Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Tourism

Mandi Lebih dari 15 menit, Nyawa Bisa Melayang

KUNINGAN (MASS) – Banyaknya pariwisata yang terdapat di Kabupaten Kuningan, tak heran jika Kuningan terkenal dengan sebutan Kabupaten Pariwisata. Hampir disetiap kecamatannya memiliki wisata tersendiri dengan keunikan dan keistimewaan yang berbeda-beda tentunya.

Salah satunya wisata pemandian cipanas yang terdapat di Desa Ciangir Kecamatan Cibingbin ini dengan julukannya yakni Wisata Pengobatan. Sesuai dengan julukannya, di tempat ini disediakan fasilitas pengobatan untuk berbagai penyakit, diantaranya air panas dan pengobatan bekam.

“Insyaallah keduanya ini berkhasiat dalam mengobati berbagai penyakit diantaranya penyakit kulit, pegal-pegal, gatal-gatal, asam urat, rematik dan struk,” ujar Tia Sutiah pengelola wisata, Minggu (19/8/2018).

Tia mengatakan air panas yang terdapat di pemandian ini memiliki kandungan blerang paling tinggi yang baik bagi kesehatan tubuh, bahkan sering juga dilakukan penelitian di tempat tersebut.

“Dengan dijadikannya wisata. Hal ini merupakan sebuah langkah untuk memanfaatkan air panas dan menjaga kebersihan serta keutuhan sumber mata air ini, karena andai tidak dikelola dengan baik sungguh sangat disayangkan,” tambahnya.

Kendati demikian, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh para wisatawan yang hendak mandi di pemandian ini, yakni hanya mandi 15 menit kebawah. Sebab, kandungan blerang yang tinggi akan berdampak buruk bagi kesehatan.

“Sebab pernah terjadi 2 wisatawan yang meninggal karena kandungan blerangnya masuk menembus jantung si korban,” ujarnya.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Namun, para wisatawan tak perlu risau dan khawatir, sebab, kini wisata pemandian cipanas dikelola dengan baik, terlebih untuk pengobatan bekam yang sudah bersertifikat. (argi)

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Bank Kuningan

You May Also Like

Education

KUNINGAN (MASS) – Baru-baru ini, salah satu kelompok mahasiswa KKN (Kuliah Kerja Nyata) menggelar kegiatan penyuluhan peduli lingkungan hidup dan pengarahan tentang pembuatan bank...

Education

CIBINGBIN (MASS) – Guna menangkal bahaya hoax, mahasiswa KKN Unisa di Desa Ciangir Kecamatan Cibingbin mengadakan sosialisasi menyangkut medsos dan pelatihan jurnalistik. Kegiatan itu...

Business

KUNINGAN (MASS) – Seorang Pemuda yang berasal dari Desa Ciangir Kecamatan Cibingbin Kabupaten Kuningan ini, merupakan salah satu diantara para pemuda lainnya yang mendapatkan...

Culinary

KUNINGAN (MASS) – Seiring berjalannya waktu, kini makanan-makanan khas tradisional susah dicari. Hal ini, karena tertelan oleh masa. Memang tak bisa dipungkiri lagi untuk...

Advertisement