Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Netizen Mass

Kuliner yang Wajib Kamu Coba Saat Berkunjung ke Cirebon

CIREBON (MASS) – Bagi anda pecinta kuliner, mungkin sudah tidak asing lagi nih dengan makanan legendaris khas kota cirebon. Pertama yang cukup populer yaitu ada Empal Gentong. Kuliner ini mempunyai ciri khas yang unik baik dalam segi nama ataupun rasa.

Mungkin banyak diantara kalian yang bertanya-tanya? Mengapa dinamakan Empal Gentong? Nah nama Empal Gentong diambil dari wadah yang digunakan saat memasak Empal, bukan menggunakan panci biasa melainkan panci yang terbuat dari tanah liat atau disebut dengan gentong.

Tidak hanya itu saja loh, cara memasaknya pun terbilang tradisional yaitu masih menggunakan tungku kayu bakar. Adapun isian yang ada pada Empal Gentong yaitu berupa daging, kikil, jeroan dan lain sebagainya. Bagi anda yang tidak terlalu suka dengan jeroan atau kikil bisa request isiannya hanya menggunakan daging saja.

Bukan hanya itu saja, namun ada juga Empal Asem. Nah yang membedakan keduanya yaitu, kuah Empal Gentong menggunakan tambahan santan kental, sedangkan Empal Asem tidak menggunakan santan melainkan tambahan blimbing wulu dan campuran tomat hijau agar menambah cita rasa asam, namun isiannya sama saja dengan Empal Gentong.

Kuliner yang kedua juga tidak kalah populernya loh, yaitu ada tahu gejrot. Kuah yang manis dengan tambahan bumbu berupa bawang dan cabai yang diuleg bersama dan disiram dengan kuah yang terbuat dari campuran gula merah yang mana isian utamanya yaitu tahu kopong atau tahu kosong.

Dan mengapa dinamakan tahu gejrot? Karena konon kata “gejrot” diambil dari suara ketika penjual mengulek bumbu yang berbunyi “jrot” nah makannya kenapa dinamakan tahu gejrot. Bukan hanya itu saja loh, cara penyajiannya pun masih menggunakan cobek yang terbuat dari tanah liat.

Kuliner yang ketiga ada nasi jamblang, ini yang membedakan nasi jamblang dengan nasi-nasi lainnya. Ciri khas dari nasi jamblang sendiri yaitu nasinya yang dibungkus dengan daun jati, nah kemudian disajikan dengan lauk-pauk yang bermacam-macam seperti, bergedel, sambal goreng ati, telur puyuh atau lain sebagainya. Nasi jamblang bisa dijumpai pada warung angkringan yang ada dipinggir jalan.

Nah kuliner yang terakhir juga tidak kalah hitsnya loh. Berikutnya ada nasi lengko, nasi lengko adalah salah satu makanan khas cirebon yang wajib untuk kamu coba, adapun isian dari nasi lengko sendiri yaitu, tahu, tempe, mentimun, toge yang sajikan diatas nasi kemudian diberi tambahan kecap manis dan sambal kacang. Nah demikian beberapa daftar kuliner yang wajib kamu coba saat berkunjung ke cirebon!!

Advertisement. Scroll to continue reading.

Sa’adiyah (Mahasiswi IAIN Syekh Nurjati Cirebon)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Advertisement

PD

PKB

Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Advertisement