Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Politics

Komisioner Bawaslu Jadi Objek Kampanye Caleg DPR RI Dihari Tenang

KUNINGAN (MASS) – Meski sudah memasuki hari tenang, ditemukan adanya salah seorang caleg DPR RI yang masih berkampanye. Cara mereka dengan mengirimkan broadcast WhatsApp ajakan untuk memilihnya pada 17 April lusa.

Ini diakui sendiri oleh Komisioner Bawaslu Kuningan, Abdul Jalil Hermawan. Dalam 2 hari tenang ini dirinya menerima ajakan dari caleg DPR RI sebanyak 2 kali. Belum lagi ketika masih masa kampanye, Jalil menerima satu kali.

“Saya nerima 3 kali broadcast. Kemarin (Minggu), hari ini (Senin) dan sebelumnya pas masih masa kampanye. Pokoknya 3 kali,” ungkap Jalil, mantan jurnalis MetroTV itu, Senin (15/4/2019).

Nampak caleg tersebut tidak mengetahui jika orang yang dijadikan objek kampanyenya adalah komisioner bawaslu. Caleg ini dari partai tertentu, namun mencalonkan DPR RI dari Dapil Jabar X yang meliputi Kuningan, Banjar, Ciamis dan Pangandaran.

“Kayaknya itu mah sistem. Saya coba bales WAnya, tapi gak aktif,” ujar pria yang tinggal di Jl Juanda, tak jauh dari SMK Yamsik itu.

Ditanya apakah broadcast tersebut melanggar aturan, dia mengakui secara regulasi terdapat larangan untuk berkampanye saat masuk masa tenang. Hanya saja untuk media sosial, secara eksplisit dalam aturan disebutkan media sosial konvensional.

Nah apakah WhatsApp ini masuk kategori medsos konvensional atau bukan. Karena kan sifatnya personal. Beda dengan facebook atau twitter yang sifatnya publik. Makanya kita konsultasikan ke Bawaslu Jabar,” kata Jalil.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Ia belum bisa menindaklanjuti kasus tersebut lantaran masih menunggu arahan dari Bawaslu Jabar. Terutama kejelasan apakah broadcast via WhatsApp masuk kategori seperti yang dibunyikan dalam regulasi. (deden)

Advertisement
Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Netizen Mass

KUNINGAN (MASS) – Wartawan pada awalnya adalah pekerjaan kaki. Baru kemudian pekerjaan otak. Artinya wartawan itu harus mencari obyek beritanya dengan menggunakan kakinya. Berjalan...

Netizen Mass

KUNINGAN (MASS) – Beberapa hari ini kembali media massa menampilkan pesan komunikasi yang kontradiktif. Khususnya dalam penanganan Convid-19. Pelakunya lagi lagi para pejabat publik....

Politics

KUNINGAN (MASS) – Dalam rangka memperingati hari lahir Bawaslu Ke 12 Bawaslu Kuningan menggelar Donor Darah dan pembagian Masker. Kegiatan donor darah dan pembagian...

Politics

KUNINGAN (MASS) – Para komisioner Bawaslu Kuningan, Senin (18/11/2019), kompak menabuh gendang. Penabuhan gendang tersebut sebagai tanda dibukanya Sekolah Kader Pengawasan Partisipatif (SKPP) yang...

Advertisement