Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Netizen Mass

Masalah Ekonomi Modern

KUNINGAN (MASS) – Terbatasnya bahan baku untuk melakukan suatu proses produksi. Keterbatasan sumber daya itu disebabkan karena adanya kebutuhan manusia yang semakin beragam dan cenderung sulit dikendalikan. Dengan semakin rumitnya kebutuhan dalam masyarakat, maka bisa menimbulkan masalah ekonomi dan ketergantungan sosial.

Permasalahan ekonomi di era modern semakin kompleks dan meningkat. Salah satu faktor yang memengaruhinya adalah perkembangan teknologi.

Merujuk pada isu-isu ekonomi yang relevan dalam konteks zaman sekarang. mencakup berbagai aspek seperti ketidaksetaraan pendapatan, pengangguran, inflasi, pertumbuhan ekonomi, lingkungan, dan teknologi. Di dalam era globalisasi dan teknologi informasi, masalah ekonomi modern juga sering kali memiliki dampak yang kompleks.

Semua usaha tersebut pada dasarnya bermuara pada usaha manusia. masalah ekonomi dihadapi oleh negara maju maupun negara berkembang. Negara maju berusaha mempertahankan kemajuan ekonomi yang dicapai dan meningkatkan mutu konsumsi agar masyarakat semakin sejahtera.

Sementara, negara berkembang berusaha mengatasi masalah ekonomi seperti bagaimana meningkatkan pendapatan, meningkatkan kesejahteraan penduduk yang masih miskin, mengatasi pengangguran, dan sebagainya.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Sejarah munculnya ekonomi modern juga menjadi suatu Perkembangan ekonomi modern dimulai sejak Revolusi Industri pada abad ke-18 di Inggris. Perkembangan teknologi, seperti mesin uap dan peralatan lainnya, memicu pertumbuhan ekonomi yang pesat. Seiring waktu, ekonomi modern berkembang dan mempengaruhi dunia secara global. Peningkatan teknologi menjadi salah satu faktor kunci dalam munculnya ekonomi modern. Inovasi-inovasi teknologi mempercepat produksi, meningkatkan efisiensi, dan membuka peluang baru dalam perdagangan internasional.

Pada lingkup negara, masalah ekonomi dihadapi oleh negara maju maupun negara berkembang. Negara maju berusaha mempertahankan kemajuan ekonomi yang dicapai dan meningkatkan mutu konsumsi agar masyarakat semakin sejahtera. Sementara, negara berkembang berusaha mengatasi masalah ekonomi seperti bagaimana meningkatkan pendapatan per kapita, meningkatkan kesejahteraan penduduk yang masih terjerat kemiskinan, mengatasi pengangguran, dan sebagainya. Semua usaha tersebut pada dasarnya bermuara pada usaha manusia dalam memenuhi kebutuhan manusia yang tidak terbatas, sedangkan barang dan jasa yang dibutuhkan jumlahnya terbatas.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa masalah ekonomi muncul ketika kebutuhan manusia tidak terbatas, sedangkan ketersediaan sumber daya yang diperlukan sifatnya terbatas.

Teori pertumbuhan ekonomi modern menjelaskan bagaimana suatu perekonomian dapat tumbuh secara berkelanjutan.Dengan itu pertumbuhan ekonomi memiliki beberapa faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi yaitu sebagai berikut:

  1. Investasi dalam sumber daya manusia: Meningkatkan kualitas pendidikan, pelatihan, dan keterampilan tenaga kerja dapat mendorong pertumbuhan ekonomi.
  2. Peningkatan modal: Investasi dalam pembangunan infrastruktur dan peralatan produksi yang modern dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi.
  3. Inovasi teknologi: Pengembangan dan penerapan teknologi baru dapat memicu pertumbuhan ekonomi dengan cara meningkatkan efisiensi dan menciptakan peluang baru.
  4. Peningkatan efisiensi: Memperoleh cara yang lebih efisien dalam menggunakan sumber daya akan membantu meningkatkan produktivitas dan mengurangi biaya produksi.

