebijakan upah minimum yang layak.
  2. Pendidikan dan Pelatihan: Investasi dalam pendidikan dan pelatihan yang relevan dengan pasar kerja modern dapat membantu mengurangi pengangguran struktural dan meningkatkan keterampilan pekerja.
  3. Konservasi Lingkungan: Upaya untuk mengurangi dampak lingkungan perlu diprioritaskan, seperti mendorong energi terbarukan dan mengadopsi teknologi yang ramah lingkungan.

Penulis : Fika Wulan Safitri, Mahasiswi IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Politics

KUNINGAN (MASS) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kuningan menetapkan 1.926 TPS untuk penyelenggaraan Pemilihan Gubernur – Wakil Gubernur dan Bupati – Wakil Bupati...

Economics

KUNINGAN (MASS) – Jelang hari raya Idul Adha yang tinggal beberapa hari lagi ini, Kamis (13/6/2024), harga komoditas pangan terpantau merangkak naik serempak. Kenaikan...

Government

KUNINGAN (MASS) – Dinas Perhubungan Kabupaten Kuningan melelang kerjasama pengelolaan parkir untuk menjadi mitra Kerjasama Oprasional (KSO) mengelola Puspa Siliwangi yang bertempat di Jalan...

Netizen Mass

KUNINGAN (MASS) – Pada 7 Mei 2024, mahasiswi Program Studi PGSD STKIP Muhammadiyyah Kuningan telah  melakukan observasi dan wawancara dengan salah satu petani mengenai...

Economics

KUNINGAN (MASS) – Mulai dari wifi gratis sampai program pelayanan kependudukan di Puspa Siliwangi, jadi poin-poin yang disebut Penanggung Jawab Penataan Kota, H Deden...

Politics

KUNINGAN (MASS) – DPD PKS Kuningan terus melakukan penjajakan partai untuk koalisi di Pilkada 2024. PKS yang mengusung sosok Dr Alfan Syafii sebagai bakal...

Incident

KUNINGAN (MASS) – Sebuah insiden saat bekerja terjadi di Desa Sindangbarang Kecamatan Jalaksana, Selasa (11/6/2024) kemarin sekitar pukul 15.50 WIB sore. Dimana, seorang warga...

Education

KUNINGAN (MASS) – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kuningan U Kusmana M Si, mengaku turut bangga atas prestasi Dona Aprilia, siswi kelas 4...

Education

YOGJAKARTA (MASS) – Kegiatan Obrolan Mahasiswa Jogja Kuningan (OMJOK) yang biasa diselenggarakan oleh IPMK (Ikatan Pelajar Mahasiswa Kuningan) Yogyakarta dianggap punya kontribusi dalam mendorong...

Government

KUNINGAN (MASS) – Jelang Pilkada serentak pada November 2024 mendatang, Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan menggelar pembacaan ikrar netralitas ASN dan penandatanganan pakta integritas. Ikrar...

Anything

KUNINGAN (MASS) – Kebijakan ticketing masuk ke Stadion Mashud Wisnusaputra sebesar Rp 5000,-/orang yang diambil oleh Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Kuningan, menuai...

Politics

KUNINGAN (MASS) – Bermunculannya Bakal Calon Bupati dalam rangka kandidasi Pilkada yang akan digelar pada November 2024 mendatang, membuat banyak pihak penasaran, sebenarnya sejauh...

Business

KUNINGAN (MASS) – Artugo, merek peranti rumah tangga dan produk penunjang usaha asli tanah air dengan produk iconic chest freezerwarna-warni serta berbagai produk rumah...

Incident

KUNINGAN (MASS) – Sebelum insiden Zam-zam Pool, insiden kebakaran juga terjadi di Desa Bendungan Kecamatan Lebakwangi, Minggu (9/6/ 2024) kemarin siang. Kebakaran terjadi pada...

Economics

KUNINGAN (MASS) – Sepekan menjelang Hari Raya Idul Adha, harga sebagian bahan pasaran mengalami kenaikan, Senin (10/6/2024). Terpantau, jenis cabe rawit mengalami kenaikan harga...

Incident

KUNINGAN (MASS) – Objek wisata Zam-zam Pool yang ada di Manislor – Jalaksana, kebakaran dini hari tadi, Senin (10/6/2024) sekitar pukul 03.25 WIB. Area...

Politics

KUNINGAN (MASS) – Bakal Calon Gubernur Jawa Barat dari PAN, Bima Arya Sugiarto, datang ke Kuningan Minggu (9/6/2024) ini. Mantan Walikota Bogor itu, berkunjung...

Politics

KUNINGAN (MASS) – Ratusan massa pengurus DPC, ranting dan struktur DPD serta simpatisan dan relawan PKS se-Kabupaten Kuningan, dengan dihadiri perwakilan pengurus DPW, menunjukkan...

Headline

CIMAHI (MASS) – Warga Kecamatan Cimahi tepatnya Desa Kananga dan Cimahi dibuat geger dengan adanya penemuan mayat mengambang di anak sungai, Minggu (9/6/2024) pagi....

Headline

KUNINGAN (MASS) – Warga Kuningan terutama yang biasa berolahraga atau sekedar bermain di sekitar Stadion Mashud Wisnusaputra Kuningan, dikejutkan dengan papan pengumuman pembayaran masuk...

Anything

KUNINGAN (MASS) – Pondok Pesantren Terpadu Al-Multazam kembali mengelar Aksi Solidaritas Pesantren untuk Palestina, Jumat (7/6/2024). Kegiatan yang diikuti oleh santri SMAIT dan SMPIT...

Incident

KUNINGAN (MASS) – Kasat Lantas Polres Kuningan AKP Sigit Suhartanto melalui Kanit Gakkum IPTU Sri Martini menjelaskan kronologi kecelakaan yang dialami Ketua PGRI Kecamatan...

Anything

KUNINGAN (MASS) – Hadir memenuhi kebutuhan warga, Ayo Suruh, berdiri di Kuningan sebagai platform yang bisa menolong banyak hal. Layanan yang diberikan Ayo Suruh,...

Education

KUNINGAN (MASS) – Ketua PGRI Kabupaten Kuningan H Pipin Arifin Mansur menyampaikan duka mendalam atas meningalnya Undang M Pd, Ketua PGRI Kecamatan Lebakwangi yang...

Headline

KUNINGAN (MASS) –Kabar duka datang dari dunia pendidikan Kuningan. Pasalnya, korban kecelakaan di depan POM Bensin Desa Cirahayu Kecamatan Luragung Jumat (7/6/2024) sore, ternyata...

Incident

KUNINGAN (MASS) – Sebuah kecelakaan lalu litas terjadi di Jalan Raya Kuningan – Luragung, tepatnya Desa Cirahayu Kecamatan Luragug, Jumat (7/6/2024) sore ini. Akibat...

Business

KUNINGAN (MASS) – Masa pensiun adalah perubahan besar dalam hidup seseorang. Ketika tiba saatnya untuk menggantungkan seragam kerja dan melangkah ke fase berikutnya, ada...

Headline

KUNINGAN (MASS) – Kabar duka menyelimuti warga Desa Jagara Kecamatan Darma. Pasalnya, salah satu tokoh setempat, mantan kades, ditemukan meninggal pada Kamis (6/6/2024) malam....

Advertisement