Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Government

Jalan Lintas Timur Kuningan Rampung November 2021

KUNINGAN (MASS) – Untuk mengurai kepadatan lalu lintas di jalur Cirebon – Kuningan, Kementerian PUPR tengah menyelesaikan pembangunan jalan alternatif di Jalan Lintas Timur Kuningan sepanjang 7,2 km.

Hingga bulan Agustus 2021 progres pembangunannya telah mencapai 71,6%.

Saat ini pekerjaan yang tersisa antara lain pekerjaan persiapan badan jalan sepanjang 400m, dan pembangunan jembatan yang sedang memasuki tahapan proses pemasangan tiang pancang (girder erection).

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Jalan Lintas Timur Kuningan ditargetkan selesai pada bulan November 2021.

“Jalan ini diharapkan dapat menjadi jalan alternatif dan mengurai kemacetan di
Jalur Cirebon – Kuningan,” ujar Basuki Hadimuljono dalam tinjauannya ke lokasi pembangunan Jalan Lingkar Timur Kuningan pada Selasa (31/8/2021). 

“Tolong diawasi betul pekerjaannya, sebagai konsultan pengawas mewakili project owner dalam hal ini Kementerian PUPR untuk memastikan kualitas pembangunannya. Karena supervisi yang baik menentukan kualitas infrastrukturnya,” pesan Menteri Basuki kepada tim konsultan pengawas. 

Kepala BBPJN DKI Jakarta-Jawa Barat Kementerian PUPR Wilan Oktavian mengatakan, progres pembangunan Jalan Lingkar Timur Kuningan saat ini berdasarkan data sudah sebesar 71,6%, dengan target akhir November 2021 rampung seluruhnya.

“InsyaAllah tidak ada hambatan berarti termasuk hujan, sehingga dapat selesai sesuai target,”ujarnya. 

Dari total panjang 7,241 km dimulai dari Desa Garatengah, Kecamatan Japara sampai ke Desa Kedungarum, Kecamatan Kuningan, Kabupaten Kuningan, Provinsi Jawa Barat, Wilan mengatakan terdapat pembangunan jembatan sepanjang 50 meter (m).

“Pembangunan jalan lingkar timur ini merupakan kolaborasi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan. Pemda sebelumnya telah membangun sepanjang 6,5 km jadi total sekitar 13,7 km,” ungkapnya. 

Saat ini dikatakan Wilan, pekerjaan yang tersisa sepanjang 400m utk pekerjaan persiapan badan jalan.

“Karena pada ruas yang tersisa ini juga terdapat lahan yang baru dapat bebas pada Mei 2021 sepanjang 200 m, untuk itu baru dibuka untuk penyiapan badan jalan. Yang lainnya sudah beraspal sepanjang 6,2 km, sisa sekitar 1 km lagi yang belum beraspal,” tuturnya. 

Sedangkan untuk pekerjaan pembangunan jembatan, dikatakan Wilan saat ini sedang memasuki tahapan proses erection girder jembatan.

“Abutmen sudah jadi, bangunan atas pakai i girder, precastnya sudah ada di lapangan. Kurang lebih 2 bulan untuk penyelesaian jembatan keseluruhan,” ujarnya. 

Pembangunan Jalan Lingkar Timur Kuningan dimulai sejak Desember 2019 sesuai kontrak senilai Rp97,37miliar dengan kontraktor pelaksana PT Seneca Indonesia dan konsultan pengawas PT Seecons (KSO), PT Indec Internusa, dan PT Sinergi Teknik Utama.

“Karena  Pandemi COVID-19, proyek ini termasuk yang terdampak refocussing dan ada kendala lahan sehingga mundur hingga akhir November 2021,” ujar Wilan. (Agus/sumber Kementrian PUPR)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru

PAM

Bank Kuningan

PD

PKB

Advertisement
Advertisement
Print
Advertisement

You May Also Like

Sport

KUNINGAB (MASS) – Minggu 19 September 2021, Bertempat di stadion Andeska Kapandayan,Desa Kapandayan Ciawigebang telah diselenggarakan turnamen usia dini U-10 tahun antar SSB. Total...

Education

KUNINGAN (MASS) –  Sebanyak 50 remaja masjid di Kabupaten  Kuningan mengikuti Workshop Literasi Digital, Ramatloka Kabupaten Kuningan. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Kedutaan Amerika Serikat...

Headline

KUNINGAN (MASS) – Elemen masyarakat yang terdiri dari berbagai ormas/LSM seperti Laskar Merah Putih Indonesia (LMPI), Front Persaudaraan Islam (FPI) dan Perhimpunan Praktisi Hukum...

Government

KUNINGAN (MASS)-  Kerja keras selama ini berbuah hasil, dimana kasus   covid-19 di Kabupaten Kuningan  terus menurun. Untuk update Minggu 19  September tidak ada kenaikan...

Advertisement