Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Education

Mahasiswa Belajar Pembuatan Gula Aren

GRABAG (MASS) – Mahasiswa KKN Mandiri Inisiatif Terprogram ke-11 UIN Walisongo Semarang Kelompok 72 Mengadakan kegiatan Kunjungan UMKM pembuatan gula aren di Dusun Tukbugel, Desa Ngrancah, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Kegiatan tersebut, dilakukan pada Minggu (22/1/2021) lalu pagi hari ke usaha milik Ibu Wasih.

Salah satu mahasiswa KKN, Hawa menjelaskan dengan sangat terperinci apa saja yang didapatnya dari kunjungan tersebut.

Gula aren, dibuat dari bunga aren yang dipukul-pukul kemudian didiamkan semalaman sampai getah/air menetes ke bambu yang disebut lodong. Setelah penuh, diambil keesokan harinya.

Usaha gula aren sendiri merupakan usaha yang audah dilakukan turun temurun dari nenek moyang. Hal itu selaras dengan pengakuan Wasih sebagai pemilik usaha.

“Usaha ini sudah ada sejak dulu, dari nenek moyang kita sampe sekarang turun ke anak, cucu jadi sudah lama sekali,” sebut Hawa meniru ucapan Wasih.

Dirinya melanjutkan, pembuatan gula dimulai dari menyaring air aren sebelum masak agar serat-serat yang ada di dalamnya tidak terbawa.

Air aren, kemudian dimasukan ke dalam wajan dengan api yang menyala dan dimasak kurang lebih sampai 4 jam, dimana tekaturnya sudah mengental.

Proses pencetakan sendiri, disana menggunakan batok kelapa yang sudah direndam air panas agar tidak lemgket.

“Dalam sehari, Ibu Wasih memproduksi 3 sampai 4 kg Gula Aren, yang di pasarkan melalui Media Sosial (Online), Ibu Wasih sudah mempunyai banyak pelanggan tetap dari berbagai kota,” jelas Hawa.

Harga gula aren sendiri, terbikang sangat terjangkau. Hanya dipatok harga Rp. 20.000 / kg.

“Ini pengalaman Pertama berkunjung ke tempat pembuatan gula aren. Bagi suya ini menjadi pengalaman yang menambah wawasan saya tentang proses pembuatan gula aren,” kesan Hawa pada KKN yang dilakukannya tersebut. (eki)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Netizen Mass

KUNINGAN (MASS) – Kuliah Kerja Nyata, yang nyatanya … tidak usah gusar, KKN kali ini pasti cukup menyenangkan, kok. Namun, apakah kawan-kawan mahasiswa pernah...

Business

MANDIRANCAN (MASS) – Namanya adalah Maya Rumiati, mahasiswi Jurusan Bahasa Inggris ini mulai serius menggeluti kopi terutama setelah mengikuti program KKN kampusnya di Desa...

Netizen Mass

KUNINGAN (MASS)- Sebenarnya saya sudah lama ingin menulis unek-unek yang ada dipikiran. Namun, saya ragu apakah tulisan saya ini akan membuat banyak orang tersadarkan...

Education

BREBES (MASS) – Dalam rangka penutupan KKN PDik STKIP Muhammadiyah Kuningan dan memperingati HUT RI ke-74, mahasiswa PBSD sekaligus dalang muda, Irwana PRG Sunarya...

Advertisement