Akibat dari adanya masalah ekonomi modern juga mencakup beberapa aspek diantaranya:

  1. Ketimpangan : Suatu masalah pokok yang sering terjadi pada masa modern ini,beberapa manusia hidup dengan penghasilan besar sedangkan sebagian juga masih ada yang hidup dengan serba terbatas.
  2. Pengangguran : Suatu hal yang signifikan di dalam ekonomi modern ini.Tingkat pengangguran di era ini mengakibatkan penurunan produksi serta berdampak negatif bagi kehidupan pribadi dan masyarakat.
  3. Ketahanan Energi : Manusia ketergantungan pada sumber daya energi yang sering kali terbatas seperti minyak,gas yang sekarang masih menjadi masalah ekonomi modern.Keterbatasan dalam hal ini dapat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi.

Solusi atas masalah ekonomi modern ini juga tentu harus benar benar dengan caranya yaitu tentang apa yang di produksi,bagaimana cara memproduksi,dan untuk siapa di produksi.

  1. Apa yang di produksi? Sebelum memasarkan produsen harus tau jelas produk apa yang akan di produksi sesuai keinginan dan kebutuhan masyarakat agar tepat sasaran dan cepat terjual.
  2. Bagaimana cara memproduksi? Jadi,setelah produsen menentukan barang apa saja yang akan di produksi selanjutnya mereka akan memikirkan bagaimana caranya memproduksi barang barang secara efektif.
  3. Untuk siapa diproduksi? Sebab ini produsen harus lebih tau untuk siapa barang itu dijual dan juga tau bagaimana karakteristik konsumen.

Menurut Arthur Cecil Pigou merupakan seorang ekonomi Inggris yang lahir pada tanggal 18 November 1877. Ia merupakan seorang guru dan pembina School of Economics di University of Cambridge. Dia melatih dan mempengaruhi banyak ekonom Cambridge yang kemudian mengambil peranan penting dalam perkembangan ekonomi dunia.

Ia mengatakan bahwa eksternalitas negatif atau biaya yang dikenakan harus diimbangi dengan pajak. Sementara itu, eksternalitas positif harus diimbangi dengan subsidi. Pada awal tahun 1960-an, analisisnya mendapatkan kritik dari Ronald Coase yang mengatakan bahwa pajak dan subsidi tidak diperlukan jika mitra dalam transaksi dapat melakukan tawar menawar atas transaksi tersebut. Salah satu aspek yang luput dari karya Pigou adalah analisisnya mengenai serangkaian fenomena pasar tenaga kerja. Hal inilah yang kemudian dipelajari oleh para ekonom setelahnya termasuk masalah perundingan bersama, kekakuan upah, pasar tenaga kerja internal, pasar tenaga kerja tersegmentasi dan modal manusia.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Menurut pandangan saya mengenai masalah ekonomi modern ini adalah bahwa ekonomi saat ini dihadapkan pada berbagai tantangan yang kompleks. Globalisasi, teknologi, ketidaksetaraan pendapatan, dan isu lingkungan semuanya memengaruhi dinamika ekonomi. Penting untuk mencari solusi yang seimbang, mempromosikan inklusi sosial, dan berkelanjutan untuk menciptakan masyarakat yang lebih adil dan stabil. Dalam konteks ini, peran pemerintah, sektor swasta, dan masyarakat sipil sangat penting dalam membentuk masa depan ekonomi yang lebih baik.

Kesimpulannya, masalah ekonomi modern yakni  dapat beragam tergantung pada konteks dan sudut pandangnya. Globalisasi ekonomi memiliki dampak yang signifikan terhadap perekonomian dunia, dengan meningkatnya perdagangan internasional dan interkoneksi antar negara.Dan ketimpangan ekonomi merupakan masalah serius, di mana sebagian kecil populasi memiliki sebagian besar kekayaan, sementara sebagian besar penduduk menghadapi kesulitan ekonomi.

