Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Village

Inovasi Pemdes Kertayasa, Kembangkan Pengelolaan Sampah Organik Jadi Maggot

KUNINGAN (MASS) – Pemerintah Desa Kertayasa, Kecamatan Sindangagung terus berinovasi. Yang terbaru mengembangkan pengelolaan sampah menjadi sektor produktif melalui budidaya maggot.

“Proses ini dinilai paling efektif dan mudah di implementasikan, selain mengandung unsur edukasi, pemberdayaan masyarakat juga bernilai ekonomis,” kata Kepala Desa Kertayasa, Arief Amarudin, di Kuningan, Rabu (26/5/2021).

Maggot atau belatung merupakan larva dari lalat Black Soldier Fly (Hermetia Illucens, Stratimydae, Diptera) atau BSF.

Diterangkan, khusus di Desa Kertayasa saat ini sudah berjalan dua bulan dan berkembang saat ini sudah 30 orang masyarakat yang melakukan budidaya serupa.

Meskipun keluarga lalat, namun ukuran BSF yang dikenal sebagai lalat tentara ini, lebih panjang dan besar. Namun BSF tidak menularkan bakteri, penyakit, bahkan kuman kepada manusia.

“Maggot mengonsumsi sayuran dan buah. Tak hanya buah dan sayuran segar, maggot pun mengonsumsi sampah sayuran dan buah. Karenanya manggot sangat cocok digunakan dalam pengelolaan sampah organik,” paparnya.

Sementara itu, Praktisi formulator Pertanian, Sulistyo dalam berpendapat, sampah merupakan sumberdaya terbaharukan yang memiliki potensi dalam aspek tatakelola lingkungan juga bernilai ekonomi tinggi pada persoalan pemenuhan kebutuhan pangan keluarga (budidaya pertanian, peternakan dan perikanan).

Kuningan lanjut dia, sebagai kabupaten konservasi sudah semestinya fokus dan mulai melakukan pengelolaan sampah dari hulu sumber sampah, baik sekala rumah tangga maupun sekala komunal desa.

“Maka budidaya magot adalah salah satu solusi pengolahan sampah organik yg berefek multidimensional,” kata Sulistyo.(agus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PAM

Bank Kuningan

PD

PKB

Advertisement
Advertisement
Print
Advertisement

You May Also Like

Anything

KUNINGAN (MASS) – Forum Kajian Pembangun Kuningan (FKPK) melakukan audiensi pada Dinas Kesehatan Kuningan. Audiensi tersebut, mempersoalkan anggaran Rp20 miliar yang tidak terserap dan...

Anything

KUNINGAN (MASS) – Pengamat kebijakan publik yang juga pentolan Perhimpunan Praktisi Hukum Indonesia (PPHI) Nana Mulyana Latif menyoroti pernyataan Bupati sebelumnya yang menyebut turun...

Religious

KUNINGAN (MASS) – 🗓Jum’at, 10 Shafar 1443 H / 17 September 2021 M 🍂🌻 Hikmah Hari Ini🌻🍂 📚‏كثرة الذكر دليل على كثرة الفلاح، فمن...

Government

KUNINGAN – Pagelaran Seni Tradisional se-Kabupaten Kuningan dibuka secara resmi oleh Bupati Kuningan, H Acep Purnama, SH MH yang ditandai dengan penyerahan secara simbolis...

Advertisement