Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Government

Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Serahkan DIPA 2020

KUNINGAN (MASS) – Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara ( KPPN) Kuningan menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran ( DIPA) Kementerian/Lembaga tahun anggaran 2020 kepada sejumlah instansi. Kegiatan penyerahan DIPA berlangsung di Aula Catering Mayang, Kabupaten Kuningan, Rabu(27/11/2019).

Kepala KPPN Kuningan, Sulaiman pada kesempatan itu mengatakan, acara penyerahan DIPA Petikan Kementerian/Lembaga Tahun Anggaran 2020 pada hari ini merupakan agenda tahunan dan sebagai tindak lanjut penyerahan DIPA Induk Tingkat Kementerian/Lembaga oleh Presiden pada 14 November 2019 di Istana Negara.

Penyerahan Dokumen Pelaksanaan Anggaran Tahun 2020 dilaksanakan satu bulan lebih awal sebelum tahun anggaran dimulai. Diharapkan dengan penyerahan dokumen otorisasi pelaksanaan anggaran lebih awal, maka proses pelaksanaan kegiatan dapat direncanakan dan dilaksanakan lebih awal.

Tema dari kebijakan fiskal tahun anggaran 2020 adalah APBN untuk Akselerasi Daya Saing melalui Inovasi dan Penguatan Kualitas Sumber Daya Manusia. Inovasi dan penguatan kualitas sumber daya manusia merupakan faktor kunci dalam menegakkan kerangka pembangunan yang kuat dan kredibel, memacu perekonomian tumbuh lebih tinggi, menggairahkan investasi dan mendorong daya saing.

Terdapat 5 program prioritas kerja, yang mencakup (1) Pembangunan Sumber Daya Manusia; (2) Pembangunan infrastuktur; (3) Penyederhanaan segala bentuk kendala regulasi; (4) Transformasi ekonomi, serta (5) Penyederhanaan birokrasi.

Implementasi APBN tahun 2020 tentu saja memerlukan dukungan dari seluruh pemangku kepentingan, terutama para kepala Satuan Kerja, Organisasi Perangkat Daerah, Kepala Daerah dan jajarannya yang menjadi penanggungjawab program-program pembangunan yang telah direncanakan dalam tahun 2020, untuk mencapai target pembangunan dalam memacu pertumbuhan ekonomi, pengurangan pengangguran dan kemiskinan, serta pencegahan dan penurunan kondisi stunting.

DIPA dan TKDD merupakan dokumen APBN yang menjadi acuan seluruh kementerian/lembaga dan para kepala daerah dalam melaksanakan seluruh program pembangunan pemerintah dalam rangka melaksanakan visi dan misi Presiden dan Wakil Presiden, yaitu ‘Indonesia Maju’.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Tahun 2020 merupakan tahun pertama dalam rencana pembangunan jangka menengah 2020-2024 sehingga APBN memiliki peran sangat strategis bagi pemerintah dan bertahap mencapai sasaran pembangunan nasional untuk mewujudkan visi ‘Indonesia Maju’ pada tahun 2045. (eki/rl)

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Bank Kuningan

You May Also Like

Government

KUNINGAN (MASS) – Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Kuningan memberikan penghargaan kepada Satker Mitra dengan nilai Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) Terbaik Tahun 2019....

Advertisement