Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Anything

Kembali Hidupkan “Windu Harja”, Lingas Berlatih Pentas Bersama Dalang di Cileuleuy

KUNINGAN (MASS) – Saat itu, Jumat (3/12/2021) malam di Desa Cileuleuy Kecamatan Cigugur, alunan suara dari alat musik khas sunda saling bersahutan dalam harmoni yang indah sebagai pengiring.

Suara-suara dari Gendang, Bonang, Saron/Panerus 1, 2, 3, dan 4, serta tabuhan Goong dan Gambang, membangun nuansa yang amat kental dengan sebuah pagelaran, pagelaran wayang golek.

Ya, malam itu seni sunda wayang golek ‘Windu Harja’ baru saja mulai untuk kembali dari istirahatnya yang panjang.

Ki Dalang Suma Lili Adisunarya memimpin langsung latihan, ditemani para nayaga/wiyaga dari paguyuban Lingas (Lingkungan Anak Sunda).

Latihan pagelaran sendiri, dilakukan di sekitar rumah Ki Dalang Suma pemimpin Windu Harja, rombongan pagelaran yang sudah 20 tahunan tidak lagi aktif manggung.

Ki Suma sendiri, merupakan salah satu yang belajar ke Alm Asep Sunandar Sunarya, selain juga bersekolah formal di SMKI Bandung.

Selain itu, Ki Suma, termasuk salah satu yang diberikan “pusaka” oleh alm Asep Sunandar Sunarya berupa saron/panerus.

Dulu, Suma juga termasuk dalang yang diakui kehebatannya, apalagi setelah memenangkan perlombaan mendalang di Bandung.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Sekertaris Lingas Alit Harja Semeru menyebut, kedatangan Lingas ke kediaman Ki Dalang Suma juga dalam rangka ingin kembali menghidupkan salah satu dalang terbaik dan senior di Kuningan setelah tidak aktif sangat lama.

“Kita ingin selalu menjaga, merawat, dan menghidupkan budaya kita. Ngamumule Bahasa Sunda,” ujarnya malam itu.

Jumat malam itu, dengan dipimpin Ki Dalang Suka “Windu Harja” perlahan mulai terasa kembali. Alunan gamelan menggugah dan menggigihkan kembali tradisi yang lama ‘tak tersentuh’.

Diiringi dengan senyum hangat para nayaga, tak lupa suguhan kopi dan asap rokok yang mengepul, menghangatkan suasana malam sembari berlatih, menyamakan nada dan rasa. (eki)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

PD

PKB

Advertisement
Advertisement

Bank Kuningan

Advertisement

You May Also Like

Business

CILIMUS (MASS) – Pada Jumat (6/5/2022) malam kemarin, Coffee and Resto Saung Tengah Sawah di Desa Linggaindah Kecamayan Cilimus, resmi di-launching secara resmi. Kedai...

Incident

KUNINGAN (MASS) – Kecelakaan laka lantas di Jalan Baru Lingkar Timur yang melibatkan dua kendaraan, tidak memakan korban jiwa. Hal itu dipastikan Kapolres Kuningan...

Religious

KUNINGAN (MASS) – Keluarga Alumni Pondok Pesantren Al-Mutawally (KAPPA), menggelar halal bi halal dengan tema “Membangun Ukhuwah Makhluqiyah, Memperkuat Soliditas, Mengasah Solidaritas Alumni” pada...

Religious

MALEBER (MASS) – Sebanyak 285 anak yatim dan dhuafa, mendapatkan santunan dari Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Hikmatul Islam Desa/Kecamatan Meleber, Sabtu (23/4/2022) kemarin. DKM,...

Advertisement