Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Government

Jambore Nasional Gerakan Berkoperasi dan Ekspo UMKM Digelar Dua Hari, Ini Jadwal Lengkapnya

KUNINGAN (MASS)-Selama dua hari Sabtu – Minggu (18-19/12) ini akan diselenggarakan Jambore Nasional Perguruan Tinggi dan Gerakan Berkoperasi sekaligus Expo UMKM dan Pesona Kopi Kuningan di Desa Sakerta Timur Kecamatan Darma.

Agenda tersebut akan diselenggarakan kolaborasi antara Kementerian UKM dan Dinas Koperasi Perdagangan dan Perindustrian UKM Kuningan (Diskopdagperin).

Kadiskopdagperin Kuningan U Kusmana MSi meyebutkan,  agenda tersebut bisa berlangsung berawal dari tawaran Kementerian UKM yang akan menggelar Jambore Nasional Perguruan Tinggi dan Gerakan Berkoperasi.

“Meski persiapan kita dua minggu, tapi kita berusaha memaksimalkan, karena sebelumnya agenda ini sudah direncanakan jauh sebelumnya namun terhambat karena adanya PPKM,” katanya, Rabu (15/12/2021). 

Untuk pemilihan tempat, lanjut mantan Kabag Umum itu, kenapa di Sakerta Timur, karena memang awalnya mau di Desa Cibuntu, karena Cibuntu sudah terkenal.

Maka  lanjut dia, dipilihlah tempat lain yang bisa diangkat destinasi wisatanya. dan tentu semua seijin dari Bupati dan persetujuan Kepala Desa setempat.

“Penggabungan 2 event ini kita satunya yaitu Jambore Nasional Perguruan Tinggi Gerakan Berkoperasi Dan UMKM Ekspo Pesona Kopi Kuningan Menuju Pasar Global,” ungkapnya.

Uu menyebutkan tujuan agenda itu tentu adanya pelatihan – pelatihan dari kehumasan Kementerian UKM dan juga adanya dengan UMKM ekspo dan pesona kopi kuningan agar bisa terpublis secara nasional.

Advertisement. Scroll to continue reading.

“Kita ingin produk UMKM kuningan teredorse, sehingga banyak yang peduli terhadap UMKM kuningan, dan yang lebih penting ini adalah ikhtiar Diskopdagerin untuk pemulihan ekonomi nasional, dengan UMKM nya dikenal secara nasional tentu membantu pelaku UMKM untuk pemenuhan ekonominya,” sebut mantan kabag barjas.

Selain itu, ia menyebutkan semua peserta Jambore yang hadir nanti menginap di rumah warga (home stay) dan makan minumnya disiapkan oleh warga sehingga selama jumat sabtu minggu ada perdaran perekonomian disana.

“Dalam jambore nasional dan UMKM ekspo ini tidak sebatas simbolis saja, tapi mempersiapkan pendukung lain, pentahelixnya disiapkan, contoh kita lakukan kerjasama dengan perguruan tinggi untuk pendampingan UMKM dari hulu dan hilir, nanti kita simboliskan kerjasamanya, dan ditindaklanjuti di tahun 2022,” katanya.

Kemudian, masih Uu, untuk pemenuhan pelaku UMKM pihaknya juga menggandeng paguyuban pariwisata, termasuk toko modern dan lainnya, ketika sudah ada MoU maka ada kewajiban bagi semua untuk menggandeng pelaku UMKM.

“Itu upaya kita agar UMKM di kuningan naik kelas. nanti disana kita tampilkan 20 pelaku UMKM dan 30 komunitas kopi,” tandasnya.

Tentu untuk menyemarakan agenda tersebut, Uu menyebutkan ada beberapa event pendukung lainnya yang ditampilkan, diantaranya vaksin, donor darah, dan pasar murah.

“Dengan sasaran desa seluruh Kecamatan Darma dan seluruh kecamatan yang berbatasan dengan darma, seperti Selanjambe, Kadugede, Nusaherang dan pada hari minggu juga kita gelar Gowes Wisata, sehingga kita yakini acara ini sangat meriah,” pungkasnya.(agus)

RUNDOWN ACARA JAMBORE NASIONAL HUMAS GERAKAN KOPERASI, PERGURUAN TINGGI DAN UMKM EXPO SERTA PESONA KOPI KUNINGAN MENUJU PASAR GLOBAL TANGGAL 17-19 DESEMBER 2021

TEMPAT : DESA WISATA SAKERTA TIMUR KECAMATAN DARMA KABUPATEN KUNINGAN

Advertisement. Scroll to continue reading.

