Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Education

KKN di Kalimanggis, Mahasiswa Buat Kebun Warga

KUNINGAN (MASS) – Mahasiswa UIN Walisongi Semarang yang melaksanakan KKN membuat kebun warga, Sabtu (9/1/2021) di Desa Kalimanggis Kulon Kecamatan Kalimanggis, Kuningan.

Mahasiswa yang merupakan peserta KKN Mandiri Inisiatif Terprogram (MIT) Angkatan XI Kelompok 72 ini, membuat kebun warga di halaman Taman Bacaan Masyarakat Hipapelnis.

Kegiatan sendiri, dilaksanakan dengan melakukan penanaman bibit sayuran seperti bayam merah, cabai merah, dan tomat sayur merah.

Pembuatan kebun warga dilakukan bersama dengan Pecinta Alam Jaya Niskarikal, Desa Kalimanggis Kulon, sejak pukul 10.30 WIB sampai dengan pukul 12.00 WIB.

Salah satu anggota kelompok KKN, Leni menyebut pembuatan kebun warga ini, sebagai upaya meningkatkan kesadaran masyarakat.

Tentu tentang betapa pentingnya mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi seimbang, terutama di saat pandemi seperti ini.

Kesehatan, ditekankan harus selalu diperhatikan. Salah satunya adalah meningkatkan sistem imun dengan mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan. Antioksidan, banyak terkandung di dalam buah dan sayur.

Advertisement. Scroll to continue reading.

“Pembuatan kebun warga bertujuan agar masyarakat sekitar dapat memanfaatkan sayur-sayuran yang telah ditanam apabila sudah dapat dipetik, ” ujarnya setelah kegiatan.

Ketua Pecinta Alam Jaya Niskarikal Iim juga menjelaskan bibit sayuran ditanam di polybag dengan memanfaatkan sekam dari limbah industri tahu yang dicampur dengan tanah dan pupuk organik sebagai media tanam.

“Sekam berfungsi untuk meregangkan tanah agar tidak terlalu padat sehingga akar dapat tumbuh dan berkembang lebih bebas serta untuk menambah kesuburan,” sebutnya. (eki)

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Bank Kuningan

You May Also Like

Advertisement