Dan saran saya tentang masalah ekonomi modern yang dapat mengatasi beberapa masalah ekonomi modern yaitu:

  1. Kebijakan redistribusi: Pemerintah dapat mengadopsi kebijakan yang mengurangi ketidaksetaraan ekonomi, seperti pajak progresif, bantuan sosial, dan kebijakan upah minimum yang layak.
  2. Pendidikan dan Pelatihan: Investasi dalam pendidikan dan pelatihan yang relevan dengan pasar kerja modern dapat membantu mengurangi pengangguran struktural dan meningkatkan keterampilan pekerja.
  3. Konservasi Lingkungan: Upaya untuk mengurangi dampak lingkungan perlu diprioritaskan, seperti mendorong energi terbarukan dan mengadopsi teknologi yang ramah lingkungan.

Penulis : Fika Wulan Safitri, Mahasiswi IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

You May Also Like

Headline

KUNINGAN (MASS) – Aksi dugaan money politic yang viral menyebar via sosial media dari Desa Kadatuan Kecamatan Garawangi beberapa waktu lalu, ternyata prosesnya sudah...

Education

KUNINGAN (MASS) – Anak-anak dan guru serta civitas SDN 1 Situgede Kecamatan Subang, bisa lebih berbangga setelah sekolahnya, dipilih untuk menerima CSR dari salah...

Government

KUNINGAN (MASS) – Kabupaten Kuningan bakal punya Bupati anyar. Pasalnya, setelah dipimpin Pj, Kuningan termasuk salah satu wilayah yang menggelar pemilihan Pilkada pada akhir...

Politics

KUNINGAN (MASS) – Sejumlah prediksi anggota DPRD Kabupaten Kuningan yang akan lolos di Dapil 1 Kuningan’ tetap menempatkan PDIP sebagai partai pemenang. Di Dapil...

Politics

KUNINGAN (MASS) – Pasca rampungnya pencoblosan dan kini berlangsungnya perhitungan suara, berkembang isu jual beli suara hasil Pemilu 2024. Hal itu, jadi sorotan serius...

Tourism

KUNINGAN (MASS) – Rencana Festival Durian yang akan digelar Pemkab Kuningan di Desa Wisata Cibuntu Kecamatan Mandirancan, ternyata tidak akan digelar se-mewah yang diharapkan....

Headline

KUNINGAN (MASS) – Innalillahi wa inna ilaihi rojiun. Insiden menggegegerkan terjadi di Desa Cipondok Kecamatan Kadugede, Selasa (20/2/2024) siang ini. Dimana, seorang warga Dusun...

Headline

KUNINGAN (MASS) – Bawaslu Kabupaten Kuningan memberikan rekomendasi pada KPU, untuk melalukan pleno penghitungan suara ulang di tingkat Kecamatan Cibeureum. Hal itu, tertuang dalam...

Headline

KUNINGAN (MASS) – Korban penumpang motor dalam kecelakaan di Kertawirama Kecamatan Nusaherang, pada Minggu (18/6/2024) malam, ternyata sepasang kekasih yang dikabarkan sudah serius menuju...

Politics

KUNINGAN (MASS) – Hasil penghitungan suara sementara yang dirilis KPU RI melalui lama resminya, menunjukkan bahwa persaingan untuk DPR RI Dapil Jabar X masih...

Politics

KUNINGAN (MASS) – Caleg Partai Gerindra untuk DPRD Kabupaten Kuningan di Dapil 5, Dr H Agus Sugiono SE MM, mengkalim bahwa pihaknya berhasil mendulang...

Headline

KUNINGAN (MASS) – Innalillahi wa innailaihi rojiun. Kabar duka kembali datang dari yang bertugas di TPS, setelah sebelumnya ad petugas KPPS yang keguguran dan...