WAKTU KEGIATAN Jum’at, Tanggal 17 Desember 2021 Waktu 08-09 WIB

Registrasi Peserta Jambore Nasional Humas Gerakan Koperasi, Perguruan tinggi

Materi Kehumasan dan Jurnalistik Sesi I Pukul 09-11.00 WIB.

Materi Kehumasan dan Jurnalistik Sesi II Pukul  13.00-15.00

BREAK 2 15.00-15.30

Materi Kehumasan dan Jurnalistik Sesi III Pkul 15.30-17.30

BREAK 3 17.30-18.30

Materi Kehumasan dan Jurnalistik Sesi IV Pukul 18.30-20.00

Advertisement. Scroll to continue reading.

Sabtu, Tanggal 18 Desember 2021

Sesi I RANGKAIAN SEREMONI KEGIATAN JAMBORE NASIONAL HUMAS GERAKAN KOPERASI, PERGURUAN TINGGI DAN UMKM EXPO SERTA PESONA KOPI KUNINGAN MENUJU PASAR GLOBAL

-Pembukaan Acara 08.00-11.00

1.Penyambutan (Tari Pangbage) sekaligus Pengalungan bunga Kepada Bupati Kuningan dan Menteri Koperasi dan UKM RI

2.Menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Mars Koperasi

3.Doa

4.Laporan Panitia

5.Testimoni Rektor Universitas Islam Al-lhya Kuningan Bapak Nurul Iman Hima Amrullah sebagai Petani dan Pelaku UMKM

6.Sambutan Bupati Kuningan

Advertisement. Scroll to continue reading.

7.Penandatanganan MoU dan PKS antara Bupati dengan stakeholder

8.Penyerahan Sertifikat SPP-IRT secara simbolis dari Bupati Kuningan Kepada 10 UMKM

9.Pentas Tarian Prosesi Seni

10.Sambutan, Arahan, dan Pembukaan Acara oleh Menteri Koperasi dan UKM RI

11.Penobatan Kepada Bapak Acep Purnama (Bupati Kuningan) sebagai Bapak UMKM Kabupaten Kuningan

12.Penyerahan Penghargaan Kepada Bapak Teten Masduki (Menteri Koperasi dan UKM RI) sebagai Bapak Transformasi KUMKM

13. Penutup

RANGKAIAN KEGIATAN JAMBORE NASIONAL HUMAS GERAKAN

SESI 2 KOPERASI, PERGURUAN TINGGI DAN UMKM EXPO SERTA PESONA KOPI KUNINGAN MENUJU PASAR GLOBAL

Advertisement. Scroll to continue reading.

-Pukul  08.00-12.00 Gelar Vaksin, Donor Darah dan Bisnis Matching, Gelar Produk UMKM, Gelar Gerakan Koperasi, Pesona Kopi Kuningan, Konsultasi Bisnis dan Pasar Murah

BREAK 12.00-13.00

-Pukul 13-16.00 WIB

Lanjutan Jambore Nasional Humas Gerakan Koperasi dan Perguruan Tinggi, Gelar Produk UMKM, Gelar Gerakan Koperasi, Pesona Kopi Kuningan, Gelar Vaksin , Donor Darah, Bisnis Matching, , Konsultasi Bisnis dan Pasar Murah

Minggu, Tanggal 19 Desember 2021

07.00-12.00 Gowes Sehat (Goweser Kab. Kuningan), Gelar Produk Komunitas, Gelar Gerakan Koperasi, Pesona Kopi Kuningan, Pasar Murah Hiburan dan Undian Door Price

Penutupan Acara 12.00-12.30

Penutupan Acara

Catatan : Rundown Acara Tentatif

Advertisement. Scroll to continue reading.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

PD

PKB

Advertisement
Advertisement

Bank Kuningan

Advertisement

You May Also Like

Business

CILIMUS (MASS) – Pada Jumat (6/5/2022) malam kemarin, Coffee and Resto Saung Tengah Sawah di Desa Linggaindah Kecamayan Cilimus, resmi di-launching secara resmi. Kedai...

Incident

KUNINGAN (MASS) – Kecelakaan laka lantas di Jalan Baru Lingkar Timur yang melibatkan dua kendaraan, tidak memakan korban jiwa. Hal itu dipastikan Kapolres Kuningan...

Religious

KUNINGAN (MASS) – Keluarga Alumni Pondok Pesantren Al-Mutawally (KAPPA), menggelar halal bi halal dengan tema “Membangun Ukhuwah Makhluqiyah, Memperkuat Soliditas, Mengasah Solidaritas Alumni” pada...

Religious

MALEBER (MASS) – Sebanyak 285 anak yatim dan dhuafa, mendapatkan santunan dari Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Hikmatul Islam Desa/Kecamatan Meleber, Sabtu (23/4/2022) kemarin. DKM,...

Advertisement