Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Government

Kartu ATM BPNT Dipegang Kadus, 2 Tahun Tak Terima Bantuan

KUNINGAN (MASS) – Desa Kalimanggiskulon Kecamatan Kalimanggis mendadak riuh setelah munculnya dugaan penyelewengan Bantuan Pemerintah Non Tunai (BPNT) oleh salah satu oknum aparat desa.

Kabar tersebut, muncul saat pergantian Kadus, dimana Kadus baru sempat bertanya Kartu BPNT – ATM milik warga yang tidak diketahui keberadaanya.

Kartu yang dianggap hilang selama dua tahun itu, milik Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Yana Suryana. Merespon hal tersebut, para pemuda bergerak dan menduga, kartu itu disimpan oleh Kadus lama yang naik pangkat jadi Kaur, JJ. Para pemuda pun, datang ke Kadus lama dan memepertanyakan kartu tersebut.

Salah satu pemuda itu adalah Uri. Dari keterangannya, awalnya sempat terjadi perdebatan antara pemuda dan Kadus lama. Perdebatan itu, mempertanyakan Kartu BPNt Yana Suryana, yang kabarnya tidak diberikan selama 2 tahun.

“JJ (Kadus lama) mengaku bahwa ATM itu dipegang dirinya selama 2 tahun ini. Dan suaminya lah yang bertugas mencairkan dan mengambil barang ke agen. Pengakuannya sih disalurkan ke warga lain lagi yang dianggap miskin. Padahal kan Juju (istri Yana Suryana) sebagai pemilik sah ATM tersebut dan juga sudah jelas termasuk warga miskin,” ujar Uri kepada media, Minggu (8/5/2022) kemarin.

Uri mengatakan, alasan oknum perangkat tetap tidak bisa dibenarkan. Harusnya, lanjut Uri, perangkat tidak melakukan tindakan semena-mena, apalagi menyangkut warga tidak mampu.

“Yang lucunya lagi, Bu Lurah sampai bilang “sugan teh moal kanyahoan”, kan itu sudah jelas ada itikad tidak baik,” sebut Uri.

Jawaban Pemdes : https://kuninganmass.com/jawab-soal-kartu-bpnt-pemdes-sebut-kpm-sudah-bukan-warga-kalimanggis-tidak-berhak-lagi-menerima/

Advertisement. Scroll to continue reading.

Sementara, pemilik kartu Juju Julaeha, setelah rame-rame isu tersebut menyebut sudah bertemu Kepala Desa, mantan Kadus Wage dan perangkat desa lainnya.

Dirinya, menandatangani surat serta diberi uang pengganti sebesar 2,4 juta rupiah. Juju, dalam notulensi itu sepakat untuk tidak lagi memperpanjang persoalan dan seluruhnya akan diganti bantuan yang tidak cair dua tahun ini.

“Ya karena saya baru bangun tidur dan tengah malam ya nurut aja tanda tangan,” kata Juju. (eki)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

PD

PKB

Advertisement
Advertisement

Bank Kuningan

Advertisement

You May Also Like

Government

KUNINGAN (MASS) – Adanya dugaan penyelewengan bantuan BPNT di Desa Kalimanggiskulon Kecamatan Kalimanggis, dikomentari serius tokoh setempat, H Uus Usman. Menurutnya, dalam keterangan tertulisnya,...

Headline

KALIMANGGIS (MASS) – Seorang kakek, Timu (65), warga asal Dusun Manis Desa Kalimanggiswetan Kecamatan Kalimanggis, ditemukan meninggal dalam keadaan tergantung di kamar mandi, Senin...

Social Culture

KUNINGAN (MASS) – Berbagai masalah yang ditimbulkan dari penyaluran bansos (bantuan sosial), nampaknya perlu mendapat sorotan serius. Mulai dari dugaan keterlibatan oknum anggota dewan,...

Government

KUNINGAN (MASS) – Disebutnya Kuningan sebagai wilayah yang masuk dalam kategori miskin ekstrim, dan nampaknya belum keluar sampai sekarang, membuat banyak orang bertanya. Salah...

Advertisement