Headline

KUNINGAN (MASS) – Innalillahi wa inna ilaihi rojiun. Kabar duka kembali datang dari petugas KPPS. Kali ini, kabar tersebut datang dari TPS 16 Kelurahan...

Headline

KUNINGAN (MASS) – Ketua KPU Kabupaten Kuningan Asep Budi Hartono atau yang dikenal sebagai Abuhar, mengatakan pihaknya terus menginventarisir apa yang terjadi pada penyelenggara...

Incident

KUNINGAN (MASS) – Kecelakaan Ketua KPU Kuningan Asep Budi Hartono atau yang akrab disapa Abuhar pada awal bulan Februari 2024 di depan RSUD 45...

Politics

KUNINGAN (MASS) – Hasil perhitungan sementara KPU RI, menunjukkan keunggulan pasangan AMIN di kota kelahiran Anies Baswedan, Kuningan. Namun, keunggulan secara nasional, masih dipimpin...

Economics

KUNINGAN (MASS) – Tepat sehari pasca Pemilu, Kamis (15/2/2024) ini, harga telur di pasaran kembali mengalami kenaikan harga. Dari Rp 27,5ribu/kg, kini mencapai Rp...

Politics

KUNINGAN (MASS) – Pada Pemilu 2019 lalu, banyak penyelenggara terutama KPPS, sakit bahkan sampai meninggal dunia karena kelelahan pasca bertugas siang malam tanpa jeda....

Headline

KUNINGAN (MASS) – Pasca viralnya video serangan fajar dengan uang dan stiker dj Desa Kadatuan Kecamatan Garawangi, Selasa (13/2/2024) malam, Bawaslu Kuningan angkat bicara....

Politics

KUNINGAN (MASS) – Pada Pemilu yang akan digelar pada Rabu (14/2/2024) besok, Pj Bupati Kuningan Dr Drs Raden Iip Hidayat tidak pulang ke Bandung...

Politics

KUNINGAN (MASS) – Tepat sebelum hari pencoblosan, Selasa (13/2/2023) malam,KPU Kuningan melakukan pemusnahan ribuan lembar surat suara berlebih. Pemusnahan surat suara, dilakukan KPU Kuningan...

Politics

KUNINGAN (MASS) – Sebanyak 510 siswa dari kelas X dan XI SMK Auto Matsuda, menerima KTP pada Selasa (13/2/2024) dari Pemkab Kuningan melalui Dinas...

Government

KUNINGAN (MASS) – Kepala Dinas PUTR Kabupaten Kuningan Ir I Putu Bagiasna MT menyebut bakal ada lift yang dibangun di Kantor anyar Bupati di...

Economics

KUNINGAN (MASS) – Di masa tenang jelang hari Pemilu, harga beras per hari ini, Senin (12/2/2024) masih tinggi. Bukan hanya itu, harga cabe keiting...

Economics

KUNINGAN (MASS) – Sempat direvitalisasi sejak Juli 2023 lalu, Pasar Rakyat Darma akhirnya bisa kembali digunakan. Pedagang dan pembeli, kembali bisa beraktivitas di Pasar...

Politics

KUNINGAN (MASS) – Bawaslu Kuningan menyebut ada 7.148 surat suara yang rusak untuk pemilih di Kabupaten Kuningan. Hal itu, diungkapkan Ketua Bawaslu Firman, Jumat...

Politics

KUNINGAN (MASS) – Salah satu relawan pemenangan Capres-cawapres Ganjar Pranowo – Mahfud MD, Jaman (Jaringan Kemandirian Nasional) Kabupaten Kuningan menggelar Bazar Sembako tebus murah...

Headline

KUNINGAN (MASS) – Bappilu Partai Gerindra Jabar dan DPC Partai Gerindra Kuningan baru saja menggelar Sholawat Akbar dan doa bersama bertajuk “Sholawat Akbar Menuju...

Advertisement