Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Education

Kunjungi SDN 3 Pamulihan, Lingas Siap Bantu Siswa Berlatih Seni

KUNINGAN (MASS) – Pada Senin (11/4/2021) kemarin, DPD Lingas (Lingkungan Anak Sunda) mengadakan kunjungan ke SDN Pamulihan 3 Kecamatan Subang, Kuningan. Kunjungan tersebut, selain ingin membangun silaturahmi, juga karena salah satu pengajar disana merupakan anggota Lingas.

Silaturahmi sendiri, bermula dari adanya informasi tentang peralatan gamelan di sekolah yang lama tidak berfungsi lagi sebagaimana mestinya. Selain menginventarisir, Lingas juga menginginkan kesenian dan budaya bisa kembali berjalan.

Paguyuban Lingas Kuningan sendiri diwakili sekertaris Alit Harja Semeru , lalu bidang seni budaya M Boun, pengurus wilayah Darma Dadi, pengurus wilayah Selajambe Dede, juga pengurus wilayah Subang. Mereka, diterima langsung oleh kepala sekolah Kurnianingsih S Pd.

“Kedatangan kami kesini sebagai bentuk silahturahmi, juga dalam rangka menjalankan tugas pokok dan fungsi Lingas, mengakomodir kepentingan masyarakat dalam bidang seni dan budaya termasuk di instansi seperti sekolah ini,” ujar sekertaris Alit, membuka pembicaraan.

Saat diterima pihak sekolah, kepala sekolah sempat menjelaskan di sekolahnya memang ada separangkat alat gamelan yang sudah tidak terawat dan difungsikan sebagaimana mestinya selama hampir 8thun. Padahal, ada potensi dari anak didik yang terlihat bersemangat ingin belajar namun kurang bimbingan.

“Demi melihat kenyataan ini kami Paguyuban Lingas tergerak hati untuk ikut membantu. Kami akan bantu semampu kami,” ujar bidang seni budaya, M Boun.
Dalam kesempatan tersebiut, Lingas sendiri diajak untuk melihat langsung kondisi alat gamelan. Beberapa alat, dilakukan sedikit perbaikan. Ada beberapa alat juga yang sudah tidak ada.

Selain memperbaiki peralatan, pihak Lingas juga mengaku siap membantu untuk melakukan perawatan alat yang lebih memadai. Bahkan, siap membantu membimbing siswa untuk berlatih.

“Kami sangat mendukung kegiatan-kegiatan dalam upaya pelestarian seni budya termasuk di sekolah. Bagi kami, sekolah bisa dijadikan tolak ukur pembentukan karakter anak agar mencintai seni/budaya bangsanya sendiri,” pungkasnya.(eki)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Anything

KUNINGAN (MASS) – Dalam Rangka Menghadapi Musda DPD KNPI Kuningan XV kami selaku SC telah membuka pendaftaran calon Ketua DPD KNPI Kuningan yang baru.Adapun...

Government

Kuningan – Meskipun seluruh pegawai telah melaksanakan vaksinasi anti covid 19 sebulan lalu, namun BNN tetap melakukan antisipasi dengan tes swab antigen. Kegiatan ini...

Religious

KUNINGAN (MASS) – 🗓Senin, 5 Syawal 1442 H / 17 Mei 2021 M 🍂🌻 Hikmah Hari Ini🌻🍂 📚 قال الحافظ ابن رجب – رحمه...

Government

KUNINGAN (MASS) – Kejadian ricuh di acara dangdutan di Desa Ciputat Kecamatan Ciawigebang Minggu (16/5/2021) viral. Hal ini karena vedio kericuhan sudah menyebar luas...

Advertisement